10 Palung Terdalam di Indonesia Yang Sangat Perlu Diketahui

Posted on

Indonesia adalah negara yang memiliki ragam kepulauan, wilayah Indonesia memiliki laut yang lebih luas dibanding dengan daratan. Letak Indonesia diantara lempengan benua Asia dan Australia, maka jangan heran didalam laut Indonesia memiliki beragam topografi, seperti palung, lubuk, hingga gunung berapi. Topografi laut dibagi menjadi beberapa macam karena laut memiliki kedalaman dan bentuk yang beragam. Kedalaman laut yang terdalam adalah palung, memilki bentuk yang mengerucut membentuk angka V dan memiliki tepian terjal, sedangkan lubuk adalah merupakan kedalaman laut terdalam namun membentuk angka U atau bulat, permukaan dari lubuk lebih lebar dibanding dengan palung.

Adanya palung dan lubuk ini diakibatkan oleh pertemuan serta pergesekan tiga lempeng besar benua, yaitu lempeng Pasifik, lempeng Samudera Hindia dan lempeng Australia. Palung dan lubuk sama- sama disebut sebagai jurang yang ada di dasar laut, Indonesia memilki beberapa lubuk, seperti lubuk Sulu, lubuk Sulawesi, lubuk Talaud, lubuk Sawu, lubuk Jawa, lubuk Selayur, dan masih banyak lagi lubuk lainnya yang ada di Indonesia . Dan untuk palung di Indonesia memiliki beberapa palung terdalam di Indonesia, bahkan palung Indonesia memiliki panjang hingga ribuan kilometer.

palung terdalam di indonesia

1. Palung Mindanao

Palung Mindanao merupakan palung yang terpanjang dan terdalam, terletak di sebelah timur Filipina. Memiliki panjang hingga 1. 320 kilometer dan kedalaman hingga 10.540 meter. Pulau ini memang tidak berada jauh dari Filipina, namun masih masuk kedalam wilayah Indonesia, karena menyentuh sekitar pulau Halmahera. Munculnya palung ini karena diakibatkan oleh tabrakan antar lempeng dengan kecepatan 16 cm pertahunnya.

2. Palung Weber

Merupakan palung dengan kedalaman 7. 440 meter dan lebar 150 km. palung ini terletak di antara busur luar dan dalam dari Banda. Palung Weber ini merupakan palung terdalam nomor dua di Indonesia setelah palung Mindanao. Palung ini terletak di negara Indonesia bagian timur yang mana diakibatkan oleh tumbukan antara dua lempeng dengan lempeng Samudera pasifik dari arah timur, dan membentuk palung yang memiliki kedalaman hingga 7 kilometer.

3. Palung jawa

Dikenal juga dengan nama palung Sunda, memiliki kedalaman dengan rata- rata 7. 140 meter, dan memiliki pandang 2.600 meter. Palung Jawa merupakan palung yang paling terdalam nomor tiga setelah palung Mindanao dan palung Weber. Palung jawa ini terjadi diakibatkan oleh gerak konvergen atau gerakan saling menumbuk diantara lempeng, terjadi karena gerak konvergen diantara lempengan IndoAustralia dengan lempengan Eurasia, dan mengakibatkan terjadinya fenomena bentuk palung dalam jangka waktu yang lama.

4. Palung Buton

Merupakan palung yang memiliki kedalaman dengan rata- rata 4. 180 meter, palung ini ada di sekitar wilayah Buton

5. Palung Sangihe

Palung ini terletak di laut Maluku, merupakan palung yang berada di batas antara Lempeng Eurasia, lempeng Indo- Australia, dan lempeng Laut Filipina. Lempeng Sangihe memiliki kedalaman rata- rata 3.850 meter.

6. Palung Taulad

Palung Taulad ini adalah palung yang memilki kedalaman rata- rata 3. 450 meter, letak dari palung ini di sebelah utara laut timur Sulawesi Utara, berbatasan dengan profinsi Filipina pada bagian utaranya.

7. Palung Ternate

Palung Ternate adalah palung yang memiliki kedalaman hingga 3. 450 meter, palung ini terletak di sebelah utara Maluku Utara.

8. Palung Timor

Palung Timor adalah palung yang terletak di laut Timor, berbatasan dengan Timor- Timor juga Australia pada bagian selatannya. Memiliki kedalaman 3. 310 meter.

9. Palung Makassar

Palung Makassar ini memiliki kedalaman hingga 2. 540, terletak di perbatasan pulau Kalimantan dan pulau Sulawesi.

10. Palung Parangtritis

Ada banyak larangan seseorang berenang di pantai atau laut, karena ada sebab yang bisa saja membuat nyawa bahaya. Salah satu pantai yang melarang pengunjungnya berenang di pantai adalah pantai Parangtritis Yogyakarta, ternyata disini terdapat palung yang sangat berbahaya jika ada pengunjung yang berenang dan terbawa arus ombak. Walaupun palung Parangtritis termasuk palung kecil, namun bahaya palung ini sangat nyata, karena berdekatan dengan daratan.