6 Penyebab Suami Selingkuh Menurut Islam Yang Harus Diketahui

Posted on

Membina bahtera rumah tangga memang tidak semudah apa yang dibayangkan oleh sebagian besar orang yang belum menikah. Menikah adalah salah satu hal sakral yang akan membuat kehidupan Anda akan terasa seperti memulai dari awal kembali. Mengapa dikatakan demikian? Karena seorang yang sudah menikah akan memiliki tanggung jawab dan peran yang lebih besar dibandingkan ketika dirinya masih sendiri. Seorang laki-laki menjadi seorang pemimpin yang diibaratkan nahkoda bagi sebuah kapal, sedangkan seorang perempuan akan menjadi seorang ibu yang kelak akan menentukan bagaimana nasib anak-anak mereka kedepannya.

Dalam membina bahtera rumah tangga memang dibutuhkan saling menguatkan antara satu dengan yang lain, sehingga dapat melewati segala cobaan dalam pernikahan. Tetapi pada kenyataanya, tidak sedikit para suami selingkuh dengan wanita lain yang hal tersebut pasti akan mengancam rumah tangganya dengan sang istri. Sebenarnya apa yang membuat para suami sering tergoda dengan wanita lain yang bukan mahramnya? Berikut merupakan 6 penyebab suami selingkuh menurut Islam yang akan menyakiti sang istri:

image by https://www.indexoncensorship.org

1. Kurangnya Iman

Hal yang paling utama dalam setiap permalahan rumah tangga adalah kurangnya iman. Begitu pula dengan penyebab utama suami selingkuh dan berpaling dari sang istri adalah kurangnya Iman dari seorang suami tersebut. Bagi kita seorang muslim, iman memang merupakan hal yang harus kita tingkatkan setiap waktunya. Apabila iman kita berkurang atau menurun, maka setanlah yang akan menggoda kita yang akan menjerumuskan kita pada hal-hal yang dilarang oleh SWT.

2. Merasa Tidak Cocok Dengan Sang Istri

Dalam Islam memang telah diatur segala hal yang berkaitan dengan kehidupan manusia di muka bumi ini. Tidak terkecuali dengan memilih pasangan yang tepat, Islam telah memberikan ciri-ciri dan gambaran seorang dalam memilih pasangan agar tidak salah dalam memilih. Hal ini sangat erat kaitannya dengan ketidakcocokan ketika sudah berumah tangga. Ketidakcocokan terhadap istri bisa disebabkan karena memang terdapat perilaku istri yang menyimpang dari ajaran islam, atau bisa juga dikarenakan godaan atau bisikan setan. Oleh sebab itu, Islam menawarkan solusi sebelum menikah yaitu Ta’aruf sebelum menikah sehingga hal-hal semacam ini dapat dicegah.

3. Merasa Tidak Nyaman Ketika di Rumah

Rumah seharusnya merupakan satu-satunya tempat yang akan membuat kita tenang dan damai ketika berada di sana. Tetapi, apabila ketenangan dan kedamaian tersebut sudah tidak lagi kita rasakan, maka terdapat sesuatu yang salah di dalam rumah. Seorang istri memiliki kewajiban untuk selalu menghidupkan rumah yang mereka tempati dengan suaminya. Oleh sebab itu, peran istri dalam memberikan kenyamanan dan kedamaian kepada seorang suami sangat penting untuk dilakukan.

4. Kurangnya Komunikasi

Tidak jarang pasangan yang sudah menikah malah mengkurangi intensitas komunikasi dengan pasangan mereka. Hal ini merupakan salah satu hal yang sangat keliru untuk dilakukan, intesitas komunikasi setelah menikah merupakan salah satu kunci dalam keharmonisan rumah tangga. Komunikasi bukan hanya dapat meningkakan rasa sayang, tetapi juga menghidarkan terjadinya salah paham yang akan berdampak buruk bagi kehidupan rumah tangga.

5. Sikap Posesif yang Berlebihan dari Istri

Wajar memang jika istri selalu khawatir akan suami yang sering pulang malam atau sering tugas ke luar kota. Tetapi, apabila kekhawatiran seorang istri berlebihan, bahkan sampai membuat suami yang sedang bertugas tidak dapat fokus melaksanakan pekerjaannya, maka hal ini akan membuat sang suami merasa tidak nyaman, dan akan memicu sang suami mencari perempuan lain yang dianggapnya lebih mengerti dirinya.

6. Faktor Lingkungan Kerja

Lingkungan kerja juga merupakan salah satu penyebab sang suami terjerumus terhadap perselingkuhan dengan wanita lain. Hal ini tidak mengherankan, karena sebagian besar waktu suami akan dihabiskan di tempat kerjanya. Apabila seseorang tersebut tidak memiliki iman yang kuat, maka besar kemungkinan akan terjerumus pada suatu hubungan yang terlarang atau yang biasa kita sebut perselingkuhan.

Perselingkuhan menjadi salah satu hal yang menakutkan bagi setiap orang yang akan membina rumah tangga. Sebenarnya penyebab utama dalam perselingkugan adalah kurangnya iman dari seseorang yang melakukan selingkuh. Perlu kita ingat bersama bahwa setiap manusia di muka bumi ini tidak ada yang sempurna, cobalah untuk belajar melihat kelebihan dari pasangan kita yang tidak dimiliki orang lain, dan memaklumi segala kekurangannya. Karena hukum melakukan perselingkuhan dalam Islam adalah haram, dan hal tersebut sangat di benci oleh Allah SWT dan Rasul-Nya.

Loading...