Unsur Unsur Organisasi Koperasi dan Tugasnya Masing Masing

Posted on

Koperasi adalah sebuah badan usaha yang mana memiliki anggota dan setiap anggota atau pengurus memiliki tugas dan tanggung jawabnya masing-masing berdasrkan dengan prinsip koperasi sesuai dengan asas kekeluargaan serta ekonomi rakyat dimana tercantum dalam Undang-Undang No 25 di tahun 1992.

Dalam sebuah koperasi terdapat beberapa unsur -unsur organisasi koperasi yang mana memiliki tanggung jawab dan tugasnya masing-masing dan memiliki tujuan untuk kepentingan para anggota. Selain itu koperasi juga memiliki tujuan bagi produsen, konsumen dan juga para usaha kecil untuk bisa mendapatkan modal dengan pembayaran yang ringan.

Unsur-unsur organisasi koperasi dan tugasnya masing-masing

Untuk unsur-unsur didalam organisasi koperasi yaitu lebih kepada para pengurus dan anggotanya, pengawas, serta pengelola koperasi seperti berikut ini :

Unsur Unsur Organisasi Koperasi dan Tugasnya

Keanggotaan dari koperasi

Dalam hal ini memiliki fungsi untuk menetukan hal dalam suatu organisasi dalam koperasi. Keanggotaan yang tidak jelas maka suatu koperasi tak mungkin bisa berdiri sendiri, terlebih dalam melaksanakan suatu usaha tersebut, maka sangat dibutuhkan anggota yang jelas. Dan selain itu juga dalam suatu koperasi diharuskan untuk memiliki anggota yang jelas, namun dalam hal ini yang menjadi suatu konsekuensinya yaitu anggota memiliki hak dan kewajiban yang harus ditaati.

Dalam Undang-Undang No. 25 tahun 1992 sendiri dijelaskan secara jelas mengenai anggota koperasi yang mana anggota merupakan seseorang yang merupakan pemilik dan juga pengguna jasa koperasi dan untuk keanggotaan tercatat di dalam buku nama para pendaftar koperasi.

Untuk posisi dari anggota koperasi yaitu sebagai pemiliki atau bisa dikatakan sebagai seseorang yang memberi modal bagi koperasi dan karenanya anggota koperasi berkewajiban untuk rutin dalam memberikan modal bagi kelangsungan koperasi dimana hal ini telah dijelaskan sesuai dengan ketentuan dalam anggaran dasar dan juga keputusan dari rapat anggota koperasi.

Selain itu juga anggota koperasi mengawasi segala hal yang di lakukan oleh koperasi supaya hal ini dapat mencegah adanya hal yang menyimpang serta sebagai keamanan bagi modal yang telah diberikan oleh para anggota koperasi agar modal tersebut tak digunakan untuk hal-hal diluar yang seharusnya. Anggota koperasi juga harus tetap aktif dalam melakukan suatu kegiatan yang dilakukan oleh koperasi, yang untuk kegiatan tersebut di putuskan dari para anggota dan di laksanakan sesuai dengan kepentingan para anggota.

Adapun tugas dari keanggotaan koperasi yaitu :

  • Untuk pemodal koperasi yang mana memberikan modal ke koperasi sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan
  • Memiliki andil dalam membuat keputusan yang berkaitan dengan kegiatan koperasi sesuai dengan keinginan bagi para anggota
  • Mengawasi segala hal yang berkaitan dengan yang dilakukan oleh koperasi.

Rapat anggota

Unsur organisasi selanjutnya dalam koperasi yaitu rapat anggota dimana memiliki fungsi dan juga kedudukan yang sifatnya mengikat namun juga memiliki kekuatan dalam hal ini. Dengan adanya rapat anggota ini sebagai pemegang tertinggi dalam suatu koperasi maka memiliki suatu kewajiban yang mana berkaitan dengan keputusan atau suatu tindakan yang akan dilakukan oleh suatu organisasi koperasi. Dan berikut ini beberapa tugas dari rapat anggota dalam menetapkan:

  • Anggaran koperasi
  • Perekrutan dan juga pemberhentian para pengurus koperasi dan juga pengawas koperasi
  • Kebijakasanaan dalam suatu organisasi dan juga usaha koperasi
  • Menetapkan rencana kerja dan juga pengesahan untuk laporan keuangan dari koperasi
  • Menetapkan pengesahan untuk pertanggungjawabn divisi koperasi dan juga struktur tugasnya
  • Menetapkan pembagian sisa penghasilan suatu usaha.

Sedangkan untuk melaksanakan rapat anggota yaitu pengurus dari koperasi. Untuk meyelenggarakan rapat anggota ini dilakukan setahun sekali atau yang biasa disebut dengan Rapat Anggota Tahunan. Dalam rapat ini yaitu para pengurus akan memberi tanggung awab atas kebijaksaanaan yang dilakukan selama setahun terakhir.

Meskipun begitu ada juga yang mengadakan rapat hingga dua kali dalam setahun untuk menyusun suatu rancangan anggaran biaya dan juga penghasilan dari usaha. Untuk rapat anggota koperasi dilakukan setahun sekali atau setahun dua kali pada bulan September – Desember dan juga diadakan dari beberapa bulan sesudah tahun akhir buku.

Pengurus koperasi

Yaitu suatu perangkat dalam suatu organisasi koperasi yang memiliki kedudukan sebagai pemegang kuasa dalam rapat anggota. Dan pengurus koperasi memiliki tugas dan wewenang seperti berikut ini :

  • Sebagai pengelola koperasi dan usahanya
  • Memiliki hak untuk mewakili koperasi baik itu di luar dan juga dalam pengadilan
  • Berttugas unutk menentukan pelaksanaan dan juga berjalannya koperasi
  • Memiliki kewajiban untuk mengadakan suatu hubungan antara koperasi denga anggota koperasi.
  • Mengarahkan anggota untuk melindungi koperasi dengan baik
  • Memiliki tanggung jawab untuk segala hal yang berkaitan dengan hutan piutang koperasi atau segala hal yang dibeli dengan kredit.
  • Bertugas untuk mengawasi segala hal yang berkaitan dengan koperasi agar tak bertentangan dengan apa yang seharusnya di lakukan sesuai dengan Anggaran Dasar dan juga Anggaran Rumah Tangga.

Badan pemeriksa koperasi

Unsur dalam organisasi koperasi yaitu juga berkaitan dengan badan pemeriksa yang merupakan perlengkapan alat koperasi yang memiliki tugas sevbagai pengawas dan pemeriksa untuk berjalannya koperasi yang mana termasuk didalamnya yaitu organisasi, kebijaksanaan dari pengurus dan juga usaha. Untuk badan pemeriksa ini di pilih secara khusus oleh para anggota yang di bicarakan dalam rapat anggota. Dan untuk syarat sebagai rapat anggota ini maka harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

  • Memiliki sifat yang jujur, bertanggung jawab, disiplin dan rajin bekerja
  • Memiliki pendidikan yang sesuai telah ditetapkan dan juga memiliki pengertian akan segala yang berkaitan dengan keuangan, objektif serta dapat menjaga kerahasiaan hal yang berkaitan dengan koperasi kecuali pada rapat anggota.

Bisa dikatakan badan pemeriksa memiliki kedudukan yang sama seperti pengurus dan juga turut membantu dalam jalannya usaha koperasi. Dan selain itu badan pemeriksa memiliki tugas dan tanggung jawab dalam melakukan pemeriksaan pada koperasi yang meliputi beberapa hal sebagai berikut :

● Berkaitan dengan organisasi, yang dalam hal ini melakukan pengawasan akan pelaksanaan dasar koperasi atau yang biasa disebut dengan prinsip dari koperasi, melakukan pemeriksaan apakah koperasi berjalan sesuai dengan yang tercantum dalam Anggaran Dasar dan juga Anggaran Rumah Tangga, dan apakah buku-buku koperasi dijalannkan dengan benar.

● Sedangkan untuk yang berkaitan dengan usaha yaitu seputar dengan apakah usaha koperasi berjalan sesuai dengan tujuan yang telah diberikan, juga apakah koperasi berjalan sesuai dengan yang telah di tetapkan oleh rapat anggota, serta membuat hasil laporan secara tertulis mengenai pemeriksaannya.

Dengan mengetahui unsur organisasi dan tugasnya masing-masing tentunya menjadi salah satu hal yang dapat diketahui bagaimana suatu koperasi dijalankan denagn benar dan baik, serta adanya keterlibatan dalam suatu anggota dan juga pengurus yang memiliki kemampuan dan juga pengertian mengenai koperasi maka membantu sebuah organiasi koperasi berjalan dengan yang diharapkan dan juga dapat berkembang dengan apa yang diinginkan para anggota.