Sejarah Penemuan Sel Listrik dan Perkembangannya Lengkap

Posted on

Pada saat ini listrik merupakan salah satu kebutuhan yang tidak dapat dipisahkan dari manusia. Dengan tanpa listrik yang hadir di tengah masyarakat, maka hal tersebut akan sangat menyulitkan bagi banyak orang untuk melakukan rutinitas sehari, contohnya seperti pekerjaan yang mana tanpa adanya komputer yang tersambung dengan listrik, maka hal ini akan menyulitkan seseorang dalam melakukan pekerjaan dan pekerjaan menjadi tertunda.

Tak hanya itu saja, listrik juga dfungsikan untuk banyak hal seperti memasak,mencuci, menggosok pakaian dan berbagai kebutuhan lainnya yang menggunakan energi listrik untuk mengatasi semua itu. Sehingga wajar saja jika listrik sebagai kebutuhan penting bagi banyak orang saat ini untuk kebutuhan sehari-hari dan penting untuk kebutuhan masyarakat yang khususnya tinggal didaerah perkotaan.

Mengapa listrik begitu sangat diperlukan ?

Seperti yang telah dijelaskan, listrik merupakan sebuah energi yang memiliki kekuatan yang cukup besar dibandingkan energi lainnya. Dan pembahasan kali ini mengulas bagaimana energi listrik diciptakan dan bisa memberikan banyak manfaat yang dibutuhkan bagi orang banyak.

Sejarah Penemuan Sel Listrik dan Perkembangannya Lengkap

Sejarah penemuan sel listrik

Mungkin sebagian dari Anda berpikir bagaimana sebuah komputer bisa hidup dan menghantarkan sebuah informasi pada seseorang. Atau mungkin Anda berpikir bagaimana lampu bisa menerangi rumah atau tempat-tempat? hal ini merupakan hasil dari energi listrik. Dan berikut ini sejarah penemuan listrik yang bisa disimak.

Listrik pada awal mulanya di ceritakan oleh seorang cendikiawan asal Yunani bernama Tales pada tahun 640 hingga 540 Masehi. Awalnya, Thales memulainya dengan menggosokkan suatu Elektron atau yang bisa disebut batu ambar dari Yunani dengan kain wol. Dan dari adanya percobaan ini, Thales menemukan bahwa benda yang berada didekatnya dapat menempel dengan erat, dan Thales tidak memahami apa yang terjadi saat itu. dan mengapa ini bisa terjadi. Hingga pada akhirnya seorang peneliti bernama William Gilbert mencoba untuk meneruskan penelitian tersebut di tahun 1733 dan mengungkapkan bahwa gaya gerak dari batu ambar yang dilakukan Thales tersebut merupakan sebuah elektric atau yang merupakan kata dari Elekton.

Berlanjut kemudian pada tahun 1739 seorang ilmuwan berasal dari Perancis yang bernama Charles Du Fay yang mengatakan bahwa elektric terdiri dari energi negatif dan positif. Hingga pada tahun 1775, seorang penulis dan juga ilmuwan bernama Benjamin Franklin yang membuktikan bahwa petir merupakan suatu bentuk alami dari adanya lsitrik. Dn ditahun yang sama, Franklin melakukan sebuah penelitian dan uji coba yang mana ia menerbangkan layang-layang beserta kundi dari besi pada bagian bawahnya dan pada saat petir menyambar kunci tersebut muncul percikan api hingga kunci tersebut melompat.

Sejarah listrik diciptakan berlanjut pada seorang ilmuwan bernama Alessandro Volta yang mengungkapkan bahwa listrik sama fungsinya dengan air yang mana memiliki banyak manfaat dan juga memiliki tenaga yang besar. Dan ditahun inilah,Volta membuat sebuah baterai listrik. Untuk membuatnya, Volta menggunakan lempengan tipis yang berasal dari tembaga dan seng yang secara terpisah dengan karton yang lembab. Dan dengan melakukan cara tersebut, maka barulah listik bisa ditemukan. Bahlan Volta menambahkan bahwa listrik dan digunakan untuk melakukan perjalanan ke suatu tempat. Kemunculan dari adanya penemuan listrik ini, membuat seorang ilmuwan bernama Michael faraday tertarik untuk meneliti hal tersebut lebih lanjut dengan meneliti listrik magnet atau yang dinamakan dengan nama Elektromagnetik.

Ia mengatakan bahwa apabila listrik bisa menghasilkan suatu magnet, maka tentunya magnet juga bisa menghasilkan suatu energi listrik. Hingga di tahun 1831, Michael memiliki ide cemerlang yang mana merupakan sebuah jawaban yang ia kemukan mengenai magnet yang mampu menghasilkan listrik. Dan percobaan ini ia lakukan dengan menggunakan perak yang mana saat magnet di pindahkan pada suatu kawat tembaga, maka arus listrik yang kecil mampu untuk mengalir melalui kawat. Dan inilah yang menjadikan dinamo pembangkit listrik muncul atau yang dinamakan Generator Listrik.

Sejarah munculnya tenaga listrik

Awal mulanya listrik hadir yaitu pada tahun 1882 di Inggris. Dan pada tahun tersebut mulailah tenaga listrik beroperasi di Amerika atau lebih tepatnya di NewYork. Dan kala itu untuk operasi listriknya menggunakan Generator Listrik yang memiliki tingkat ketegangan yang kecil, dan tentunya hal ini membuat banyak masyarakat tak memiliki cukup pasokan listrik.

Dan muncul seorang berkebangsaan Perancis yang bernama Lucian Gauland yang bersama dengan rekannya yaitu John Gibbs dan menjual hak resmi dari generator listrik bolak balik pada seorang bangsawan kaya bernama George Westinghouse. Dan dari sini akhirnya munculah perkembangan dari tenaga listrik yang semakin baik dengan diciptakannya transformator dan menghasilkan suatu jaringan arus listrik bolak balik yang cukup baik dan digunakan untuk transmisi.

Bisa dikatakan untuk Indonesia sendiri, dengan adanya distribusi listrik yang dibangun dengan adanya pusat tenaga listrik pada tahun 1897 dan pada akhirnya secara luas di edarkan ke medan di tahun 1899, lalu berlanjut ke daerah-daerah lainnya yang tidak hanya di Jakarta saja tetapi juga Surakarta, Bandung, Surabaya dan Banjarmasin ditahun yang berbeda-beda. Dan diawal pembuatannya tersebut menggunakan tenaga thermis untuk menghasilkan listrik.

Tentu kita tahu bahwa pada saat sebelum perang dunia yang ke dua muncul, semua pasokan tenaga listrik dikuasai oleh perusahaan yang berstatus swasta dan salah satu perusahaan tersebut merupakan perusahaan yang berasal dari Belanda dan salah satu perusahaan yang terbesar yaitu NIGEM yang pada akhirnya diubah menjadi nama OGEM.

Dan untuk tenaga air LWB membangun beberapa pusat untuk listrik bertenaga air dtahun 1958 dan untuk mengelolanya maka di alihkan ke PLN atau Perusahaan Listrik Negara. Dan hingga kini untuk perkembangan listrik masih terus dilakukan untuk dapat membantu masyarakat dalam melakukan rutinitas sehari-hari sehingga lebih mudah untuk melakukannya.

Manfaat dengan adanya listrik

Setelah mengetahui sejarah mengenai listrik, maka selanjutnya yaitu mengetahui manfaat dari listrik yang sebenarnya. dan berikut ini merupakan manfaat dari listrik didalam kehidupan sehari-hari :

1. Untuk penerang

Pada mamal hari, tentunya keadaan menjadi gelap. Dan inilah manfaat dari energi listrik yang mana listrik digunakan sebagai penerangan. Zaman dulu ketika listrik belum ada, untuk lampu digunakan dengan menyalakan lilin yang mana untuk menerangi ruangan. Dan dengan adanya lampu, tentunya untuk menerangi ruangan menjadi lebih mudah.

2. Untuk menghasilkan panas

Energi listrik juga digunakan untuk menghasilkan panas, dan hal itu dilakukan melalui beberapa teknologi yang diciptakan saat ini dan menggunakan energi listrik. Seperti Microwave, Setrika. Korek, Kompor, dan masih banyak lainnya yang menggunakan energi listrik.

3. Menghasilkan gerak

Salah satu manfaat dari energi listrik juga sebagai penghasil gerak, yang mana dengan adanya listrik bisa menggerakkan kipas angin TV dan juga beberapa hal lainnya dengan mennggunakan listrik. Tentunya dengan adanya listrik dapat membantu kita.