10 Makanan Yang Dilarang Untuk Program Hamil dan Wajib Dihindari

Posted on

Kehamilan merupakan salah satu moment yang paling ditunggu oleh pasangan suami istri, dengan kehamilan maka keturunan atau anak akan segera diperoleh, yang mana akan menambah keharmonisan dalam rumah tangga. Namun tidak semua pasangan dengan mudah mendapatkan kehamilan, hal ini disebabkan oleh berbagai faktor, misal saja karena penyakit tertentu, adanya gangguan hormonal, gangguan dalam alat reproduksi, dan sebab lainnya.

Dan untuk anda yang benar- benar ingin segera hamil dan menggendong momongan maka anda bisa melakukan program hamil secepatnya, dalam program hamil ini hal yang paling penting diperhatikan adalah menghindari makanan yang dilarang untuk program hamil.

Makanan dan minuman tidak bisa sembarang dikonsumsi oleh calon ibu, karena hal ini bisa mengganggu proses kehamilan.Kita tahu bahwa disekitar kita ada banyak makanan dan minuman lezat namun tidak baik untuk kesehatan, begitu juga untuk ibu yang ingin segera hamil. Berikut ini beberapa jenis makanan yang dilarang untuk program hamil antara lain :

Makanan Yang Dilarang Untuk Program Hamil dan Wajib Dihindari

1. Jauhi makanan mentah

Ada banyak makanan didunia ini yang disantap secara mentah, misal saja di Jepang dan di Korea ada makanan jenis ikan dan daging yang disantap mentah lalu dicelupkan kedalam saus. Untuk anda yang sedang melakukan program kehamilan sebaiknya jangan mengkonsumsi makanan mentah, jauhi makanan mentah seperti ikan, karena didalam ikan mentah terdapat zat yang berbahaya untuk janin.

2. Hindari makanan yang mengandung merkuri 

Kita tahu bahwa merkuri merupakan zat yang sangat berbahaya untuk janin, bahkan merkuri yang ada pada bedak sangat beresiko dipakai oleh orang yang hamil. Untuk jenis merkuri yang ada pada makanan adalah sea food, jenis ikan berikut ini yang mengandung merkuri yang sebaiknya dihindari, yaitu marlin, todak, ikan hiu, makarel, tuna sirip biru, dan masih banya lagi lainnya.

3. Jauhi makanan yang mengandung karbohidrat olahan 

Untuk makanan yang mengandung karbohidrat olahan adalah makanan cepat saji, jika dikonsumsi maka bisa jadi akan mempengaruhi proses ovulasi. Untuk makanan yang bagus sebaiknya konsumsi kacang- kacangan, sayuran, biji- bijian, dan buah- buahan.

4. Kedelai 

Kedelain sebenarnya merupakan makanan yang memiliki bilai gizi bagus, namun untuk anda yang sedang melakukan program hamil sebaiknya hindari kedelai. Karena didalam zat kedelai terdapat zat yang akan mempengaruhi siklus haid.

5. Terong 

Selama ini kita mengenal terong sebagai makanan standar yang tidak memiliki dampak, namun ternyata didalam terong juga terdapat zat yang akan mempengaruhi proses obulasi.

6. Minuman bersoda 

Minuman bersoda sebenarnya tidak hanya berbahaya dikonsumsi oleh orang hamil saja, namun orang biasa jika sering mengkonsumsi soda maka akan memiliki tulang yang keropos. Didalam minuman soda juga terdapat zat yang akan menghalangi kehamilan.

7. Jauhi zat aditif MSG 

Kita mengenal sebagai penyedap rasa, banyak orang yang tidak menyukai masakan tanpa adanya MSG, namun taukah anda bahwa MSG sangat berbahaya, didalam kandungan MSG terdapat zat yang akan menghambat kesuburan, sehingga kehamilan akan sulit dilakukan.

8. Minyak trans 

Lemak memang dikenal tidak baik jika berlebihan, dan salah satu minyak yang sebaiknya dihindari untuk ibu yang sedang menjalankan program hamil adalah minyak trans. Minyak trans mampu mengurangi kesuburan, sehingga kehamilan akan sulit terwujud. Contoh dari minyak trans adalah minyak yang ada pada gorengan dan sudah digunakan berkali- kali.

9. Alcohol

Alcohol merupakan minuman yang tidak baik bagi kesehatan, bahkan orang sehat yang berlebihan mengkonsumsi minuman akan memiliki dampak buruk, apalagi jika dikonsumsi oleh wanita yang akan melakukan program hamil. Alkcohol zat yang akan menurunkan kadar hormone esterogen dan testostron, dimana akan menyebabkan proses ovulasi gagal.

10. Kafein 

Kafein kita kenal sangat bermanfaat dalam meningkatkan semangat, dengan mengkonsumsi kaefin maka kantuk dan lemas akan hilang. Namun Untuk anda yang sedang menjalankan program kehamilan alangkah baiknya absen dengan minuman kopi.

Dengan mengetahui makanan yang dilarang untuk program hamil diatas, maka bagi anda yang sedang melakukan program kehamilan bisa lebih mewaspadai akan beberapa jenis makanan yang berbahaya saat proses kehamilan, dan memulai mengkonsumsi makanan yang lebih bermanfaat untuk kehamilan.