Saat ini sudah tak bisa kita pungkiri bahwa tak ada negara didunia yang bisa melewati hidup dengan sendiri tanpa adanya campur tangan oleh pemerintah lain yang tentunya hal ini diperlukan suatu jalinan kerja sama antara kedua belah negara. Banyak manfaat atau fungsi yang didapatkan dengan menjalin kerjasama dengan negara lain yang hal ini bisa digunakan untuk membantu peningkatan negara.

Selain itu juga organisasi ini juga memiliki fungsi penting dalam menyalurkan pendapatnya, kepentingan dan juga pengaruh negara, khususnya untuk negara yang berkembang agar lebih memajukan kesejahteraan pada negara lainnya. Terdapat saat ini begitu banyak organisasi yang tumbuh dan berkembang di dunia, baik itu organisai oleh antar keluarga, antar provinsi, antar daerah hingga ke lingkup yang lebih luas lagi yaitu antar negara.

Sebagai bagian dari masyarakat internasional, maka sebuah negara tentunya tak bisa hidup tanpa adanya hubungan dengan negara lainnya. dan adanya hubungan antar negara tersebut sangat diperlukan untuk suatu pengaturan. Dan dalam hal inilah maka untuk bisa mengatur sebuah tujuan bersama dan mencapainya maka dibutuhkanlah suatu wadah yang tepat yaitu Organiasai International yang mana hal ini bertujuan untuk supaya negara-negara dapat mencapai suatu tujuan yang bisa menjadi suatu kepentingan bersama dan berkaitan dengan kehidupan banyak orang.

Unsur Unsur Organisasi Internasional Adalah

Organisasi International sendiri merupakan sebuah struktur formal yang berkelanjutan dan dibentuk sesuai dengan kesepakatan bersama antar anggota yang mana terdiri dari pemerintah dan juga non pemerintah dengan dua negara atau lebih yang bertujuan untuk mencapai suatu tujuan bersama dan juga demi kepentingan para anggotanya. Bisa dikatakan organisasi ini harus berprinsip pada tujuan yang ingin di raih serta sebagai suatu proses untuk peraturan-peraturan yang akan dibuat oleh pemerintah pada hubungan antar negara.

Syarat pendirian organisasi international :

Adanya keberhasilan oleh suatu organisasi international bisa kita lihat dari adanya kebijakan dan juga cara untuk mewujudkannya. Dan adanya keberhasilan dalam bidang tersebut yaitu berdasarkan dari sikap para otonomi organisasi dan juga kepercayaan para anggota terhadap kepemimpinan dalam organisasi international tersebut.

dan oleh karenanya hal ini bisa menjadi suatu acuan atau dorongan serta untuk menghalangi adanya perkembangan bantuan yang dilakukan apabila hal tersebut dapat merugikan mereka. Itu sebabnya pentingnya suatu organisasi international dalam suatu jalinan kerja sama serta memberi keuntungan bagi banyak orang nantinya.

Tentunya kita tahu bahwa dalam organisasi internatonal tak bisa dilakukan dengan asal dan perlu pertimbangan yang matang dan dalam melakukan pendirian organisasi international ini yaitu karena adanya suatu keinginan yang sama dan tentuna memberikan keuntungan bagi kedua belah pihak tanpa melanggar dari kekuasaan dan juga kedaulatan dari suatu negara anggota. Dan dalam mendirikan suatu organisasi international ini maka diperlukan beberapa syarat berikut ini :

  • Memiliki perwakilan yang resmi dari pemerintah pusat. Hal ini karena negara yang telah menerapkan suatu sistem untuk pemilihan umum secara demokratis tak akan mungkin untuk melakukan pengiriman kekuasaan secara terpisah atau di luar dari kepemerintahan Terlebih lagi begitu banyak saat ini pemerintahan yang hanya akan menerima jika terjadi suatu komunikasi yang dilakukan secara langsung diantara organisasi international bersama dengan masyarakatnya masing-masing.
  • Adanya konsentrasi pada negara harus berdasarkan pada upaya untuk dapat meningkatkan atau mengembangkan suatu struktur pemerintahan. Dan apabila hal ini tidak ada, maka suatu organisasi international tak akan mungkin bisa berfungsi sesuai dengan yang diharapkan untuk negara.
  • Dikatakan untuk syarat dalam organisasi international ini maka nasionalismen tidak bisa menjadi sifat utama dari setiap negara yang bergabung.
  • Sedangkan untuk syarat yang terakhir yaitu, setiap anggota negara yang yang bergabung didalamnya maka harus memiliki rasa untuk kepentingan bersama. Hal tersebut bisa menjadi suatu hal yang membawa dampak pada besarnya rasa respek dari negara yang dilihat dari keuntungan yang akan didapat oleh organisasi tersebut.

Unsur-unsur organisasi international adalah untuk kemajuan negara

Melihat dari adanya prasyarat diatas, maka unsur-unsur pendirian dari organisasi international adalah sebagai berikut :

● Dibuat oleh negara sebagai para pihak

Unsur-unsur pendirian dari organisasi international dibuat dari persetujuan antar negara yang terkait didalamnya. Disebutkan bahwa adapun dalam membuat kesepakatan diantar negara ini. Dalam hal ini semua negara yang merupakan bagian dari anggota negara menyetujui adanya persetujuan yang dibuat atas dasar kesepakatan bersama dan didalamnya terkait pada beberapa hal yang harus dijalani sebagai anggota organisasi dan juga memiliki hak sebagai anggota yang tentunya semua kesepakatan ini dibuat untuk kepentingan negara.

● Berdasarkan dari perjanjian tertulis

Unsur pendirian dari suatu organisasi international yaitu berdasarkan dari perjanjian tertulis yang dibuat dalam satu atau lebih instrumen yang merupakan perjanjian kerja sama atau perjanjian hubungan antar negara dalam melakukan praktek baik bidang perdagangan atau pun hal lainnya. Perjanjian ini juga mengarah kepada kebaikan untuk negara.

● Sebagai tujuan tertentu

Tentunya sebagai bagian dari negara yang masuk dalam organisasi international memiliki maksud dan tujuan tertentu saat masuk organisasi tersebut. Dan tujuannya sendiri jelas untuk kepentingan negara, masyarakat dan membangung hubungan yang lebih baik dengan negara lain yang nantinya bisa menjadi keuntungan. Banyak negara yang saat ini turut serta ambil bagian dari suatu organisasi yang diharapkan dapat memberi keuntungan bagi negara baik itu dalam bidang perdagangan, penanaman modal serta beberapa hal yang berkaitan dengan manfaat yang diberikan dengan adanya organisasi tersebut. Sehingga tak heran apabila banyak negara yang ikut andil dalam organisasi ini.

● Berdasarkan dengan hukum international

Hukum international yaitu sebuah himpunan yang berdasarkan dari adanya peraturan-peraturan dan juga ketentuan yang mengikat juga mengatur segala hal yang berkaitan dengan hubungan antar negara dan juga subyek hukum yang lainnya di dalam suatu kehidupan negara international. Dalam ketentuan hukum tersebu memiliki beberapa hal yang mana berkaitan dengan adanya peraturan, keharusan dalam mematuhi aturan yang berlaku dan ditetapkan, serta terdapat sanksi akibat dari peraturan yang telah dilanggar.

Untuk hukum internasional ini dibagi dalam dua jenis yaitu hukum publik dan juga hukum perdata international. Untuk hukum pubik yaitu hukum yang bertugas dalam mengatur kebijakan negara yang satu dengan negara lainnya didalam suatu hubungan atau jalinan international, sedangkan untuk hukum perdata yaitu hukum yang berugas untuk mengatur segala hal yang berhubungan dengan hukum dan antara warga negara dengan negara yang lain.

Dalam hal ini tentunya kita memahami apa saja unsur-unsur dari suatu organisasi yang mana memiliki peranan penting dari pendirian suatu organisai antar negara. Tentunya adanya hubungan yang terjalin antar negara tersebut bisa menjadi salah satu hal yang memberikan manfaat dan juga keuntungan bagi warga negara masing-masing baik itu perdagangan, penanaman modal, hubungan yang luas dan lainnya.