12 Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Terbaik

Posted on

Bagi kita yang memiliki bisnis online shop, tentunya sudah tidak asing lagi dengan jasa ekspedisi pengiriman barang. Melalui jasa inilah, barang yang telah dipesan oleh konsumen akan dikirimkan langsung ke alamatnya. Kita sebagai penjual tidak mungkin mengantarkan barang langsung ke alamat konsumen karena jarak yang jauh dan kesibukan sehari-hari. Karena itulah, dibutuhkan jasa ekspedisi pengiriman barang.

Untuk tiap pengiriman barang yang dilakukan, akan ada biaya yang dikenakan. Biaya ini seringkali disebut sebagai ongkos kirim atau kerap disingkat ongkir. Jasa ekspedisi pengiriman barang sendiri sangat banyak jumlahnya di Indonesia.

Mulai dari yang sudah sering kita dengar hingga yang masih asing di telinga karena baru beroperasi. Dalam memilih jasa ekspedisi, tentunya ada beberapa hal yang harus dipertimbangkan. Ini terkait keamanan dari barang yang dikirimkan serta kepuasan pelanggan.

12 Tips Memilih Jasa Ekspedisi Pengiriman Barang Terbaik

Jika jasa yang digunakan ternyata tidak profesional, maka barang yang dikirimkan bisa saja mengalami kerusakan atau bahkan kehilangan di tengah jalan. Ini tentunya akan mengecewakan pelanggan dan membuat toko kita kehilangan kepercayaannya. Untuk itulah, penting agar kita selektif dalam memilih jasa ekspedisi pengiriman yang terbaik. Berikut ini akan dipaparkan kriteria jasa ekspedisi pengiriman yang baik. Semoga dapat menjadi bahan pertimbangan dalam memilih salah satunya.

1. Harga atau tarif yang ditawarkan

Sebagai penjual, tentu kita ingin mengeluarkan modal sekecil-kecilnya dan meraih keuntungan sebanyak-banyaknya. Terutama adalah dari segi pengiriman barang. Walaupun ongkir akan ditanggung oleh pembeli, namun menyediakan pilihan jasa ekspedisi pengiriman yang murah akan menguntungkan karena pembeli dapat lebih memilih untuk berbelanja di toko kita.

Biasanya, tiap jasa ekspedisi akan memiliki tarif yang berbeda-beda walaupun tujuan kotanya sama. Ini karena layanan yang digunakan juga berbeda. Untuk layanan satu hari sampai, misalnya, akan dikenakan biaya lebih tinggi daripada layanan ekonomis yang baru sampai tujuan dalam waktu satu minggu.

2. Pilihan transportasi yang tersedia

Jasa ekspedisi pengiriman biasanya akan menggunakan transportasi darat, laut hingga udara dala mengantarkan paket pembeli. Ketiga transportasi di atas juga memiliki kriterianya masing-masing dan biaya yang diperlukan juga akan berbeda. Pilihlah jasa ekspedisi yang menyediakan ketiga jenis transportasi tersebut. Ini akan semakin menambah pilihan bagi kita dalam menggunakan berbagai jenis layanan yang tersedia. Untuk layanan pengiriman barang yang sudah besar dan memiliki nama biasanya akan menyediakan ketiga pilihan transportasi tersebut di atas.

3. Pilih jasa ekspedisi pengiriman yang memiliki jaringan luas

Jaringan luas bisa diartikan bahwa terdapat kantor cabang di tiap kota atau daerah. Ini akan membuat ekspedisi pengiriman tersebut lebih terjangkau dan mudah ditemukan. Kita juga bisa dengan mudah memenuhi permintaan pelanggan terutama yang berasal dari kota-kota kecil.

4. Tracking system

Adanya sistem pelacakan atau tracking system akan sangat memudahkan dalam melacak kiriman tengah berada di mana. Rata-rata layanan kurir telah memiliki tracking system sendiri. Sistem ini berupa serangkaian nomor yang tercetak dalam kertas resi yang diterima saat kita sudah melakukan pembayaran untuk pengiriman barang.

5. Cek kredibilitas perusahaan ekspedisi

Sebelum kita mempercayakan barang pada perusahaan ekspedisi pengiriman tertentu, pastikan perusahaan tersebut memang telah teruji kredibilitasnya. Kita tentu tidak menginginkan barang yang hendak dikirim justru rusak atau hilang di tengah jalan. Lakukanlah riset dengan mendatangi kantornya atau sekedar mengakses situs website mereka. Tanyakan garansi yang diberikan, estimasi waktu sampai hingga testimoni dari orang-orang yang sebelumnya telah menggunakan jasa ekspedisi tersebut.

6. Perusahaan populer yang terpercaya

Bagi kita yang baru pertama kali mengirim barang menggunakan jasa ekspedisi, sangat disarankan untuk memulai dari perusahaan yang sudah memiliki nama besar sehingga bisa dipercaya. Ini untuk menghindari resiko terjadinya hal-hal yang tidak diinginkan di tengah proses pengiriman barang. Perusahaan yang sudah terpercaya tentu dapat menjadi pilihan karena sudah terkenal oleh masyarakat luas dan sering digunakan.

7. Tersedia pilihan paket

Jasa ekspedisi biasanya akan menyediakan aneka pilihan pengiriman. Mulai dari pengiriman kilat sehari sampai, reguler yang sampai dalam tiga hari kerja hingga ekonomis yang sampai tujuan dalam waktu satu minggu. Semakin cepat waktu sampainya, maka akan semakin tinggi pula harganya. Pilihlah jasa ekspedisi yang menyediakan aneka pilihan pengiriman paket ini sehingga kita bisa memberikan opsi pada konsumen. Konsumen dapat memilih sendiri hendak mengirim barang pesanannya dengan menggunakan jasa ekspedisi yang mana.

8. Memiliki legalitas

Hal ini tentu penting karena legalitas berarti perusahaan tersebut beroperasi secara resmi dan bisa mencegah kita dari tindak penipuan. Legalitas juga dapat menjadi tanda dari kepercayaan.

9. Pilih jasa yang visi misinya handal

Perusahaan jasa ekspedisi yang visi misinya handal akan dapat membuat jasa ekspedisi tersebut terlihat lebih baik. Ini karena mereka akan berusaha dalam mencapai visi misi tersebut. Jangan hanya memilih jasa ekspedisi yang penting sampai di rumah, namun carilah terlebih dahulu seperti apa saja testimoninya di internet. Dari situlah kita bisa mendapat referensi terkait visi dan misi perusahaan jasa ekspedisi tersebut.

10. Jaraknya dekat dari rumah

Bagi kita yang berjualan online dan seringkali mengirim barang dalam jumlah besar tiap harinya, memilih jasa ekspedisi yang terdekat akan sangat membantu agar tidak menghabiskan banyak biaya untuk perjalanan menuju kantor ekspedisi pengiriman. Pilih jasa ekspedisi yang letaknya paling dekat dengan rumah agar barang-barang bisa segera dikirim ke alamat pembeli.

11. Jasa pick up

Untuk kita yang memiliki bisnis online dan melakukan pengiriman hampir tiap hari, pilih jasa ekspedisi pengiriman yang menyediakan sistem pick up. Dalam sistem ini, kurir yang akan datang ke rumah kita dan mengambil barang untuk diproses di kantor. Sehingga, kita cukup menunggu kurir datang serta tidak perlu mendatangi kantor ekspedisi pengiriman. Ketersediaan jasa pick up ini akan sangat membantu agar kita tidak perlu sering-sering bolak balik dari rumah ke kantor jasa ekspedisi.

12. Jasa ekspedisi dengan layanan terbaik

Apabila kita sudah pernah menggunakan beragam jasa ekspedisi yang berbeda, tentu kita bisa memastikan jasa mana yang paling baik pelayanannya. Mulai dari customer service yang paling ramah dan menjawab semua kebutuhan, kurir yang ahli dalam menghandle barang, hingga layanan lain yang membuat kita merasa paling nyaman menggunakan jasa tersebut.

Pilihlah jasa ekspedisi yang memberikan pelayanan terbaik sebagai jasa ekspedisi yang kita gunakan selamanya dalam mengirim barang. Kepuasan seperti ini biasanya tidak akan mudah didapatkan dari jasa ekspedisi yang lain.

Demikian adalah beberapa hal yang bisa kita pertimbangkan dalam memilih jasa ekspedisi pengiriman barang. Baik untuk tujuan berjualan online ataupun sekedar mengirim hadiah pada orang lain di luar daerah, memilih jasa pengiriman terbaik tetap perlu untuk dilakukan. Semoga uraian di atas dapat membantu kita dalam memilih jasa ekspedisi terbaik.