Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Lima Lengkap

Posted on

Di zaman global seperti saat ini, sudah banyak perubahan yang mempengaruhi setiap aspek kehidupan. Di mulai dari zaman prasejarah di mana manusia purba mengandalkan beberapa peralatan sederhana seperti batu dan kayu untuk melakukan aktivitas misal bercocok tanam hingga memasak.

Baru beberapa abad kemudian semenjak revolusi Industri di Inggris banyak penemuan-penemuan baru bermunculan di sebagian besar negara Eropa dan negara lain. Salah satu penemuan terbesar yang pernah tercatat adalah cikal-bakal komputer.

Sejarah singkat terbentuknya komputer

Menurut beberapa sejarawan, komputer pertama kali dibentuk oleh seorang ahli dan profesor matematika asal Inggris bernama Charles Babbage yang hidup sekitar tahun 1791 hingga 1871. Di tahun 1812, Babbage mengamati bentuk penyesuaian alam antara matematika dan mesin mekanik. Mesin mekanik yang diamati mampu bekerja baik dalam menyelesaikan berbagai macam tugas berulang kali tanpa membuat kesalahan.

Sejarah Komputer Generasi Pertama Sampai Lima Lengkap

Sedangkan matematika membutuhkan beberapa kali pengulangan untuk melakukan langkah-langkah tertentu. Pada 1843, ia menyusun rencana dengan sangat rinci untuk mendesain mesin terdiri atas komponen-komponen penting. Komponen-komponen tersebut memiliki fungsi sebagai mesin komputer moderen.

Sayangnya, rencana yang telah disusun tersebut tidak berhasil terwujud karena keterbatasan alat-alat pendukung. Sampai akhirnya karya Babbage kurang diperbincangkan hingga pengembangan konsepnya dilanjutkan oleh generasi berikutnya.

Tahun 1880, Amerika Serikat menetapkan undang-undang sensus setiap sepuluh tahun. Peningkatan jumlah penduduk setiap tahunnya menunjukkan bahwa butuh waktu 11 tahun untuk menyelesaikan perhitungan sensus. Ini berarti antara tahun 1890 hingga awal 1900 hasil penghitungan sensus masih dilakukan. Sebagai solusi seorang staf biro sensus, Herman Hollerith menciptakan mesin tabulasi pertama yang menggabungkan ide tenun dan listrik. Pada 1896 ia berhasil mendirikan sebuah perusahaan pertama yang berbasis tabulasi bernama Tabulating Machine Company.

Perusahaan ini pun akhirnya bergabung bersama perusahaan lain membentuk International Business Machines Corporation atau IBMSelanjutnya pada 1924 Thomas Watson menjadi pimpinan IBM yang sukses membawa perusahaan mendominasi pasar elektronik yang berfokus pada penyuplai mesin pengolah data serta menjadi pengembang komputer terbaik. Mulai tahun 1981, IBM mulai gencar memasuki pasar komputer mikro melalui IBM PC. Keberhasilan IBM ini kemudian diikuti oleh Bob Noyce dan Gordon Moore untuk mendirikan Intel sebagai perusahaan yang bergerak di bidang microprocessor yang diperkenalkan pada 1971.

Tahun 1970-an menjadi puncak dari produksi pengolah data dan komponen komputer dalam skala yang lebih besar. Pada 1975 Bill Gates bersama rekannya Paul Allen mendirikan perusahaan yang memproduksi perangkat lunak atau software pertama di dunia bernama Microsoft Corporation. Dalam dekade 1980-an Microsoft berhasil memasarkan sistem operasi komputer pribadi yang membuat sahamnya meningkat tajam.

Setahun setelah didirikan Microsoft, pada 1976 Steve Jobs memperkenalkan seri Apple yang pertama yakni Apple I dimana sebuah komputer lengkap dengan layar dan keyboard. Apple I mendapat sambutan luar biasa dari masyarakat hingga akhirnya pada 3 Januari Steve Jobs bersama dua rekannya, Steve Wozniak dan Ronald Wayne mendirikan Apple Computer Inc. yang sekaligus me-launching Apple II. Sejak saat itu baik Microsoft maupun Apple berhasil berekspansi ke seluruh dunia dengan produk-produk unggulannya sampai sekarang.

Generasi-generasi komputer 1 – 5

Komputer sendiri lahir dari beberapa generasi. Generasi tersebut terbagi menjadi lima yang dapat dijadikan catatan bagaimana komputer teraplikasikan untuk berbagai kebutuhan manusia. Berikut ini generasi-generasi komputer yang perlu diketahui

1. Generasi pertama (1940 – 1959)

Generasi pertama komputer lahir saat terjadinya perang dunia II pada periode 1940-an. Setiap negara yang terlibat perang seperti Jerman, Inggris, Prancis, Amerika Serikat, dan Rusia mengembangkan perangkat komputer untuk mengeksploitasi potensi yang berada di dalam setiap komputer. Pada 1941, seorang insinyur berkebangsaan Jerman bernama Konrad Zesu mengembangkan komputer untuk membangun pesawat serta peluru kendali.

Di lain pihak, pasukan sekutu berhasil mengembangkan komputer yang digunakan untuk memecahkan kode rahasia Jerman bernama Colossus. Namun, Colossus dianggap tidak begitu berperan penting dalam perkembangan industri komputer mengingat ia hanya digunakan sebagai pemecah kode rahasia untuk kepentingan perang.

Setahun setelah perang berakhir, perkembangan komputer mulai terlihat yang diprakarsai oleh John W.Mauchly dan J.Presper Eckert dengan menciptakan ENIAC (Electronic Numerical Integrator and Computer). UNIVAC (Universal Automatic Computer) telah mendesain pita magnetik yang digunakan sebagai media input dan ouput. IBM 701 dan IBM 605 adalah komputer berukuran besar pertama yang dikomersilkan dengan magnetik drum sebagai media penyimpanan di luar.

2. Generasi Kedua (1959 – 1965)

Memasuki awal 60-an komputer sudah semakin berkembang. Hal ini dapat terlihat dari adanya transistor yang telah dikembangkan sejak 1948 pada sirkuit komputer. Ukuran komputer lebih diperkecil, memilki kecepatan yang baik serta lebih hemat pada daya pemakaian. Kode binner juga digantikan oleh bahasa assembly berupa beberapa singkatan. IBM 1401 merupakan produk keluaran generasi ini yang digunakan untuk mengolah data maupun informasi finansial.

3. Generasi Ketiga (1965 – 1970)

Antara 1965 sampai 1970 IC ditemukan dan mampu mengubah struktur komputer secara keseluruhan. Dengan IC komputer dapat bekerja jauh lebih cepat. Kecepatan ini bahkan diklaim mencapai 10.000 kali lebih cepat dari generasi sebelumnya. Selain itu, penggunaan memori dengan kapasitas lebih besar mulai terlihat. Komputer dapat menyimpan kurang lebih ratusan ribu karakter yang sebelumnya hanya mampu menampung puluhan ribu saja. Beberapa komputer yang diproduksi pada generasi ketiga adalah IBM S/360, GE 600 dan GE 235 serta NCR Century.

4. Generasi Keempat (1971 – 1980)

Pada 1971 komputer generasi keempat hadir menguasai pangsa pasar elektronik. Di tahun ini mulai dikembangkan komputer menggunakan microprocessor oleh Intel. Lalu ada pula penambahan komponen LSI (Large Scale Integration) yang memadatkan ribuan IC ke dalam sebuah chip. Hampir semua komputer telah mengadaptasi sistem operasi berkonsep GUI (Graphical User Interface) yang dibuat oleh Microsoft. Apple II, IBM PC, IBM PC/386 merupakan komputer yang pernah eksis pada generasi ini.

5. Generasi Kelima (1980 – sekarang)

Pada generasi kelima komputer yang telah disempurnakan jauh lebih baik dari generasi-generasi di atas. Meskipun saat ini masih dalam tahap pengembangan untuk masa yang akan datang, progress yang dihasilkan pun sangat pesat. Artificial Intelligence merupakan sistem komputer yang dapat menggantikan peran manusia untuk melakukan aktivitas.

T-52 ENRYU merupakan satu dari sekian banyak produk kecerdasan buatan yang mampu mengangkat bobot sekitar 500 kg benda dan ditujukan untuk misi penyelamatan korban bencana gempa di Jepang. Selain T-52 ENRYU, The Yume Neko Smile adalah robot kucing yang dapat melakukan gerakan layaknya kucing asli. Bentuknya pun hampir tidak dapat dibedakan satu sama lain. Kucing ini dikhususkan bagi mereka yang ingin memelihara kucing tanpa takut alergi atau virus yang berada di sekitar bulunya.

Perkembangan komputer dari masa ke masa membuat segalanya terlihat lebih mudah. Namun di balik itu semua beberapa ahli berpendapat jika komputer dapat mengancam fungsi manusia dalam melakukan sesuatu seperti menjalani pekerjaan. Terlepas dari itu semua, kemajuan teknologi komputer tidak dapat dihindari.