Sejarah Penemuan Sel Surya Matahari Secara Singkat Jelas

Posted on

Kita tidak dapat memungkiri bahwa adanya energi matahari menjadi salah satu energi yang banyak berguna bagi saat ini serta memiliki kekuatan yang besar. Selain itu juga dengan adanya bumi tanpa matahari maka hal ini tidak dapat berjalan dengan baik di bumi yang mana berguna agar tumbuh-tumbuhan dapat melakukan fotosintesis dan juga menjadi suatu oksigen bagi makhluk hidup yang mana makhluk hidup bisa menghirup udara segar.

Sedangkan untuk kebutuhan sehari-hari matahari bisa dimanfaatkan sebagai pengering pakaian, suhu bumi menjadi lebih stabil, dan angin pun bisa.berhembus dengan baik, karenanya penting sekali keberadaan matahari di bumi. Pada zamanYunani Kuno dulu, bahkan matahari sangat diagung-agungkan yang mana karena manfaat matahari yang besar bagi kehidupan mereka sehingga mereka menjadikan matahari sebagai dewa terhormat.

Begitupun dengan listrik yang kekuatannya juga sudah tidak perlu diragukan lagi. Energi listrik saat ini banyak dibutuhkan banyak orang untuk membantu kehidupan banyak orang. Dan hal ini terbukti dengan adanya pemakaian listrik di kehidupan sehari-hari yang semua alat rumah tangga menggunakan energi listrik, contohnya seperti microwave, kulkas, tv dan lain sebagainya sehingga hal ini membantu banyak orang untuk memudahkan mereka untuk bisa menyimpan makanan, mencuci pakaian, mendapatkan hiburan, dan masih banyak hal lainnya yang terbantu karena adanya listrik.

Sejarah Penemuan Sel Surya Matahari Secara Singkat Jelas

Dan dengan adanya suatu kombinasi yang disatukan antara energi matahari dan juga energi listrik maka bisa menciptakan suatu energi yang lebih hemat pemakaian dan memiliki banyak manfaat untuk hidup manusia. Dan karena adanya hal tersebutlah banyak para ilmuwan yang mencoba untuk penggabungan energi matahari pada energi listrik yang pada akhirnya terciptanya panel surya saat ini. Untuk mengetahui bagaimana awalnya para ilmuwan menemukan panel surya maka disini akan diulas sejarahnya dengan lengkap.

Sejarah penemuan sel surya matahari

Diceritakan bahwa awal mula dari penemuan sel surya ini oleh seorang ahli fisika yang berasal dari Perancis yang memiliki nama lengkap Alexandre Edmond Bequerel. Berawal dari tahun 1839 yang mana awal mulanya ia melakukan sebuah penelitian dengan dua electrode yang disinari dengan menggunakan cahaya apa saja seperti api dan juga berbagai macam cahaya lainnya. Akan tetapi hal tersebut belum berhasil ia lakukan karena apa yang diharapkan tak terjadi. Namun jika dengan menyerah maka tak mungkun panel.surya ditemukan yang artinya.

Alexander tak mau menyerah begitu saja dan banyak melakukan usaha untuk bisa mencapai yang diinginkan dan bisa mengubah sebuah cahaya menjadi suatu energi besar yang dia lakukan terus menerus meskipun tak membawa hasil yang ia inginkan. Hingga akhirnya sudah 34 tahun sudah Alexander melakukan semua Ilmunya, muncullah seorang pakar atau ilmuwan yang bernama Wilougby Smith yang pada saat itu menemukan sebuah Selenium yang memiliki fungai untuk elemen photo kondukvitas. Dan hal ini tentunya disambut gembira dan memberikan sebuah pencerahan supaya apa yang diinginkan untuk panel surya dapat terwujud.

Dengan munculnya ide yang didapat dari Alexander, dan tepat pada tahun 1976 William yang saat itujuga bersama dengan muridnya.yaitu Richard Evans bersama-sama mengungkap bahwa Selenium bisa dijadikan sebagai pengubah tenaga matahari yang sekaligus dapat menjadi energi listrik tanpa adanya panas yang membantu. Dan ditahun 1983 seorang ilmuwan yang bernama Charles Fritz melakukan suatu percobaan didalam penelitiannya dengan menggunakan semi konduktor yang telah dilapisi lapisan emas yang tipis sekali. Dan hasilnya, Photovoltaix yang sudah dibuat membeikan suatu energi 1% bahkan kurang dari itu.

Dan pada akhirnya.banyak perkembangan yang terus berjalan seiring waktu yang untuk melakukan penelitian ini membutuhkan waktu yang cukup lama. Dan pada perkembangan yang berikutnya berkaitan  dengan adanya penemuan bapak fisika yaitu Albert Einstein mengenai hal tentang efek listrik yang dilakukan pada tahun 1904. Dan 23 tahun kemudian atau pada tahun 1927 tenaga surya dengan model baru diciptakan dengan memanfaatkan tembaga dan juga semi konduktor. Akan tetapi hasil yang didapat yaitu efisiensi dengan nilai 1% kurang.

Hingga pada akhirnya yaitu di tahun 1941 , muncul seorang ilmuwan yang juga seorang peneliti melakukan peningkatan akan sel surya yang juga banyak dikenal sebagai orang yang pertama kali membuat panel surya dengan jenis yang lebih modern. Untuk bahan yang digunakan yaitu dengan menggunakan semi konduktor yang memiliki jenis Silicon dan dapat memberikan hasil yang lebih besar yaitu dengan efisiensi sebesar 4 %. Dan adanya penemuan tersebut, maka banyak negara didunia yang pada akhirnya ikut serta untuk mengembangkan penemuan ini yang termasuk juga Indonesia yang juga turut serta dalam mengembangkannya.

Dan tepat pada tahun 1954, seorang peneliti yang berasal dari Bell Laboratories telah menemukan suatu lempengan yang cukup tepat sebagai bahan untuk membuat panel surya. Dan 3 orang yang telah menemukan penemuan tersebut yaitu Gerald. Souther dan juga Daryl yang mampu untuk menemukan ide bahwa silicon yang apabila digabungkan bersama dengan logam akan menghasilkan sebuah energi listrik dan ekstrasksi akibat dari gabungan tersebut juga memiliki sensitivitas terhadap cahaya. Dan hal ini tentunya menjadi sebuah kabar yang mencengangkan yang telah berhasil di pecahkan seorang peneliti sekaligus juga ilmuwan hebat tersebut dan pada akhirnya dapat memberikan perkembangan panel surya yang telah kita gunakan saat ini.

Tentunya perjuangan para ilmuwan hebat tersebut tidak bisa kita remehkan dan juga cukup memberikan inspirasi bagi kita bahwa dengan adanya para ilmuwan yang telah bekerja hingga 115 tahun lamanya untuk menemukan penemuan ini berakhir pada hal yang membuat banyak orang gembira dan memberikan manfaat bagi banyak orang saat ini.

Perkembangan dari panel tenaga surya

Untuk panel tenaga surya saat ini sudah banyak di fungsikan dan juga sudah berkembang ke mana saja.Yang tentunya dengan adanya panel surya ini bisa disimpan di baterai yang pada saat tertentu dapat kita gunakan. Dan beberapa hal yang menggunakan panel tenaga surya ini antara lain :

• Otomotif

Perusahaan otomotif kini sudah menggunakan tenaga surya untuk menggerakkan mobil yang dinamakan mobil listrik. Adapun mobil tersebut dibuat dengan menggunakan energi matahari yang tentunya bisa menampung energi listrik agar bisa berjalan.

• Elektronik

Tak hanya dunia otomotif saja yang menggunakan panel surya, eletronik juga menggunakan panel surya yang mana produk-produk tersebut diantaranya Smarphone, baterai, senter, powerbank dan lain sebagainya.

Dengan adanya perkembangan panel surya ini tentunya memberikan manfaat yang lebih baik dan lebih banyak bagi kehidupan masyarakat tinggal Selain itu juga dengan adanya panel surya juga memberikan suatu energi listrik yang lebih hemat sehingga sangay bermanfaat bagi banyak orang untuk menggunakan listrik tanpa harus khawatir akan daya listrik yang tinggi dan biaya listrik yang mahal.