Proses Pembuatan Kertas Secara Singkat Dari Kayu

Posted on

Kertas adalah salah satu benda yang sangat dekat dengan berbagai aktivitas kita. Kertas juga sangat mudah ditemukan dimana mana karena hampir semua aspek saat ini membutuhkan kertas, jadi kita tidak hanya membutuhkan untuk aspek pendidikan saja.

Hal ini memang bisa dibilang wajar karena kertas mampu menjadi media yang umum dan media yang sangat mudah untuk digunakan terutama untuk menyampaikan informasi. Kertas bukanlah barang yang asing dan sangat banyak kita temui di sekitar kita. Anda bisa menemukan kertas dimanapun bahkan termasuk di dinding, di kantor, di tempat umum, dan dimanapun, kertas akan sangat mudah untuk ditemukan.

Akan tetapi tahukah Anda bagaimana porses untuk membuat sebuah kertas? Kita memang sering mendengar bahwa kertas terbuat dari kayu sebagai bahan bakunya.Akan tetapi kita belum tentu mengetahui atau justru memang belum mengetahui bagaimana sejatinya proses membuat kertas tersebut dilakukan sehingga bisa digunakan dan juga bisa diproduksi dalam jumlah yang begitu banyak melimpah.

Proses Pembuatan Kertas Secara Singkat Dari Kayu

Perlu Anda ketahi bahwa masyarakat jaman dahulu membuat kertas dengan cara manual karena memang belum mengenal teknologi canggih dan mesin yang canggih. Akan tetapi sekarang ini dengan makin banyak ditemukan teknologi yang mutakhir, bahkan dalam pembuatan kertas pun mulai bergeser cara caranya menjadi lebih modern.

Bahan baku kertas

Sebelum kita mengetahui mengenai cara membuat kertas, Anda perlu mengetahui beberapa bahan yang sering digunakan untuk membuat kertas. Diantaranya adalah kayu, bambu, kulit binatang, dan papirus yang dijadikan sebagai bahan baku pembuatan kertas. Akan tetapi ada pula yang membuat kertas dengan bahan kertas bekas.

Ini bisa dilakukan akan tetapi nantinya proses membuat kertas ini menjadi lebih mudah dan lebih simpel. Sedangkan untuk hasil, tentu saja kertas dari bahan ini akan memiliki kualitas yang tidak lebih baik dibandingkan dengan kertas dari bahan lainnya. sebelumnya, mari kita mengenali bahan bahan kertas dan alasan bagaimana bisa dijadikan sebagai bahan pembuat kertas.

1. Kayu Berserat

Sebenarnya jenis kayu apapun bisa dijadikan sebagai bahan baku untuk membuat kayu dengan catatan kayu tersebut memiliki serat yang banyak. Karena kayu dengan serat yang banyak akan memudahkan porses dan hasilnya akan membuat kertas menajdi kuat dan tidak mudah robek. Selain itu, syarat lain dari kayu yang digunakan untuk membuat kertas adalah memiliki kandungan air yang sedikit.

2. Bambu

Bambu adalah salah satu jenis tanaman yang juga bisa dijadikan bahan membuat kertas. Bambu ini sangat mudah di temukan di kawasan Asia karena memang hanya mampu hidup dalam iklam di kawasan Asia. Selain itu, bambu juga memiliki patokan harga yang lebih murah sehingga lebih sering di gunakan sebagai bahan untuk membuat kertas.

3. Papirus

Papirus adalah jenis pohon yang hanya bisa ditemukan di kawasan yang memiliki tepi dan lembah sungai Nil. Papirus ini dulunya digunakan sebagai bahan untuk membuat kertas terutama oleh bangsa Mesir Kuno sekitar 3500 SM.

4. Kulit binatang

Kulit binatang juga menjadi salah satu bahan yang digunakan untuk membuat kertas. Akan tetapi memang kadar penggunaannya tidak sebanyak bahan lain. biasanya kulit binatang yang digunakan untuk membuat kertas adalah kulit domba. Karena kulit domba memiliki kriteria yanng sesuai dan juga sangat mudah untuk didapatkan di beberapa bagian negara.

5. Kotoran gajah

Baru baru ini diketahui bahwa kotoran gajah juga mampu dijadikan sebagai kertas. Strukturnya yang kaya akan serat membuat kotoran gajah bisa untuk dijadikan kertas bahkan dengan cara cara sederhana. Penemuan ini ditemukan oleh Taman Safati Indonesia yang mempu membuat kertas dari kotoran gajah.

Proses pembuatan kertas

Lalu bagaimana cara membuat kertas dengan berbagai bahan bahan diatas? Seperti yang telah dijelaskan bahwa jaman dulu cara cara yang dilakukan masih begitu sederhana tanpa menggunakan alat alat tertentu. Dan tentu saja bisa kita bayangkan bahwa proses membuat kertas dulu sangat merepotkan dan akan membutuhkan waktu yang lama. Akan tetapi sekarang ini sudah tidak lagi.

Membuat kertas sudah bisa dilakukan dengan mudah karena ada begitu banyak teknologi canggih yang mampu diproduksi. Salah satunya ialah berfungsi untuk menghasilkan kertas yang akan berguna untuk banyak sekali aktivitas sehari hari masyarakat. Beberapa tahap berikut ini adalah tahapan yang harus dilalui untuk bisa membuat kertas. Tahapan berikut ini dijabarkan terutama untuk membuat kertas dengan bahan kayu.

“Kayu ditebang secara batangan atau sering dikenal dengan sebutan log. Kayu yang telah ditebang nantinya akan didiamkan selama beberapa bulan dalam rangka untk menjaga kelembapannya dan juga menghilangkan kandungan air didalamnya Setelah dirasa cukup, nantinya kayu akan dikupas bagian kulitnya kemudian baru dipotong menjadi kecil kecil

Kayu yang sudah dipotong kecil kecil kemudian diproses hingga menjadi serpihan sebesar korek api Selanjutnya serpihan kayu tersebut nantinya akan dihancurkan ke dalam sebuah tangki raksasa. Sehingga dengan dibuat serpihan, porses penghancuran ini akan semakin mudah dan cepat. Kayu akan dihancurkan hingga menjadi sangat lunak menyerupai kapas. Dengan begitu bisa kita bayangkan bahwa proses ini akan membutuhkan tekanan dan juga suhu panas yang begitu besar.

Tekstur kayu yang menjadi lunak ini dikenal dengan sebutan pulp atau bubur kertas. Bubur kertas yang sudah jadi akan dikeluarkan kemudian dicampur dengan air sebanyak 90% dari kapasitas bubur kertas atau pulp tadi. Nantinya bubur kertas yang sudah diproses akan dibentangkan dalam sebuah mesin kemudian diayak dan diperas. Proses ini dilakukan untuk mengeluarkan air yang berlebih pada bubur kertas.

Selanjutnya bubur kertas tadi akan melewati alat yang akan membuatnya menjadi lebih berserat dan memiliki jalinan serat yang kuat dan saling terkait. Prosesnya dilakukan dengan mesin penggulung yang dipanaskan dari dalam dan kemudian keluar menjadi gulungan kertas raksasa.Gulungan kertas ini kemudian akan dipotong menjadi lembaran kecil sesuai dnegan ukuran yang dikehendaki”

Itulah beberapa tahap yang akan dilakukan dalam membuat sebuah kertas. Metode dan cara yang hampir sama juga dilakukan untuk membuat kertas dari kertas bekas. Malah justru proses ini mungkin akan lebih mudah. akan tetapi untuk kualitasnya kertas berbahan kertas bekas ini kurang diminati. Karena hasilnya akan membuat kertas menjadi warna yang buram dan tidak putih bersih seperti kertas baru.

Sehingga minatnya sangat sedikit bahkan cenderung tidak ada, Melihat bahwa kini kondisi lingkungan sudah sangat banyak kehilangan pohon yang ditebang dan dijadikan sebagai bahan kertas, tentunya membuat kita lebih sadar untuk menghargai lingkungan. Oleh karena itu kita bisa mulai menjaga lingkungan dengan mengurangi penggunaan kertas yang akan membuat banyak pohon pohon di tebang. Karena pada akhirnya yang akan merasakan kerugiannya adalah diri kita sendiri.