Teori Organisasi dan Administrasi Kusdi,Pengertian, Jenis dan Hubungan

Posted on

Manusia adalah makhluk sosial yang tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain, manusia saling berinteraksi atau berhubungan dengan manusia lainnya dan saling membantu. Apalagi jika sesama manusia memiliki tujuan yang sama maka dibentuklah sebuah organisasi yang didalamnya terdapat administrasi dan manajemen guna mencapai kepentingan bersama.

Sebenarnya organisasi memiliki teori yang tidak semua orang memahami didalamnya, ada banyak tokoh terkenal didunia yang membahas sudut pandang mereka terhadap teori organisasi dan administrasi, salah satunya adalah Kusdi. Pemikirannya di tuangkan secara langsung didalam buku.

Pengertian teori organisasi dan administrasi

Perlu diketahui bahwa manusia yang memiliki tujuan yang sama dengan manusia lainnya dalam jumlah yang cukup banyak biasanya akan membentuk sebuah organisasi, didalam sebuah organisasi ini perlu adanya administrasi dan manajemen yang akan mengatur dalam mewujudkan tujuan bersama tersebut.

Teori Organisasi dan Administrasi Kusdi (Pengertian, Jenis dan Hubungan)

Untuk lebih mengenal secara detail kita perlu mengetahui apa pengertian dari teori organisasi, administrasi serta manajemen. Teori secara umum adalah penglihatan atau pengamatan manusia yang dikembangkan melalui spekulatif, dan teori ini akan digunakan secara ringkas untuk hasil dari pengamatan yang dilakukan.

Sedangkan organisasi merupakan kata yang berasal dari kata Yunani yaitu organon, diartikan sebagai tool atau alat. Sedangkan dalam bahasa latin berasal dari kata organization dan berasal dari bahasa Perancis yang artinya organization. Ada banyak tokoh tokoh yang mendefinisikan organisasi, salah satunya adalah Robbins, menurut Robbins organisasi memiliki pengertian yaitu suatu entitas sosial yang terkoorganisir secara sadar, memiliki batasan atau aturan didalamnya, memiliki fungsi secara berkesinampungan, guna mencapai tujuan bersama.

Sedangkan administrasi memiliki pengertian sebagai sarana atau cara untuk menggerakkan organisasi guna memenuhi tujuan yang ingin dicapai. Administrasi dalam bahasa latin yaitu administrare, dan membentuk kata benda administration yang memiliki arti sebagai cara memberi bantuan. Selain administrasi dibutuhkan juga manajemen dalam sebuah organisasi. Manajemen merupakan aspek aspek yang definitive, terprogram, lebih rutin, dan menggunakan metode kuantitatif.

Didalam organisasi ini memiliki tiga karakteristik utama yaitu 3P, yaitu purpose, people, dan plan

  • Purpose
    Purpose adalah tujuan, didalam sebuah organisasi pasti ada tujuan bersama yang ingin dicapai, untuk mewujudkan tujuan tersebut diperlukan adanya rencana dan cara
  • People
    Didalam sebuah organisasi dibutuhkan sekelompok orang yang memiliki tujuan bersama, orang orang tersebut harus diatur dan lebih peduli agar tujuan yang tercapai bisa segera terwujud
  • Plan
    Meski ada orang dan tujuan namun jika tidak ada rencana atau plan maka tujuan tidak akan pernah terwujud. Oleh sebab itu didalam sebuah organisasi dibutuhkan administrasi dan manajemen.

Mengenal organisasi publik dan bisnis

Didalam buku karangan Kusdi dijelaskan bahwa pada kenyataannya organisasi dibedakan menjadi dua kategori, yaitu organisasi bisnis dan organisasi public.

1. Organisasi bisnis

Merupakan organisasi yang terjun dalam kegiatan pokok menghasilkan barang atau jasa, demi memperoleh keuntungan pribadi atau organisasi saja. Sistem ini mampu menyediakan barang di sistem pasar. dalam organisasi bisnis ini barang yang dihasilkan dapat dijual di pasar dan akan memperoleh keuntungan

2. Organisasi public

Merupakan organisasi yang memiliki kegiatan pokok dalam menghasilkan barang atau jasa untuk memberikan pelayanan untuk masyarakat. Dalam organisasi public ini hasil dimanfaatkan oleh masyarakat umum, seperti jalan, jembatan, dan lainnya.

Untuk tipe produk organisasi public dan bisnis bisa dibedakan dari tipe produk, contoh dari produk organisasi public dalam bentuk barang fisik adalah KTP, paspor, SIM, pelabuhan, jembatan, jalan, dalam bentuk event contohnya perayaan HUT RI dan pelayanan pajak, dalam bidang tempat adalah alun alun, taman rekreasi kota, dan stadion, dalam bidang sifat adalah barang public .

Sedangkan untuk organisasi bisnis dalam bentuk barang fisik adalah TV dan handphone, dalam bentuk jasa event adalah siaran langsung ISL dan salon, dalam bentuk tempat adalah jatim park, waterboom, dan taman safari, dan sifat organisasi bisnis adalah bersifat privat.

Berikut ini adalah perbedaan antara organisasi public dan organisasi bisnis, meliputi :

  • Dalam faktor tujuan organisasi public memberikan pelayanan kepada masyarakat, sedangkan organisasi bisnis memiliki tujuan untuk melangsungkan hidup, juga mendapatkan keuntungan
  • Untuk wilayah kekuasaan organisasi public diperuntukkan secara adil dan sama bagi masyarakat umum sedangkan untuk organisasi bisnis didasarkan pada tingkat daya beli konsumen
  • Sedangkan dalam faktor orientasi public organisasi public bersikap secara netral dan tidak memihak pihak manapun, sedangkan untuk organisasi bisnis lebih memihak pekada pihak yang akan menjamin kelancaran dalam usahanya tersebut.

Hubungan administrasi, organisasi, dan manajemen

Banyak orang yang beranggapan bahwa administrasi dan manajemen merupakan dua hal yang hampir sama, namun ternyata administrasi dan manajemen merupakan dua hal yang sangat berbeda. administrasi memiliki fokus dalam penetapan arah, sedangkan manajemen lebih fokus bagaimana mencapai arah yang sudah ditetapkan, administrasi lebih berada pada tingkat yang atas, sedangkan untuk manajemen berada pada tingkat menengah bahkan bawah,

Administrasi memiliki orientasi lebih kepada tujuan, sedangkan untuk manajemen lebih kepada sasaran atau cara untuk mencapai tujuan, untuk administrasi memiliki pola pikir lebih kea rah seni art atau gambar, sedangkan manajemen lebih mengarah kepada sebuah science atau masalah teknis. Pengertian manajemen sendiri adalah sebuah aktifitas yang menggerakkan semua orang dan semua fasilitas didalam organisasi untuk mewujudkan tujuan bersama. Sedangkan hubungan antara administrasi, organisasi, dan manajemen adalah :

  • Untuk melaksanakan administrasi, orang yang bertugas dalam mengurus administrasi atau disebut dengan administrator akan dibantu oleh orang orang yang bekerjasama dalam menjalankan tugas tugas yang sudah di berikan, dan tugas tugas yang diberikan tersebut merupakan hasil dari perpaduan dan diselaraskan dengan tujuan yang ingin dicapai bersama dalam organisasi tersebut
  • Dalam dunia administrasi orang orang yang bekerjasama didalamnya menggunakan perasaan dan akal yang menggunakan dan memanfaatkan alat alat dan materi lainnya. maka orang orang tersebut perlu diarahkan dan digerakkan menuju tujuan dan sasaran yang ingin dicapai, maka dari itu diperlukan manajemen
  • Kerjasama untuk mewujudkan tujuan bersama perlu adanya kerjasama orang orang, perlu disusun dan diatur, oleh sebab itu administrasi memerlukan organisasi.

Administrasi, organisasi, serta manajemen sangat diperlukan untuk mendapatkan tujuan bersama yang berhasil dan sukses. Administrasi merupakan proses kerjasama antar dua orang atau lebih guna mencapai tujuan tertentu, agar kerjasama tersebut berjalan dengan baik maka dibutuhkan struktu atau wadah yang disebut organisasi.

Didalam organisasi yang baik dibutuhkan manajemen , yang mana didalam manajemen terdapat perencanaan, kepemimpinan, pengorganisasian, pengontrolan, agar organisasi dapat mencapai tujuan yang diimpikan secara bersama sama. Oleh sebab itu organisasi disebut sebagai tempat atau wadah, orang yang bekerja sama untuk mewujudkan tujuan disebut administrasi dan proses penggerakkan didalam administrasi disebut manajemen.