10 Mitos Jawa Agar Cepat Hamil Bagi Pasangan Suami Istri Yang Terbukti

Posted on

Orang Jawa terkenal dengan kepercayaan akan warisan mitos dari nenek moyangnya. Salah satunya mitos Jawa agar cepat hamil khusus bagi pasangan suami istri. Mitos tersebut dapat dibilang benar atau tidak benar tetapi masih banyak pula masyarakat yang mempercayainya. Di jaman sekarang, mitos tersebut menjadi sebuah kebudayaan masyarakat Jawa yang masih dijaga. Karena masyarakat percaya bahwa berbagai mitos dari nenek moyangnya adalah benar.

Pada umumnya, masyarakat masih mengadakan ritual atau acara tertetnu yang sudah ada sejak dahulu hingga sekarang. Pasalnya, kebiasaan yang sudah dilakukan secara rutin, bila tidak dilakukan akan menyebabkan hal yang tidak diinginkan yang dapat menimpa masyarakat tersebut. Terkadang sebuah mitos yang terdapat di masyarakat sudah eksis dan melekat di masyarakat meskipun secara ilmiah tidak dapat dirasional.

Itulah yang namanya mitos yang terkesan mistis dan kuno serta susah dibuktikan secara ilmiah tetapi bila tidak dilakukan memang terdapat imbas yang dirasakan oleh masyarakat. Ada berbagai mitos yang dimiliki masyakarat Jawa. Bagi Anda generasi muda tidak boleh percaya begitu saja akan mitos yang beredar di masyarakat bila tidak dapat dibuktikan secara ilmiah.

Meskipun begitu, generasi muda harus tetap menghormati dan menghargai kepercayaan yang sudah lama dipercaya masyarakat seperti mitos Jawa agar cepat hamil. Mitos agar cepat hamil terdapat beberapa mitos yang masuk akal dan dapat dibuktikan secara ilmiah tetapi banyak juga yang tidak. Berikut ini adalah mitos agar cepat hamil yang dipercaya masyarakat Jawa.

Mitos Jawa Agar Cepat Hamil

1. Mengadopsi anak 

Mitos yang terdapat di masyarakat Indonesia terutama orang Jawa masih banyak yang mempercayainya. Salah satu mitos yang masih dipercaya masyarakat Jawa yaitu tentang cepat hamil untuk pasangan istri. Mitos yang pertama yaitu agar cepat memiliki keturunan dengan cara mengadopsi anak. Mungkin banyak orang yang percaya masih mengadopsi anak dapat mempercepat kehamilan. Secara ilmiah hal tersebut sulit dibuktikan secara konkrit akan tetapi mengadopsi dapat membuat istri memiliki kondisi secara psikologi dapat membuat lebih bahagia.

Kebahagiaan seorang istri akan membuat dirinya mudah memperoleh keturunan. Kondisi yang psikologis yang bahagia membuat seorang istri lebih subur dan sehat. Hal tersebut akan membuat hormone di dalam tubuh bekerja dengan baik termasuk hormone yang berperan dalam proses reproduksi. Bagi Anda yang belum memiliki anak dan percaya akan mitos ini dapat mencobanya. Akan tetapi, semua tergantung dari pasangan suami istri tersebut.

2. Meminta diinjak pada jempol kaki oleh wanita hamil 

Mitos kedua terkait cara cepat hamil yaitu meminta diinjak jempol kaki oleh wanita yang sedang hamil. fakta terkait mitos ini tidaklah benar karena susah dibuktikan secara ilmiah. Oleh karena itu, mitos ini tidak benar tetapi terkadang masih ada masyarakat yang percaya.

3. Menengok bayi yang baru lahir dan mengambil popok si bayi 

Mitos yang ketiga untuk cepat hamil yaitu menjenguk bayi yang baru lahir dan mengambil popok bayi. Kemudian, jika sudah positif hamil, popok bayi dikembalikan lagi pada yang punya. Anda bisa percaya atau tidak adalah hak Anda. Akan tetapi, terkadang mitos ada yang benar dan ada yang tidak.

4. Menggendong anak kecil agar sering dikencingi 

Apa hubungan antara dikencingi bayi dengan cepat hamil? Terkadang suatu hal yang dipercayai oleh masyarakat tidak dapat dinalar secara rasional. Akan tetapi, sudah banyak masyarakat yang mempercayai hal semacam itu. Sebuah kepercayaan yang ada di masyarakat sangat di jaga masyarakat apalagi sebuah upacara atau kebiasaan yang harus selalu dilakukam bila tidak akan menyebabkan malapetaka. Jika, hal tersebut dipercayai masyarakat seolah-olah itu hal nyata yang benar-benar terjadi.

5. Meminum teh hijau 

Mitos agar cepat hamil yang kelima yaitu minum teh hijau. Mitos meminum teh hijau dimungkinkan ada benarnya juga. Berdasarkan penelitian teh hijau banyak mengandung zat antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesuburan sel, salah satunya sel telur. Dengan demikian, untuk menjaga kesuburan sel telur pada isatri yang ingin memiliki anak dapat meminum tehi hijau. Akan tetapi, terdapat aturan pemakaian teh hijau yang perlu Anda tahu yaitu tidak boleh meminum teh hijau lebih dari 225 mL setiap hari. Jika Anda ingin cepat hamil dapat mengonsumsi teh hijau sesuai aturan untuk menjaga kesuburan sel telur.

6. Menentukan posisi hubungan badan yang tepat 

Mitos agar cepat hamil yang berikutnya yaitu menentukan posisi hubungan badan yang tepat. Mungkin mitos ini ada benarnya juga. Karena ada berbagai macam posisi dalam berhubungan badan suami istri yang dapat mempercepat kehamilan. Posisi yang semakin dekat dengan tuba falobi maka kemungkinan besar lebih mudah hamil dibandingkan posisi hubungan badan yang lainnya.

7. Adanya lubrikan yang dapat membantu sp3rma menuju ke sel telur lebih cepat 

Apa itu lubrikan? Lubrikan merupakan semacam mucus yang terdapat di tubuh manusia seperti pada perempuan. Perlu Anda ketahui bahwa mucus terdapat banyak jenisnya seperti air liur, mucus serviks. Keduanya adalah jenis lubrikan tetapi yang dimaksudkan lubrikan yang dapat mempercepat kehamilan yaitu mucus serviks. Mucus serviks sangat membantu sp3rma untuk berenang menuju sel telur. Dengan demikian, mitos ketujuh terdapat benarnya pula untuk mempercepat kehamilan.

8. Meminum obat batuk dalam sediaan sirup 

Obat batuk sediaaan sirup yang mengandung guaifenesin yang membantu lapisan mucus lepas yang terdapat di paru-paru. Senyawa guaifenesin memiliki kemampuan melepas lapisan mucus. Salah satu mucus yang berperan dalam pembuahan yaitu mucus servik. Mucus servik membantu sel sperma menuju sel telur menjadi lebih mudah.

Penelitian ini sudah ada dan menunjukkan bahwa senyawa guaifenesin dapat membantu mempercepat sel sperma menuju sel telur sehingga lebih mudah terjadi pembuahan. Akan tetapi, perlu Anda tahu bahwa tidak semua obat batuk sirup mengandung guaifenesin. Namun, bila Anda meinum obat batuk yang mengandung senyawa tersebut konsultasikan pada dokter terlebihb dahulu.

9. Berbaring setelah melakukan hubungan badan

Berbaring setelah melakukan hubungan badan dapat membantu mempercepat kehamilan. Jika dipikir secara rasional berbaring seusai hubungan badan dapat mencegah keluarnya cairan semen dari alat kelamin wanita. Oleh karena itu, mitos yang kesembilan ada benarnya untuk mempercepat hamil.

10. Mengonsumsi taoge 

Mitos yang masih dipercaya masyarakat Jawa agar cepat hamil yaitu mengonsumsi taoge. Menurut sumber bahwa sayur taoge sangat bagus untuk menjaga kesuburan sel telur karena dapat meningkatkan hormone reproduksi wanita. Oleh karena itu, mengonsumsi taoge mitos yang dapat dibuktikan secara rasional.

Demikian tentang mitos agar cepat hami bagi pasangan suami istri yang masih dipercaya oleh masyarakat Jawa. Berbagai mitos yang telah dijelaskan memiliki kebenaran dan tidak ada kebenaran karena sulit dinalar secara rasional. Anda dapat percaya atau tidak terkait mitos tersebut. Akan tetapi menghargai dan toleran terhadap perbedaan itu yang terbaik dibandingkan berseberangan dengan masyarakat terkait mitos yang sudah dipercaya masyarakat secara turun temurun.