Sebelumnya kehidupan dibumi bukanlah kehidupan semodern ini, dahulu nenek moyang hidup dan bertahan hidup dengan cara yang beragam. Zaman dahulu dikenal juga dengan nama zaman praaksara atau zaman prasejarah, dinamakan zaman praaksara karena manusia belum mengetahui aksara seperti sekarang ini, bahkan hidup mereka sangat sederhana tidak seperti sekarang ini.

Kehidupan sehari hari zaman praaksara tidak menetap, namun berpindah pindah untuk mendapatkan makanan. Zaman praaksara dibagi menjadi beberapa bagian, terbagi menurut geologi dan terbagi menurut akeologi. Seiring berjalannya waktu maka kehidupan manusia berubah ubah, mulai dari zaman praaksara yang sangat sederhana hingga zaman modern sekarang ini yang memiliki berbagai teknologi canggih didalamnya.

Pengertian Zaman Praaksara, Pembagian, dan Jenis Manusia Purba

zaman praaksara menurut geologi

Selain mengetahui pengertian zaman praaksara, perlu mengetahui lebih dalam tentang zaman praaksara menurut geologi yang terbagi beberapa bagian, yaitu :

  1. Zaman arkaezoikum
    Merupakan zaman awal mulanya bumi terbentu, pada zaman ini atmosfir dan indrorfer baru saja terbentuk, namun sudah muncul kehidupan primitive yaitu ganggang dan bakteri yang ada di samudera, dibuktikan dengan ditemukannya fosil cyanobacteria dan stromatolit yang berumur kurang lebih 3.500.000.000 tahun
  2. Zaman paleozoikum
    Sering disebut sebagai zaman primer, zaman ini berlangsung selama 340 juta tahun, untuk makhluk hidup yang ada pada zaman ini adalah ikn, ampibi, binatang tidak bertulang punggung, reptile dan micro organsme lainnya
  3. Zaman mesozoikum
    Merupakan zaman pertengahan yang berlangsung kurang lebih 140 juta tahun, pada zaman ini kehidupan reptile berkembang sangat pesat dan menyebar keseluruh wilayah
  4. Zaman neozoikum
    Merupakan zaman yang dibagi menjadi dua, yaitu zaman kuartier dan zaman tersier. Berlangsung kurang lebih 60 juta tahun. zaman ini merupakan zaman yang sangat penting karena munculnya keberadaan manusia. Dizaman ini banyak juga daratan yang tenggelam dan daratan yang kembali muncul, pada zaman ini muncul nenek moyang yang cerdas yang kita kenal sebagai homo sapiens.

Zaman praaksara menurut akeologi

Selain zaman praaksara menurut geologi, ada juga zaman praaksara menurut akeologi, terbagi menjadi beberapa bagian, yaitu :

1. Zaman batu

Merupakan zaman yang menggunakan alat dari batu, walaupun ditemukan juga alat lainnya yang terbuat dari kayu dan tulang. Pada zaman batu ini terbagi juga menjadi tiga bagian, hal ini bisa dilihat dari bentuk batu yang berbeda dari zaman batu tersebut. zaman batu yang pertama adalah batu tua atau dikenal dengan nama palaeolithikum, yaitu zaman yang sudah menggunakan alat terbuat dari batu, namun belum diasah sehingga bentuknya sederhana dan kasar. Sedangkan alat lainnya yang digunakan selain batu kasar adalah tulang dan alat serpih. Pada zaman ini manusia hidup dengan zara berburu dan meramu.

Zaman batu yang kedua adalah zaman batu tengah madya atau dikenal juga dengan nama zaman mesolithikum, merupakan zaman peralihan, alat alat yang terbuat dari batu mulai tampak halus dari zaman sebelumnya, pada zaman ini manusia sudah hidup di gua dan sudah mengenal seni, yaitu gambar yang sering ditemui di gua, selain itu manusia juga sudah mengenal bercocok tanam dan berladang. Dan zaman batu yang ketiga adalah zaman batu muda atau Neolithikum, merupakan zaman yang sudah mengenal alat dari batu dan membuatnya secara halus, bentuk lebih sempurna dibanding zaman sebelumnya, manusia juga sudah mengenal bercocok tanam, berladang dan bersawah, kehidupan sudah menetap dan berkelompok, pada zaman ini manusia juga sudah mengenal kepercayaan animisme dan dinamisme.

2. Zaman logam

Pada zaman logam ini alat alat yang terbuat dari batu masih digunakan, namun alat alat yang terbuat dari logam mulai dikenal dan banyak digunakan dibanding dengan alat alat yang terbuat dari batu. Di luar Indonesia mengalami zaman logam yang terbagi menjadi tiga fase, yaitu zaman tembaga, perunggu dan zaman besi. Namun di Indonesia zaman logam dikenal juga dengan zaman perunggu, karena Indonesia tidak mengalami zaman tembaga.

Alat alat dari perunggu dan besi masuk secara bersamaan tanpa adanya zaman tembaga terlebih dahulu. di masa zaman perunggu ini untuk teknik pembuatan suatu barang menggunakan dua teknik atau cara, yaitu teknik cetak hilang dan teknik cetak ulang, untuk barang barang peninggalan dari zaman ini antara lain moko, nekara, kapak corong, dan arca. Sedangkan pada zaman besi peninggalan yang dijumpai pada zaman ini adalah mata tombak dan mata panah.

Periodesasi zaman pra aksara

Untuk periodesasi zaman praaksara bisa dilihat dari corak kehidupan yang ada, berikut ini adalah periodesasi zaman pra aksara berdasarkan corak kehidupan, yaitu :

  • Masa berburu dan mengumpulkan makanan dengan cara yang sederhana
    Pada zaman ini manusia berburu dan mengumpulkan makanan, dengan menggunakan alat yang terbuat dari tulang, kayu, contohnya perimbas yang digunakan untuk menguliti kulit binatang. Pada zaman ini manusia tinggal didekat sumber mata air seperti sungai.
  • Masa berburu dan mengumpulkan makanan pada tingkatan lanjutan
    Pada zaman ini alat yang digunakan adalah serpih buah, alat yang terbuat dari tulang, dan kapak genggam. Untuk kehidupan sudah berkelompok dan sudah hidup didalam gua.
  • Masa bercocok tanam
    Pada zaman ini manusia sudah berjenis homo soloensis yang sudah berladang namun belum menetap. Namun anda juga akan menemui perkampungan kecil pada zaman ini, untuk alat yang digunakan merupakan alat yang terbuat dari batu yang sudah dihaluskan, dizaman ini manusia juga sudah memiliki alat seperti beliung persegi untuk menebang kayu dan mencangkul, kapak lonjong untuk mencangkul, juga sudah ada gerabah. Pada zaman ini manusia juga sudah mengenal kepercayaan.
  • Masa pertukangan atau perundagian
    Manusia sudah mengenal pertanian, bercocok tanam, dan peternakan. Untuk tempat tinggal sudah menetap dan membuat semacam perkampungan yang besar. Untuk jenis manusia yang hidup pada zaman ini adalah homo sapiensis yang sudah cerdas. Sedangkan alat alat yang digunakan berjenis logam, solidaritas yang tertanam dalam zaman ini juga sangat tinggi.

Selain mengetahui pengertian, jenis dan pembagian zaman, anda juga perlu mengetahui jenis jenis manusia purba zaman dahulu yang ada di Indonesia. Di zaman dahulu manusia purba sudah ditemukan di Indonesia khususnya di pulau jawa. Penemuan manusia purba ini berada di lembah sungai Brantas Jawa Timur, lembah sungai Bengawan Jawa Tengah, dan masih banyak lagi tempat lainnya yang ditemukan keberadaan panusia purba.

Jenis jenis manusia purba yang ada di Indonesia antara lain Meghantropus paleojayanicus, merupakan manusia purba yang paling tua. kedua adalah manusia purba pithecanthropus erectus, merupakan manusia yang berbentuk seperti kera namun berjalan secara tegak, memiliki tinggi badan antara 165 hingga 180 cm. dan selanjutnya adalah jenis manusia purba dengan nama homo, homo disini di sebut sebagai manusia purba yang lebih sempurna menyerupai manusia seperti sekarang ini, homo dibagi menjadi beberapa jenis, antara lain homo soloensisi, homo wajakensis, dan homo sapiens