Kegiatan berlibur merupakan hal yang sangat menyenangkan. Salah satunya yang tidak boleh anda lewatkan adalah wisata ke kota malang. Dimana terdapat berbagai macam wisata pilihan andalan kota ini yang sangat menarik sekali dan tidak pas jika anda lewatkan begitu saja. Malang mempunyai destinasi tempat wisata di Batu yang begitu indah namun harga tiket masuknya masih pas di kantong. Beberapa kawasan wisata tersebut adalah berikut ini

1. Kawasan Wisata Coban Talun

Kawasan Wisata Coban Talun


Kawasan wisata ini masuk ke wilayah Desa Tulungrejo. Desa ini masuk ke wilayah Kecamatan Bumiaji dan berada di wilayah kota Batu. Sedangkan lokasi perkemahan terbagi menjadi beberapa blok. Blok A terbagi jadi blok A-1 hingga A-7. Kemudian, blok B1 hingga B-4 dan berlanjut hingga C-7. Tiap blok harga sewanya sebesar Rp 100.000. Sedangkan untuk tiket masuknya seharga Rp 7.500 tiap orang.

2. Batu Night Spectacular

Batu Night Spectacular
Ada banyak wahana yang bisa dipilih, night market, food market, Air Mancur ‘Menari’, Laser Show, Mulitimedia Show yang disediakan layar dengan panjang hingga 50 M, sebagai layar yang terpanjang di Indonesia, live music bertema kesenian nusantara dan tersaji setiap hari. Wahana lain yang tidak kalah spektakuler adalah, bioskop dengan fasilitas 4 Dimensi, Lampion Garden, Berburu Hantu, Rumah Hantu, dan Rumah Kaca, Karaoke Keluarga, Go Kart, Game Room, dan Battle Area, Road Race, Drag Race, serta Slalom, Monopoli. Permainan karnaval diantaranya, Disco Bumper berbentuk mobil (Car), Sepeda Udara, Marry Go Round, Kursi Terbang, Boom-Boom Car bentuk mini, Ali Baba, Sepeda Gila, Rodeo, Playground, Trampoline, Gravitron, Fun House, Trick Art Gallery, Laser Mission, Jump Around, Joy Land, Baby Wheel, Monkey Jump, Mega Mix, Rockin’ Tug, dan Magic Bound. Hari Senin hingga Jumat tiketnya sebesar Rp 30.000 per orang, Jumat-Minggu dan libur Rp 40.000 per orang.

Bagi rombongan, mendapatkan diskon 101-300, 7,5%, 301-500 tiket 10%, 12,5 persen untuk 501 keatas. Ketentuan diskon berlaku untuk pembelian tiket harus bulat. Pengunjung juga bisa berhemat hingga 60% dengan membeli Tiket Terusan, yakni Rp 100.000 yang berlaku satu hari. Namun, tiket ini tidak berlaku pada beberapa permainan diantaranya Trampoline, Battle Area, Go Kart, VR Ride, dan Arena Ketangkasan. Jam buka untuk hari Senin hingga Kamis mulai dari jam 15.00 hingga 23.00, sedangkan untuk hari Jumat hingga Minggu buka dari jam 15.00 hingga jam 24.00.

3. Jatim Park

Jatim Park
Tempat rekreasi ini terbagi 2, yaitu Jatim Park 1 serta Jatim Park 2. Jatim Park 1 mempunyai fungsi sebagai taman bermain, sedangkan Jatim park 2 merupakan tempat untuk belajar, mulai dari biologi, ilmu alam, satwa, dan lain sebagainya. Objek wisata Jatim Park 1 mempunyai 36 wahana yang sangat menakjubkan, diantaranya Pendulum Air, Volacno Coaster, Sky Swinger, dan lainnya. Jatim Park 1 terletak di Jalan Kartika nomor 2, Sisir, kecamatan Batu, provinsi Jawa Timur. Bila berkunjung pada hari-hari libur, dikenakan biaya Rp 100.000. Namun, jika hari biasa, mendapat diskon 30% dari harga di hari libur. Wisatawan bisa mengunjunginya mulai 9.30-16.30 setiap hari. Sedangkan di Jatim Park 2 pengunjung bisa menikmati berbagai wahana dengan unsur edukasi serta 21 area yang diperuntukkan bagi anak-anak, diantaranya penginapan berupa Pohon Inn, Museum Satwa, dan lain-lain. Tiketnya Rp 120.000. Ketika pergi kesini di hari biasa, 30% dari harga tiket selama liburan. Berbeda lokasi dengan Jatim Park 1, Jatim Park 2 terletak di Jalan Raya, dengan nama Oro-Oro Ombo nomor 9. Tepatnya, ada di Temas, Batu. Jam buka dan tutup berbeda dengan Jatim Park 1, yaitu mulai dari jam 10.00 hingga 18.00.

4. Alun-Alun Kota Batu Malang

Alun-Alun Kota Batu Malang
Konsep dari tempat wisata yang buka 24 jam ini memang lebih ditekankan pada wisata ramah anak. Ada sebuah wahana yang bisa dinaiki oleh anak-anak dengan hanya membayar tiket sebesar Ro 3.000 saja. Komidi putar ini mulai buka dari jam 09.00 dan tutup jam 21.00. Terdapat area bagi yang ingin merokok di ujung dari taman. Bila ketahuan merokok di sekitar taman, maka akan mendapat teguran dari petugas yang memang jaga 24 jam. Berbagai pedagang yang berjualan disini, mulai dari jagung rebus, cilok, hingga susu murni. Tempat ini sangat cocok sebagai wahana wisata keluarga yang sangat murah.

5. Museum Angkut

Museum Angkut
Pengunjung bisa melihat beragam jenis transportasi mulai dari yang bersifat antik hingga alat transportasi tercanggih. Di museum ini terbagi menjadi beberapa zona, yaitu Inggris, Italia, Batavia, Perancis, dan zona dengan nama negara-negara yang lain. Museum ini mulai dibuka pada 9 Maret 2014. Wisatawan bisa berkunjung mulai pukul 12.00-20.00, sedangkan untuk tiketnya jam 11.00-19.30. Harga tiket masuk untuk hari biasa sebesar Rp 70.000, hari libur Rp 80.000, biaya tambahan Rp 10.000 untuk D Topeng. Ada harga yang harus dibayar juga bila ingin mengambil foto dengan peralatan Polaroid, kamera DSLR, Kamera Digital, Handycam, dan jenis kamera lain dengan harga Rp 30.000 per kamera, tidak ada tambahan dengan kamera Hp.

6. Omah Kayu

omah kayu
Konsep tempat ini sesuai dengan namanya, yaitu sebuah rumah yang terbuat dari kayu dan didirikan diatas sebuah pohon pinus yang terletak di lereng bukit. Lokasinya ada di dalam sebuah Wana berupa Wisata Gunung, yakni gunung Banyak dan terletak di sebuah kelurahan dengan nama Songgokerto. Terdapat dua jenis tiket masuk disini, yaitu tiket masuk ke dalam Wana Wisata berupa gunung tadi sebesar Rp 5.000 dan untuk masuk ke Omah Kayu membayar dengan harga sama, yaitu Rp 5.000 per orang. Sedangkan untuk biaya menginap per malam pada hari biasa, yaitu Rp 350.000 per kabin, sedangkan untuk hari libur sebesar Rp 450.000 per kabin.

7. Batu Wonderland

Batu Wonderland
Lokasi dari Batu Wonderland berdekatan dengan Batu Night Spectacukar (BNS dan Jatim Park, tepatnya di Jl. Imam Bonjol no. 9. Kawasan ini merupakan sebuah kompleks yang terdiri dari hotel, mini waterpark, playground, dan shopping center. Harga tiket masuk pada hari biasa, yaitu Rp 10.000, sedangkan hari libur sebesar Rp 20.000. Bagi yang ingin menyewa ban ketika ada di waterboom dikenakan tarif Rp 10.000 untuk ban besar dan Rp 5.000 untuk ban kecil.

8. Eco Green Park

Eco Green Park
Di tempat wisata ini, pengunjung bisa merasakan berbagai wahana hingga mencapai jumlah 37 yang mempunyai perpaduan konsep antara kebudayaan, alam, seni inspiratif, mendidik dan menarik serta lingkungan. Eco Green Parak berlokasi di Jalan Oro-Oro Ombo nomor 9A di kota Batu, Malang. Tiket yang harus dibayar untuk masuk ke tempat ini setiap hari Senin hingga Kamis adalah Rp 30.000, sedangkan untuk hari Jumat hingga Minggu sebesar Rp 40.000.

9. Labirin coban rondo

Labirin coban rondo
Seperti halnya sebuah labirin yang ada, maka hati-hati saja ketika memasuki tempat yang penuh dengan teka-teki ini. Lokasi dari tempat wisata ini ada di Pandesari, Pujon. Pengunjung diharuskan untuk membeli tiket dengan harga Rp 10.000.

10. Inggil Museum Resto

Inggil Museum Resto
Tempat asyik dan unik ini berlokasi di Jalan Gajahmada nomor 4. Bangunan dari tempat wisata ini terbagi menjadi dua, yaitu restoran serta musem. Untuk museum jam bukanya dari jam 8 pagi hingga jam empat sore. Sedangkan restoran, buka hingga jam 10 malam. Dengan harga di bawah seratus ribu, pengunjung sudah bisa menikmati makan dengan suasana nyaman, tenang, dan unik untuk dua orang. Itulah beberapa daftar tempat wisata di Batu Malang dan harga tiket masuknya.