Isu Tanaman Penyebab Leukemia, Ini Fakta Yang Sebenarnya

Posted on

Penyakit leukemia merupakan penyakit kanker yang menyerang darah putih, dimulai dari sumsum tulang yang menghasilkan sel darah putih yang tinggi dan tidak normal. Penyebab dari penyakit leukemia beragam, penyakit ini merupakan penyakit kanker yang menyerang darah yang dihasilkan dari mutasi DNA, terjadi secara spontan atau hasil dari radiasi dan zat karsinogenik.

Penyakit leukemia biasanya muncul di usia dini, hal ini disebabkan ketidaknormalan perkembangbiakan sel darah putih, dengan banyaknya sel darah putih ini maka akan menyebabkan berbagai gejala yang tidak diinginkan seperti pendarahan, anemia, bahkan mudah terserang infeksi.Namun belum lama ini ada kabar yang sangat meresahkan masyarakat, kabar tersebut berisi bahwa ada sebuah tanaman yang mampu menyebabkan penyakit leukemia, tanaman tersebut adalah termasuk tanaman hias yaitu dolar.

Tersebarnya berita tersebut pastinya membuat resah masyarakat, apalagi banyak warga yang menggunakan tanaman dolar sebagai tanaman hias yang ada didalam rumah mereka. isi dari berita tersebut menyebutkan bahwa belum lama ini seseorang meninggal akibat dari penelitian master in botanical di kampus USM, Ia berumur 31 tahun dan terkena penyakit leukemia akibat dari melakukan penelitian terhadap tanaman dolar, hal ini juga terjadi pada rekan satu timnya yang sudah meninggal satu tahun lalu terkena penyakit leukemia juga,

Isu Tanaman Penyebab Leukemia, Ini Fakta Yang Sebenarnya

Didalam isi berita tersebut juga mengatakan bahwa pihak kampus dan pihak kementerian kesehatan mengatakan bahwa penyakit leukemia bisa timbul akibat dari tanaman dolar tersebut, bahkan isi berita juga mengatakan bahwa di negara China sudah sejak lama diberitahukan bahwa tanaman dolar tersebut juga sangat berbahaya, selian itu didalamnya juga disarankan untuk segera membakar dan memusnahkan tanaman dolar segera. Berita tersebut pastinya membuat masyarakat sekitar cemas dan was was, karena banyak orang yang merawat dan menjadikannya tanaman hias.

Apakah itu tanaman dolar?

Namun pesan tersebut masih belum menunjukkan adanya kebenaran, ada banyak orang yang mengatakan hoax dan ada juga yang cukup percaya terhadap berita tersebut, untuk mengetahui hal tersebut alangkah baiknya kita mengenal dahulu apa itu tanaman dolar. Tanaman dolar ini memiliki nama latin zamioculcas zamiifolia, berasal dari luar negeri tepatnya benua Afrika, negara Zanzibar, Tanzania, dan Kenya. Tumbuhan ini mampu hidup di padang rumput yang kering dan tanah yang berbatu, sehingga dalam perawatan tidak perlu repot.

Tanaman ini merupakan tanaman yang berada satu family dengan Araceae yang mana memiliki genus yang beracun mengandung kalsium oksilat. Namun walaupun mengandung kalsium oksilat yang bisa membuat gatal kulit sensitive, orang orang suku tertentu menjadikannya sebagai obat untuk luka luar, seperti suku Sukuma yang berada di sekitar Tanzania yang menggunakannya sebagai obat koreng atau kulit, atau seperti di distrik Mulanje Tanzania yang menggunakannya sebagai obat nyeri telinga.

Dengan adanya bukti bukti tersebut maka banyak orang yang meragukan tanaman dolar sebagai penyebab leukemia. Selain itu ada sebuah penelitian yang dilakukan oleh Angharad Le Moullec dan kawan kawannya bahwa didalam tumbuhan dolar tidak ada kandungan kimia yang bersifat karsinogen, bahkan disisi lain terdapat asam kafeat yang mampu menekan adanya kanker, sehingga dengan adanya rumor bahaya tanaman dolar dibantah dengan adanya penelitian tersebut. Berikut kandungan kimia yang ada ditanaman dolar adalah sebagai berikut :

  • Aldehide protokatekuat
  • Asam rosmarinat
  • Asam- E kafeat
  • Asam (3R, 4S, 5S0 karboksilat, 2 H- piran
  • Metil ester asam, kafeat

Perlu diketahui bahwa tanaman dolar ini mengandung kalsium oksilat, yang mana merupakan garan kalsium dari asam oksalat yang biasa ditemukan ditanaman talas talasan seperti tanaman dolar ini. kalsium oksalat ini tidak memiliki sifat karsinogenik, walaupun zat ini beracun dan dapat membuat mati rasa dan menghasilkan luka jika dihirup.

Dan tanaman dolar ini merupakan tanaman alas talasan yang diyakini mengandung kalsium oksalat, senyawa ini tidak menyebabkan kanker, namun kandungan ini bisa menyebabkan gatal bagi kulit seseorang yang sensitive, sehingga informasi atau pesan yang menyatakan bahwa tanaman dolar mampu menyebabkan leukemia termasuk pesan yang tidak dapat dipercaya kebenarannya.

Dari pada mempercayai berita yang belum tentu kebenaraannya, lebih baik anda mengetahui dahulu hal hal yang berkaitan dengan leukemia, seperti penyebab dan gejala yang ditimbulkan oleh penyakit leukemia. Perlu diketahui bahwa penyebab dari munculnya penyakit leukemia belum diketahui penyebabnya, penyakit ini biasa menyerang anak anak yang masih berusia dini, namun tidak menutup segala umur terserang penyakit leukemia. Namun penyakit leukemia bisa berkembang karena adanya keterkaitan faktor genetic dengan faktor lingkungan.

Bahkan pola hidup yang tidak sehat bisa menjadi pemicu timbulnya penyakit ini. leukemia ini bermula dari mutasi DNA yang membentuk sel darah putih di sumsum tulang, ketika hal tersebut terjadi maka sel tumbuh tak terkendali sehingga sumsum tulang menghasilkan bayak leukosit abnormal, sedangkan leukosit yang normal sangat sedikit. Leukemia sendiri terbagi menjadi beberapa bagian, ada leukemia akut dan ada leukemia dan ada leukemia kronis.

Untuk leukemia akut dibutuhkan penanganan yang agresif dan cepat, sedangkan untuk leukemia kronis prosesnya lambat bahkan kadang tidak diketahui hingga bertahun tahun. penyebab dari leukemia juga bisa terjadi seseorang yang pernah menderita kanker sebelumnya, mereka yang melakukankemoterapi sehingga terpapar radiasi yang dapat mempengaruhi sel tingkat DNA, dengan adanya radiasi tersebeut bisa jadi tidak hanya membunuh sel kanker saja, namun terkadang malah membunuh sel yang normal.

Penyebab lainnya adalah merokok, bahkan kanker paru paru bisa meningkatkan resiko terjadinya leukemia, memiliki keluarga yang menderita leukemia juga mempengaruhi munculnya penyakit ini.

Jenis penyakit leukimia

Perlu diketahui bahwa penyakit leukemia memiliki dua jenis, yaitu penyakit leukemia akut yang ditandai dengan munculnya penyakit yang mampu menjalar dengan cepat sehingga dibutuhkan penanganan medis secara cepat, jenis yang kedua adalah leukemia kronis, merupakan leukimian yang menjalar dengan lambat dan bisa disembuhkan. Sedangkan jika dilihat dari jenis selnya, penyakit leukemia dibagi menjadi empat macam, yaitu

  • LLA atau penyakit leukemia Limfositik akut
    Merupakan penyakit leukemia yang sering menyerang anak anak
  • LMA atau leukemia mielositik akut
    Merupakan penyakit leukemia yang sering menyerang orang orang dewasa
  • LLK atau leukemia limfositik kronis
    Merupakan penyakit leukemia yang sering menyerang orang orang yang sudah tua, khususnya orang yang sudah lanjut usia
  • LMK atau leukemia meolistik kronis
    Merupakan penyakit leukemia yang sering menyerang orang orang dewasa.

Gejala penyakit leukimia

Untuk gejala yang ditimbulkan oleh orang orang yang terkena penyakit leukemia antara lain mudah terjangkit infeksi, anemia, mengalami pendarahan, nyeri pada bagian perut, nyeri pada bagian tulang dan persendian, pembengkakan pada kelenjar limpa, serta mengalami sesak nafas.

Untuk pengobatan yang bisa dilakukan adalah kemoterapi, terapi radiasi, pemberian obat, transplantasi tulang sumsum, dan melakukan transfuse darah, setelah kita mengetahui apa itu leukemia, gejala, jenis dan penyebabnya maka tanaman dolar sama sekali tidak ada hubungannya dengan penyakit leukemia.