Seni Rupa Terapan Nusantara Adalah, Beserta Penjelasannya Lengkap

Posted on

Seperti yang kita ketahui bahwa manusia adalah makhluk yang sangat mengerti tentang keindahan. Dan keindahan atau nilai estetika ini bahkan sudah dikenal dan dirasakan sejak jaman dahulu kala. Nilai ektetika inilah yang dikenal dengan sebutan seni.

Dengan adanya seni, kehidupan seseorang atau masyarakat menjadi lebih memiliki nilai keindahan. Nilai nilai seni ini bisa dimasukkan dalam berbagai aspek kehidupan, baik melalui berbagai benda maupun aktivitas masyarakat.

Pengertiap seni rupa terapan

Seni ini sudah dikenal sejak jaman dulu termasuk juga di tanah air kita. Nilai seni di nusantara menjadi begitu beragam karena adanya keberagaman suku yang memiliki nilai seni yang berbeda beda. Perbedaan nilai seni ini dipengaruhi oleh banyak faktor seperti misalnya sudut pandang, kebudayaan, dan lain sebagainya. Seni ada banyak sekali jenisnya baik seni tari, seni suara, seni rupa, dan lain sebagainya.

Seni Rupa Terapan Nusantara Adalah

Seni rupa adalah sebuah seni yang yang berwujud benda atau barang yang bisa dilihat, disentuh, dan juga di raba. Segala bentuk atau wujud benda yang memiliki nilai keindahan, itulah seni rupa. Sedangkan seni rupa sendiri digolongkan menjadi 2 secara umum, yaitu:

  • Seni rupa murni
    Seni rupa yang hanya memiliki fungsi untuk dijadikan pajangan atau hanya bisa dinikmati dengan dilihat saja. Biasanya seni rupa murni ini digunakan sebagai penghias saja, seperti misalnya lukisan, dan lainnya.
  • Seni rupa terapan
    Seni rupa yang yang memiliki fungsi atau nilai praktis sehingga bisa digunakan untuk berbagai kegiatan atau aktivitas sehari hari. Jadi seni rupa terapan tidak hanya mengedepankan nilai estetika saja akan tetapi juga nilai kebermanfaatan.

Melihat bagaimana fungsinya, akhir akhir ini seni rupa terapan menjadi semakin diminati. Kadang seni rupa terapan juga disebut dengan seni rupa aplikatif karena memang mampu digunakan atau dimanfaatkan dalam beraktivitas atau kehidupan sehari hari. Sebenarnya mungkin entah Anda sadari atau tidak, ada banyak sekali barang barang disekitar Anda yang merupakan sebuah karya seni rupa terapan. Sebagai contoh kecil saja, yang masuk dalam kategori seni rupa terapan adalah seperti perhiasan, berbagai perlengkapan makanan yang memiliki ukir atau corak, pakaian, tempat ibadah, dan lain lain.

Sangat dekat dengan kehidupan sehari hari kita, bukan? Apalagi bila kita merunut dari jaman nenek moyang kita, sudah ada banyak sekali karya seni rupa terapan yang berhasil dihasilkan. Akan tetapi memang pada jaman itu, segala peralatan yang berhasil dihasilkan masih sangat sederhana karena tidak ada alat alat canggih yang membantu pembuatannya. Jaman nenek moyang kita dahulu, benda benda yang berhasil dibuat dan memiliki nilai seni terapan ialah seperti bejana, dolmen, kapak batu, dan lain sebagainya.

Macam-macam seni rupa terapan

Seiring dengan berkembangnya waktu dan juga dengan kemajuan IPTEK, kini penelitian dan pengembangan seni rupa terapan makin meningkat. Bahkan banyak sekali dilakukan riset hingga akhirnya seni rupa terapan kini dapat digolongkan sesuai dengan fungsi, wujud, dan juga bentuknya. Tentu saja hal ini dilakukan untuk memudahkan kita dalam mengetahui dan memahami seni rupa terapan itu sendiri. Apalagi di jaman yang sudah berkembang ini, makin banyak karya yang mampu diciptakan membuat kita perlu menyederhanakan berbagai hal. Secara umum seni rupa terapan terbagi menjadi 2 macam, yaitu seni rupa kriya dan juga seni rupa desain

  • Seni rupa kriya
    Seni rupa kriya adalah seni rupa terapan yang dibuat dengan memanfaatkan keterampilan atau kemampuan tangan untuk bisa memenuhi kebutuhan sehari hari. Untuk jenis seni rupa kriya, ada beberapa contoh yang bisa diambil yaitu seperti seni ukir, keramik, batik, anyaman, dan lain sebagainya.
  • Seni rupa desain
    Seni rupa desain adalah karya seni rupa yang berupa desain atau sebuah rencana untuk memenuhi kebutuhan. Sebagai contoh yaitu produk eksterior, ragam hias, dan lainnya.

Sedangkan seni rupa terapan dilihat dari wujud dan dimensinya terbagi menjadi 2 golongan, yaitu seni rupa 2 dimensi dan juga seni rupa 3 dimensi. Seni rupa 2 dimensi hanya memiliki 2 sisi seperti karikatue, batik, dan lainnya. sedangkan untuk seni rupa 3 dimensi adalah seni rupa yang memiliki 3 ukuran yaitu panjang, lebar, dan tinggi. Sebagai contoh yaitu patung, dan lain sebagainya. dari berbagai kategori diatas, maka kita bisa lebih mudah untuk mengetahui dan lebih mudah untuk mengenai karya seni rupa terapan.

Seni rupa terapan nusantara

Karya seni rupa terapan ini ada diberbagai wilayah bahkan di seluruh penjuru negara. Setiap wilayah biasanya memiliki nilai atau unsur seni yang berbeda beda, taermasuk di tanah air kita. apalagi seperti yang elah dijelaskan bahwa Indonesia memiliki begitu banyak suku sehingga dalam berkarya pun setiap suku biasanya akan memiliki standarisasi atau nilai nilai atau pandangan seni yang berbeda beda. Namun hal ini tentunya berdampak baik karena hal ini makin membuat karya seni menjadi makin variatif dan beragam.

Ada beberapa contoh seni rupa terapan yang menajdi ciri khas di tanah air kita. sehingga seni rupa terapan ini tidak akan bisa ditemukan di belahan bumi lainnya. Berikut ini adalah beberapa contoh karya seni rupa terapan yang menjadi milik bangsa kita.

1. Kerajinan batik

Batik adalah salah satu kerajinan yang hanya ada di nusantara. Batik ini adalah seni yang ditorehkan pada sebuh kain hingga membentuk corak corak yang indah dengan makna yang begitu dalam dan menyiratkan kebudayaan tanah air. Hampir setiap wilayah di nusantara membuat batik akan tetapi corak di setiap wilayah memiliki arti dan makna yang berbeda beda.

2. Kerajinan logam

Indonesia adalah negara yang memiliki kekayaan logam. Sehingga tak heran apabila salah satu seni yang dihasilkan dna menjadi ciri khas Indonesia berasal dari logam. Kerajinan loma ini bisa berupa perak, aluminium, tembaga, kuningan, d an berbagai bahan lainnya. biasanya kerajinan logam ini dibuat untuk berbagai keperluan rumah tangga seperti lampu gantung, hiasan dinding, dan lain lain. dan sekali lagi, setiap daerah biasanya memiliki corak khas masing masing. Untuk wilayah yang terkenal dengan kerajinan perak berada di Daerah Istimewa Yogyakarta, untuk wilayah yang populer dengan kerajinan tembaga berada di Boyolali, sedangkan untuk wilayah yang populer dengan kerajinan kuningan ialah di Juwono atau kita kenal dengan sebuta Pati.

3. Kerajinan ukir

Karajinan ukir ini dibuat dengan ditatah hingga membentuk sebuah pula atau ukiran. Biasanya kerajinan ukir ini dibuat pada sebuah batang pohon kayu yang sangat kuat. Kerajinan ukir ini biasanya dibuat dan kemudian dijadikan sebagai kursi, kayu, pintu gerbang, pajangan, dan lain sebagainya. untuk kerajinan ukir ini, wilayah di tanah air yang populer memproduksinya adalah di wilayah Bali, Jepara, dan juga Solo.