10 Tempat Wisata Gunung Kidul Selain Pantai Yang Tak Kalah Eksotis

Posted on

Indonesia memiliki keanekaragaman tempat wisata yang tak kalah menawan dari negara-negara lainnya. Salah satunya adalah di salah satu Kabupaten di Daerah Istimewa Yogyakarta, yakni Gunung Kidul. Dimana anda akan disuguhkan sederet pantai yang indah serta kira-kira sepuluh tempat wisata gunung kidul selain pantai yang mungkin bisa anda kunjungi tanpa merogoh kocek terlalu dalam.

Kabupaten Gunung Kidul terkenal sebagai daerah yang gersang. Bahkan ketika musim kemarau tiba, disana bisa mengalami kekeringan. Tekstur kapurnya ini lah yang membuat tanahnya kering, karena Gunung Kidul juga merupakan deretan dari Pegunungan Sewu. Selain terkenal dengan segudang pantainya ternyata juga memiliki destinasi lain yang juga cukup membuat anda berdecak kagum setelah mengunjunginya. Berikut beberapa tempat eksotis wisata Gunung Kidul selain pantai:

1. Gua Jomblang

Gua Jomblang

Bagi anda yang suka dengan wisata yang menantang, Goa ini menawarkan kegiatan wisata yang membutuhkan keberanian dan kekuatan fisik yang telah terlatih. Karena bentuknya yang vertikal, ketika memasukinya anda harus menggunakan peralatan khusus serta membutuhkan pemandu.

2. Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung Api Purba Nglanggeran

Gunung ini adalah bekas gunung aktif yang telah mati selama 60 juta tahun yang lalu. Dimana gunung ini memiliki 2 puncak untuk menikmati 2 fenomena yang berbeda. Di puncak timur anda bisa menikmati indahnya matahari terbit sedangkan di puncak barat anda bisa menikmati matahari terbenam. Selain itu anda juga bisa melihat keindahan embung Nglanggeran. Jangan khawatir dengan perjalanan pendakian anda, karena bisa ditempuh hanya dengan 1 jam karena ketinggiannya 700mdpl.

3. Embung Nglanggeran

Embung Nglanggeran

Merupakan embung pertama Daerah Istimewa Yogyakarta yang dibangun diatas bukit. Embung ini merupakan sarana pengairan kebun buah dibawahnya.

4. Gua Kalisuci

Gua Kalisuci

Jika anda adalah penggemar cave tubing, Gua Kalisuci ini adalah salah satu alternatif untuk anda yang hobi melakukan kegiatan cave tubing. Gua ini terletak di desa Pacarejo Kecamatan Semanu. Dimana gua ini memiliki aliran air yang jernih.

 

5. Air Terjun Sri Gethuk

Air Terjun Sri Gethuk

Bentuknya yang berundak dari batuan-batuan pada tebing karst ini membuat ia nampak sangat cantik. Banyak yang tak menyangkan ada air terjun secantik ini di kawasan gersang yang tepatnya di Desa Wisata Bleberan, Kecamatan Playen.

6. Goa Pindul

Goa Pindul

Wisata ini menawarkan anda untuk menyusuri aliran air di dalam gua yang biasanya kegiatan ini disebut dengan cuve tubing. Penyusuran ini berlangsung selama 40 menit dengan menyuguhkan stalaktit, stalaktmit, kelelawar, zona gelap, zona remang, aliran tenang dengan kedalaman 13 meter.

7. Goa Gelatik

Goa Gelatik

Goa ini menawarkan keindahan stalaktit dan stalakmit yang bisa anda nikmati dengan menyusuri goa yang panjangnya 400 meter ini. Jika anda ingin menyusuri goa ini anda harus sediki membungkukkan badan karena yang letaknya sedikit rendah. Selain itu anda harus waspada karena di goa ini merupakan tempat tinggal kelawar. Jangan lupa bawa perlengkapan keamanan juga.

8. Flying Fox

Flying Fox

Sekitar April 2017 silam, di Kecamatan Gedangsari Gunung Kidul dibangun sebuah flying fox yang diklaim terpanjang di Asia Tenggara, yakni 625 meter menuruni perbukitan.

9. Bukit Bintang

Bukit Bintang

Tempat yang tinggi ini menjanjikan anda menikmati pemandangan kota Jogja dari ketinggian. Apalagi pada malam hari, akan memperlihatkan penampakan hamparan lampu-lampu di Jogja

10. Bukit Kosakora

Bukit Kosakora

Bukit ini menawarkan keindahan pemandangan pantai Ngrumput, pantai Drini, pantai Kukup, pantai Baron yang berjejeran. Bukit ini hanya memiliki ketinggian 50 meter saja. Nah, itu tadi adalah list dari 10 tempat wisata Gunung Kidul selain pantai yang mungkin menjadi referensi bagi anda untu liburan anda nanti. Memang kebanyakan dari wisata gunung kidul adalah pantai, namun tak ada salahnya anda mencoba mengunjungi beberapa wisata yang sedikit memacu adrenalin anda. Seperti menyusuri gua-gua yang ada di Pegunangan Sewu ini serta mencoba menaiki flying fox yang katanya terpanjang se Asia Tenggara.