10 Marketplace Yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia

Posted on

Pada dasarnya, di Indonesia khususnya.. sudah banyak terdapat toko online maupun website online yang menyediakan jasa atau media jual beli dengan sangat terpercaya dan dapat diandalkan untuk tempat kita menjual produk. Sehingga sekarang ini kita tinggal memilih memakai website atau toko online yang mana untuk berbisnis, ada banyak layanan yang diberikan. Mulai dari system pembayaran escrow ( rekber ), kredit tanpa kartu kredit, atau bahkan jual beli dengan free ongkir. Mudah bukan? Nah, kita akan memberikan contoh beberapa marketplace yang sering digunakan saat ini.

Marketplace Yang Paling Banyak Digunakan di Indonesia
1. Tokopedia.com

Tokopedia.com resmi dioperasikan ke public pada 17 agustsus 2009, website ini memberikan kita kebebasan untuk mendaftar dan mendapatkan sub domain. Sehingga kita bisa berjualan dengan template website yang sudah disediakan . untuk system pembayaran, website ini menggunakan system escrow yaitu menggunakan pihak ketiga atau sering disebut rekber ( rekening bersama ). Dan website ini menyediakan pilihan pengiriman yang lengkap dan system tracking yang detail, sehingga pembeli bisa melacak pembeliannya. Untuk dokumen lengkap, website ini menyediakan invoice untuk setiap transaksinya.

2. Bukalapak.com

Sepertihalnya tokopedia, bukalapak.com menyediakan pilihan yang hamper mirip dengan pesaingnya. Marketplace yang didirikan pada tahun 2010 ini didirikan oleh Achmad Zaky,memberikan perbedaan pada system pembelian. Buka lapak memberikan menu QUICK BUY, dimana pembeli bisa melakukan transaksi tanpa harus memiliki akun di bukalapak. Dan website ini saat ini sudah menjalankan kerja sama dengan para UKM untuk menjalankan bisnis mereka.

3. Lazada.co.id

Saat pertama kali kita membuka halaman lazada, kita disuguhi pilihan-pilihan menu yang komplit dan pilihan promosi yang dimana kita diharuskan untuk memasukkan kode voucher terlebih dahulu. Lazada.co.id ini tidak hanya terdiri dari seller dalam negeri saja, namun juga ada seller dari luar negeri.. yang tentunya kita bisa mendapatkan harga yang lebih murah langsung dari produsennya. Dan hebatnya lagi, untuk tiap transaki di marketplace ini kita bisa mendapatkan free jasa pengiriman walaupun dari luar negeri sekalipun.kita juga bisa membuka toko dengan sub domain website ini, tentunya dengan template yang sudah disediakan. Bagaimana? Anda tertarik dengan marketplace ini?

4. OLX.co.id

Anda pernah mendengan tokobagus.com dan berniaga.com? nah.. olx ini adalah gabungan dari kedua marketplace itu. Tentunya dengan memberikan fitur yang lebih bagus dan lengkap.

Berbeda dengan marketplace yang lainnya, OLX.co.id menyarankan kita untuk bertemu langsung dengan pembeli dan juga sebaliknya. Jadi kedua belah pihak bisa langsung berhubungan untuk transaki jual beli tersebut.kebanyakan pengguna marketplace ini menjual barang-barang bekasnya, dengan system search engine yang mumpuni.. website ini patut dicoba.

5. Shopee

FREE ONGKIR!!! Ini yang ada dibenak kita saat mendengar kata shopee.marketplace ini beroprasi menggunakan aplikasi yang bisa kita download di APPS STORE maupun PLAY STORE. Aplikasi ini menyediakan menu pesan instan yang memudahkan kita berkomunikasi antar penjual dan pembeli. Silahkan di download yaaa!!

6. Blanja.com

Join-venture antara Telkom Indonesia dengan eBay, marketplace ini memberikan banyak diskon kepada penggunanya. Website ini sudah bekerjasama dengan berbagai bank di Indonesia, sehingga memudahkan kita dalam bertransaksi.

7. Blibli.com

Ingin suasana belanja online tapi berasa di mall? Yup, anda tidak salah kalau memilih marketplace ini.Atau anda ingin membeli sebuah sepeda motor? Bisa kok.. mau pembayaran kredit resmi atau kredit melalui blibli.com? gampang…!! Apabila kita ingin membuka lapak di website ini, ita bisa mendaftar dengan mudah. Bahkan apabila anda berada di luar Indonesia, blibli.com menerima seller dari luar negeri juga loh. Sangat mudah bukan?

8. Akulaku.com

Marketplace yang berada di Malaysia ini ternyata banyak juga peminatnya di Indonesia lho.. Keunggulan utama marketplace ini adalah, kita bisa melakukan kredit tanpa kartu kredit secara bebas. Kebanyakan produk yang dijual adalah barang elektronik, dan system survey nya pun sangat mudah sekali. Jadi kalau anda bermimpi mempunyai smartphone dengan harga yang lumayan mahal? Tidak usah khawatir, ajukan kredit lewat marketplace ini.mudah, cepat dan bunga tidak terlalu tinggi.. anda sudah dapat smartphone impian.tapi jangan lupa yaaa.. setting dulu ke mata uang Rupiah. Selamat mencoba !

9. Carousell

Didirikan sejak 1 mei 2012 dan berpusat di Singapura, marketplace ini bisa dibilang mendominasi di Indonesia. Dengan slogan Snap to Sell, marketplace ini didominasi oleh penjual – penjual barang second hand. Yang tentunya masih layak pakai dan bahkan ada yang bermerek.Carousell ini hanya tersedia di aplikasi smartphone, jadi sangat simple penggunaan nya. Dengan system hashtag anda bisa mencari produk yang diinginkan. Jadi kalau anda mempunyai banyak barang beas yang masih berkualitas, silahkan buat akun di aplikasi ini. Mudah kok, selamat mencoba.

10. Kaskus.co.id

Didirikan pada 6 november 1999, web portal berbasis forum ini mempunyai lebih dari 6 juta pengguna dari seluruh dunia. Sub forum jual beli di kaskus ini pada awalnya hanya berupa postingan di menu forum tersebut dan mempunyai jasa layanan rekber ( saya tahu rekber juga dari kaskus lho )sehingga antar penjual dan pembeli bisa melakukan pembelian dengan aman ( pada waktu itu ) . dengan seiring waktu jasa rekber tersebut dihilangkan karena adanya beberapa factor, dan sekarang kaskus mempunyai halaman khusus untuk melakukan jual beli dengan system pembayaran yang disebut KasPay. KasPay beroprasi seperti E-wallet, sehingga transaksi lebih aman. Menurut saya , kaskus adalah media jual beli online yang menjadi legenda di Indonesia.

Nah itu adalah 10 marketplace yang sering digunakan di Negara kita, silahkan menggunakan semua layanan tersebut untuk membuka usaha anda. Marketplace diatas sangat ramah dengan google search, jadi tidak perlu khawatir apabila toko anda baru dibuka atau anda baru mengawali bisnis secara online. Selamat mencoba dan Sukses selalu !