10 Palung Terdalam di Dunia Yang Luar Biasa Menakjubkan

Posted on

Di dunia ini lautan lebih luas dibanding daratan, oleh sebab itu perlu mengetahui lebih dalam tentang topografi yang ada di laut. Topografi yang ada di laut memiliki beragam bentuk, seperti palung, lubuk, hingga gunung berapi. Palung laut dan lubuk laut merupakan jurang yang ada di laut, namun palung laut memiliki bentuk yang lebih tajam dan mengkerucut seberti bentuk huruf V, sedangkan lubuk laut memiliki dasar yang lebih luas dan menyerupai berbentuk U. Palung laut muncul karena disebabkan oleh tumbukan antara lempeng satu dengan lempeng lainnya hingga akhirnya mengalami pergeseran atau jatuh ke bawah. Panjang dari palung didunia ini beragam, namun anda bisa menemukan panjang palung hingga kedalaman 10.000 kilometer lebih. Ada 10 palung terdalam di dunia yang perlu diketahui.

Kedalaman Lubuk yang ada dilaut bahkan lebih dalam dibanding dengan permukaan tinggi atau gunung tertinggi didunia, yaitu Himalaya. Palung dikenal juga sebagai jurang yang ada didasar laut, karena bentuknya yang memanjang kesamping dan kedalam, untuk palung yang paling dalam adalah palung Mariana. Di kedalaman yang sangat dalam tersebut hanya ada beberapa makhluk kecil saja yang mampu bertahan hidup, dan kebanyakan hewan yang mampu hidup dalam kedalaman laut tersebut merupakan hewan yang tidak dikenal oleh manusia. Perlu diketahui bahwa tekanan didalam kedalaman palung ini lebih besar 1000 kali lipat dibanding dengan tekanan yang ada di permukaan.

palung mariana

1. Palung Mariana

Palung Mariana adalah palung paling dalam yang ada didunia, bahkan lokasi terdalam dari palung ini ada di kerak bumi. Letak palung mariana ada di dasar laut Samudera pasifik, tepatnya di kepulauan Mariana. Palung ini adalah batasan bertemunya lempeng pasifik dan lempeng Filipina. Untuk kedalaman palung ini ada 10.911 meter.

2. Palung Tonga

Palung Tonga merupakan palung yang berada di Selatan Samudra pasifik, palung Tonga ini memanjang dari utara timur laut kepulauan Kermadec dan pulau utara Selandia Baru. Memiliki kedalaman 10. 882 meter atau 35.702 kaki. Untuk titik kedalaman palung ini dikenal dengan nama Deep Horizon. Perlu diketahui bahwa palung ini berada di ujung zona subduksi Kermadec- Tonga, palung ini memanjang mulai dari utara timur laut kepualauan Kermadec utara dari pulau utara Selandia Baru.

3. Palung Filipina

Disebut juga dengan palung Mindanao Deep, letak dari palung ini di sebelah timur Filipina. Palung ini memiliki panjang 1.320 km serta lebar 30 km. Palung ini memanjang ke tenggara Halmahera Indonesia. untuk kedalaman palung ini adalah 10. 540 meter. Munculnya palung ini disebabkan oleh lempeng tektonik Philipine Sea Plate bersubduksi dengan sabuk Mobile Filipina.

4. Palung Kuril

Merupakan palung yang memiliki kedalaman hingga 10.542 meter. Panjang dari palung Kuril ini dimulai dari tiga persimpangan patahan Ulakhan, ke utara palung Aleutian hingga palung selatan Jepang. Terbentuknya palung ini disebabkan oleh zona subduksi pada zaman kapur yang berakhir.

5. Palung Kermadec

Palung Kermadec merupakan palung yang memiliki kedalaman hingga 10. 047 meter atau setara dengan 32.963 kaki. Munculnya palung ini disebabkan oleh subduksi dari lempeng pasifik dibawah lempeng Indo Australia.

6. Palung Japan

Palung Japan merupakan palung yang ada di Samudera Pasifik dan dekat dengan negara Jepang. Pulau Japan ini memiliki kedalaman hingga 9.000 meter atau setara dengan 29.527 kaki.

7. Palung Puerto Rico

Palung Puerto Rico merupakan palung yang memilki kedalaman hingga 8.605 meter atau 28. 232 kaki. Lokasi dari Palung ini ada di Samudera Atlantik

8. Palung Yap

Palung Yap ini merupakan palung yang berlokasi di Samudera Pasifik, memiliki kedalaman 8, 527 meter atau 27.976 kaki.

9. Palung South Sandwich

Palung ini terletak di samudera Atlantik, memiliki kedalaman hingga 8,428 meter atau 27,651 kaki

10. Palung Peru- Chile

Merupakan palung yang berlokasi di Samudera pasifik dekat dengan Peru Chile, palung ini memiliki kedalaman 8,065 meter atau 26, 456 kaki. Palung ini juga dikenal dengan nama palung Atacama.