Sejarah Internet di Dunia Secara Singkat dan Terlengkap

Posted on

Sekarang, siapa yang tidak kenal dan tidak menggunakan internet. Untuk mengetahui informasi terbaru, mendaftar di perusahaan atau perguruan tinggi, menjaring pertemanan hingga menjual barang bisa dilakukan lewat internet. Sejarah internet sejak awal mula adanya hingga dapat dinikmati oleh seluruh dunia dalam kecepatan tinggi seperti sekarang ini tentu sangat panjang. Hingga kini pun, para ilmuwan terus mengembangkan serta mempercanggih dunia internet supaya dapat mencakup semua kebutuhan manusia.

ARPANET, awal mula internet

Internet pada awalnya adalah jaringan komputer yang secara khusus dibentuk Departemen Pertahanan Amerika Serikat, tepatnya pada 1969. Namanya kala itu adalah ARPANET yang merupakan singkatan dari Advanced Research Project Agency Network. Mereka akan mendemonstrasikan bagaimana software serta hardware komputer yang menggunakan basis UNIX bisa melakukan komunikasi jarak tindak terhingga.

Proyek ARPANET ini merancang, kehandalan, bentuk jarngan hingga seberapa besar suatu informasi dapat dipindahkan. Semua standar yang ditentukan kala itu menjadi cikal bakal dari pembangunan protokol baru yang kini dikenal sebagai Transmission Control Protocol/Internet Protocol atau TCP/IP. Tujuan awal dari pembangunan proyek ini adalah demi keperluan militer.

Sejarah Internet di Dunia Secara Singkat dan Terlengkap

US Department of Defense kala itu membuat sebuah sistem jaringan komputer yang tersebar dengan cara menghubungkan komputer-komputer di daerah-daerah yang vital guna mengatasi masalah apabila terjadi serangan nuklir. Selain itu, fungsinya adalah untuk menghindari informasi yang terkumpul secara terpusat sehingga apabila terjadi perang akan bisa dengan mudah dihancurkan. ARPANET menghubungkan total sebanyak empat situs yaitu Universitas California, Universitas Santa Barbara, Institut Riset Stanford serta Universitas Utah. Mereka telah secara terpadu membentuk jaringan pada 1969 dan ARPANET dikenalkan secara umum pada Oktober 1972.

Tak lama, proyek ini berkembang dengan sangat pesat di seluruh daerah. Semua universitas yang ada di negara tersebut juga ingin untuk bergabung. ARPANET kesulitan untuk mengatur membludaknya keinginan masyarakat ini. Akhirnya mereka memutuskan ARPANET akan dipecah menjadi dua, yaitu MILNET yang digunakan khusus untuk keperluan militer seperti fungsi aslinya serta ARPANET baru yang lebih kecil guna keperluan non militer, termasuk universitas-universitas. Gabungan dari kedua jaringan tersebut dikenal sebagai DARPA Internet, yang akhirnya disingkat menjadi Internet.

Sejarah internet dunia

Sejarah internet sudah dimulai pada tahun 60an, saat Robert W. Taylor dan Levi C. Finch melakukan penelitian mengenai jaringan global serta masalah interoperabilitas. Selanjutnya, terdapat aneka program penelitian yang mulai dilakukan guna melihat mekanisme pengaitan jaringan yang secara fisik berbeda. Solusi yang muncul kala itu adalah teknik packet switching. Pada teknik ini, file atau data yang ukurannya besar akan dikirim via jaringan komputer dulu dan dipotong menjadi file-file kecil supaya lebih mudah ditangani.

Peneliti utama untuk proyek pengembangan paket switchng ini ialah Donald Davies, Leonard Kleinrock, Paul Baran serta kawan-kawan UCLA Research Programs.Di tahun 1969, Taylor yang dipromosikan di DARPA untuk jabatan kepala kantor pemrosesan informasi, hendak mengimplementasikan idenya dalam menciptakan sebuah sistem jaringan yang akan saling terhubung satu sama lain. Bersama dengan Larry Robert yang berasal dari MIT, Taylor memulai proyek ARPANET ini. Sambungan pertama ARPANET adalah antara Institut Riset Stanford dengan Universtias Californa di Los Angeles atau UCLA, tepatnya pada 29 Oktober 1969.

Kemudian pada 5 Desember di tahun yang sama, dua jaringan lain terhubung yaitu Universitas Utah serta Unviersitas Santa Barbara. Empat simpul jaringan ini berbasis teknologi ALOHAnet serta berkembang dengan sangat cepat. Pada 1981, sudah ada sebanyak 213 simpul yang tersambung.

Teknik jaringan sendiri yang turut dikembangkan oleh hobbiis komputer ialah UUCP. Namun, masalah besar yang dihadapi pada teknik baru ini adalah bagaimana agar beragam jenis peralatan jaringan yang secara fisik sangat berbeda bisa berkomunikasi satu sama lain. Media fisik dari jaringan yang berbeda-beda ini turut mendorong protokol komunikasi agar dapat melakukan internet working. Ini akan membuat banyak jaringan kecil saling tersambung dan menjadi komputer yang maha besar.

Protokol internet ini akan memungkinkan jaringan internet dibangun dalam saluran fisik yang berbeda-beda.Ini artinya, komputer bisa tersambung menggunakan telepon dan bisa melakukan komunikasi dengan komputer dalam jaringan LAN ataupun radio. Ini akan mendorong terjadinya inter network atau antar jaringan, yang secara global akhirnya dikenal sebagai internet. Hal lain yang tidak kalah penting ialah metode pengalamatan yang ada di internet. Alokasi alamat IP Internet dikelola oleh Jon Postel dari ISI USC.

Ia wafat pada 16 Oktober 1998 dan sempat memperoleh medali silver dari International Telecommunications Union atau ITU atas jasa-jasanya dalam membangun internet di dunia. Ia juga turut mengelola IANA atau Internet Assigned Numbers Authority. Kini, IANA dioperasikan oleh ICANN atau Internet Corporation for Assigned Names and Numbers.

Komersialisasi dan juga privatisasi internet sudah mulai terjadi sejak 1980an di Amerika Serikat. Kala itu, ISP sudah mulai diizinkan untuk beroperasi. Internet juga sudah mulai booming di era 1900an. Internet turut menjadi kunci pemicu perubahan di budaya serta dunia usaha. Berikut adalah daftar kejadian penting yang turut mempengaruhi dan melatarbelakangi sejarah internet di dunia.

  • Tahun 1957 Rusia meluncurkan Sputnik sebagai wahana luar angkasa. Amerika Serikat yang merasa kalah dari Rusia, akhirnya membentuk ARPA setahun kemudian agar negaranya mampu meningkatkan ilmu pengetahuan serta teknologi.
  • Awal 1960an, teori paket switching mulai diimplementasikan dalam dunia nyata.
  • ARPA mulai mengembangkan ARPANET pada 1960an dan menghubungkan empat komputer
  • 1965, istilah hypertext mulai dikenalkan Ted Nelson. Sementara pada 1968, jaringan Tymnet mulai dibuat.
  • Pada 1971, anggota ARPANET bertambah menjadi 23 node komputer dari beragam universitas serta komputer riset pemerintah.
  • Setahun kemudian, dibuat kelompok kerja bernama INWG atau International Network Working Group yang akan meningkatkan teknologi jaringan serta membuat standar bagi jaringan komputer.
  • Pada 1972 hingga 1974, aneka layanan basis data yang komersial seperti Dialog, Lexis, The New York Times DataBank mulai mendaftarkan diri ke ARPANET.
  • 1973, ARPANET melebarkan sayap ke luar Amerika dan menambahkan anggota yaitu universitas di London dan Norwegia.
  • TCP dipublikasikan spesifikasinya secara detail oleh Vint Cerf serta Bob Kahn pada 1974. Di tahun yang sama, versi komersial ARPANET yaitu Telenet dibuka untuk layanan paket data publik yang pertama.
  • Di tahun 1977, sudah ada sejumlah 111 komputer terhubung ke ARPANET.
  • Protokol TCP dipecah dua pada 1978 yaitu Transmission Control Protocol serta Internet Protocol.
  • Grup diskusi Usenet dibuka pertama kali pada 1979. Di tahun yang sama, penggunaan emoticon diusulkan Kevin McKenzie. Komputer pribadi atau PC juga mulai mewabah serta menjadi bagian hidup manusia kala itu. ARPANET telah memiliki 213 anggota.
  • Pada awal 1980an, dengan dukungan dari NSF atau National Science Foundation, tersedia layanan email dan beberapa layanan lain yang tidak perlu menggunakan ARPANET.