10 Masjid Terindah dan Termegah di Asia Tenggara Yang Menakjubkan

Posted on

Dikatakan sebagai ikon kebudayaan suatu daerah, Masjid tentunya tak lepas dari budaya bagi masyarakat Muslim di wilayah Asia Tenggara, yang khususnya yaitu di Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei, Thailand hingga Filipina. Di kawasan Asia Tenggara merupakan kawasan dengan penduduk mayoritas Muslim terbesar di dunia yang berjumlah kurang lebih 240 juta penduduk yang memeluk agama Islam atau sekitar 42% penduduk di Asia Tenggara merupakan beragama Islam. Hal ini juga ditandai dengan adanya bangunan Masjid yang megah dan indah yang terdapat di kawasan Asia Tenggara yang tentunya menambah kekaguman bagi umat Muslim untuk beribadah dengan bangunan yang besar.

Mungkin banyak yang belum mengetahui bahwa di Asia Tenggara memiliki banyak sekali Masjid yang berdiri dengan megah dan indah yang tentunya tak kalah dengan Masjid di luar negeri. Dan berikut beberapa daftar Masjid terindah dan termegah di Asia Tenggara yang telah dirangkum :

1. Masjid Istiqlal, Indonesia

Masjid Istiqlal, Indonesia

Masji yang berlokasi di Ibukota Jakarta ini dapat menampung kapasitas sebanyak 200.000 jamaah yang tentunya menjadikan Masjid ini sebagai Masjid terbesar di Asia Tenggara. Selain itu juga dilihat dari luar area bangunan dan juga lahan bisa dikatakan Istiqlal menjadi Masjid yang terbesar di Asia tenggara dan juga keempat di dunia dengan total lahan seluas 95.000 m2. Masjid yang diresmikan pada tahun 1978 ini dibangun sebagai ucapan syukur atas kemerdekaan Indonesia.

2. Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Filipina

Masjid Sultan Haji Hassanal Bolkiah, Filipina

Di Filipina terdapat suatu Masjid terbesar yang dapat menampung jamaah hingga 60.000. Masjid yang terletak di Cotabato City, Filipina ini mulai diresmikan pada tahun 2011 lalu. Dalam membangun Masjid ini, Filipina didanai oleh Hassanal Bolkiah of Brunei Darussalam yang biayanya menghabiskan total hingga US$48 juta yang memiliki tujuan untuk memberikan tempat beribadah yang layak bagi masyarakat beragam Muslim di Filipina Selatan.

3. Masjid Agung Surabaya, Indonesia

Masjid Agung Surabaya, Indonesia

Masjid ini diresmikan pada tahun 200 lalu. Dengan kapasitas yang dapat menampung hingga sebanyak 59.000 jamaah dengan luas lahan kurang lebih 18.800 m2 menjadikan Masjid ini dikatakan sebagai Masjid terbesar di Asia Tenggara. Pada menara Masjid terdapat lift yang terbuka untuk umum yang mana bisa digunakan untuk menikmati keindahan dari kota Surabaya yang tentunya pada malam hari akan jauh lebih cantik.

4. Masjid Islamic Center Samarinda, Indonesia

Masjid Islamic Center Samarinda, Indonesia

Masjid terindah dan termegah di Asia Tenggara selanjutnya masih datang dari Indonesia yang tepatnya di kota Kalimantan Timur. Masjid Islamic Center ini memiliki lahan area seluas 43.500 m2 yang mana dapat menampung jamaah sebanyak 40.000 jamaah. Dulunya, lahan Masjid ini merupakan lahan yang digunakan untuk pemotongan kayu PT Inhutani, namun pada akhirnya diberikan pada pemerintah setempat untuk difungsikan sebagai Masjid.

5. Masjid Agung Baiturahman, Indonesia

Masjid Agung Baiturahman, Indonesia

Masjid yang terletak di Aceh, Indonesia ini juga masuk sebagai Masjid temegah di Asia Tenggara. Masjid yang dibangun pada tahun 1881 ini dapat menampung jamaah sebanyak 30.000 jamaah. Musibah bencana alam yang terjadi pada tahun 2004 yang meluluhlantakan Aceh akibat tsunami besar tak membuat Masjid Baiturrahman hancur, dan terdapat ratusan orang yang selamat dari bencana alam tersebut karena berlindung didalam Masjid. Masjid Agung Baiturrahman pada akhirnya dijadikan ikon kebanggaan kota Aceh.

6. Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin, Malaysia

Masjid Tuanku Mizan Zainal Abidin, Malaysia

Masjid yang dikenal dengan Masjid Besi ini berlokasi di Putra Jaya, Malaysia. Dengan lahan area seluas 73.795 dapat menampung sebanyak 34.000 jamaah didalamnya. Pada tahun 2009, Masjid ini diresmikan oleh Yang Di Pertuan Agong Ruanku Mizan Zainal Abidin.

7. Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz, Malaysia

Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz, Malaysia

Masjid yang terletak di Shah Alam, Selangor, Malaysia ini dikenal juga sebagai Masjid Biru yang dikarenakan kubahnya yang berwarna biru cantik. Masjid ini diresmikan pada tahun 1988 yang didalamnya dapat menampung sebanyak 24.000 jamaah didalamnya. Tentunya dengan lahan yang dapat menampung banyak jamaah tersebut menjadikan Masjid Sultan Salahuddin Abdul Aziz ini sebagai Masjid terbesar di kawasan Asia Tenggara.

8. Masjid Sultan Omar Ali Syaefuddin, Brunei

Masjid Sultan Omar Ali Syaefuddin, Brunei

Banyak orang yang mengatakan bahwa Masjid Sultan Omar Ali Syaefuddin yang terletak di Brunei Darussalam ini tak nampak seperti Masjid, namun bagaikan istana yang dikarenakan kemegahannya. Hal unik yang ditemui dari Masjid ini yaitu terdapat pada kubahnya yang terbuat dari emas yang tentunya hal ini menambah kemegahan dari Masjid Sultan Omar Ali Syaefuddin. Tak hanya itu saja, Masjid ini berada di tepi sungai Kampung Anyer yang merupakan kampung di atas air. Masjid yang dibangun pada tahun 1958 ini menjadi salah satu Masjid termegah di dunia yang merupakan kepunyaan dari Kesultanan Brunei Darussalam. Pada bagian depan Masjid pengunjung akan merasa kagum dengan jembatan yang memiliki seperti perahu. Masjid ini memberikan kenyamanan bagi jamaah dengan adanya karpet tebal yang langsung didatangkan dari arab Saudi.

9. Masjid Sultan, Singapore

Masjid Sultan, Singapore

Masjid Sultan yang dibangun pada tahun 1819 menjadi salah satu Masjid tertua di Singapura. Masjid ini dibangun oleh Sultan Hussain yang terletak di kampung dengan masyarakat beragama Islam melayu. Jika dilihat lebih jauh, maka kita akan menemukan bahwa Masjid ini memiliki arsitektur Indonesia yang mana hal tersebut bisa dilihat dari aksen Jawa. Memanglah benar, karena Masjid ini didirikan oleh seorang pedagang yang beragama Muslim yang berasal dari daerah Jawa. Dengan kata lain, Masjid ini memiliki bentuk yang menyerupai atap limas dengan susunan tiga baris.

10. Masjid Crystal, Malaysia

Masjid Crystal, Malaysia

Salah satu Masjid kebanggaan masyarakat Malaysia yaitu Masjid Crystal. Sesuai dengan namanya, Masjid Crystal ini memiliki keunikan yang mana arsitektur bangunannya dibuat dari kaca, Kristal dan juga besi. Dikatakan bahwa Masjid Krystal ini merupakan Masjid pintar yang pertama di Malaysia, karena terdapat Wi Fi pada Masjid yang disediakan secara gratis bagi para jamaah. Masjid Cystal ini akan terlihat lebih cantik lagi ketika malam hari yang mana terdapat cahaya indah yang berasal dari lampu Masjid. Dengan luas yang mencapai 2.146 m2 ini menjadikan Masjid Crystal ini sangat pantas disebut sebagai Masjid termegah dan terindah di Asia Tenggara. Disarankan bagi yang ingin melihat kecantikan dari Masjid ini maka ada baiiknya untuk datang pada saat malam hari atau saat senja untuk bisa melihat kecantikan dari Masjid Crystal.

Itulah penjelasan tentang Masjid terindah dan termegah di Asia Tenggara yang telah diberikan. Pastinya dengan adanya keindahan Masjid ini menjadi salah satu hal yang perlu untuk dipelihara dan dijaga keindahannya agar tak rusak dan tetap menjadi Masjid yang termegah dan tercantik di Asia Tenggara.