8 Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar Pada Kulit

Posted on

Bekas luka di kulit tentu sangat ingin segera dihilangkan. Itulah mengapa banyak orang mencari solusinya. Ada banyak luka yang bisa terjadi dan meninggalkan bekas, salah satunya luka bakar. Ya, ketika kulit terbakar maka selain resep dari dokter ada juga solusi lain untuk mempercepat penyembuhan. Solusi yang bisa diterapkan pun sangat mudah, karena hanya tinggal mengkonsumsi makanan yang terbukti mampu mempercepat penyembuhan luka termasuk luka bakar.

Pasien luka bakar sangat dianjurkan untuk tetap makan. Jika hanya mengandalkan cairan infus, akan susah mendapatkan kesembuhan yang cepat. Namun tenang, ada beberapa makanan yang bisa menyembuhkan luka bakar. Kedelapan makanan ini bukan hanya terbukti mampu membuat luka yang terjadi cepat sembuh seperti semua.Namun, kedelapan makanan ini sangat baik untuk dijadikan salah satu metode penyembuhan karena sangat mudah didapatkan. Berikut beberapa makanan mempercepat penyembuhan luka bakar

Makanan Mempercepat Penyembuhan Luka Bakar

1. Kulit jeruk nipis

Jeruk merupakan buah yang dengan mudah ditemukan setiap hari. khusus untuk buah jeruk nipis, ternyata memiliki manfaat lain yang bisa dirasakan yaitu menyembuhkan bekas luka bakar. Perlu diketahui, jeruk dapat membantu proses penyembuhan bekas luka bakar karena mengandung vitamin C tinggi sehingga membantu proses regenerasi kulit.

2. Kedondong

Buah yang murah dan enak ini juga dapat membuat luka bakar cepat mengering. Buah kedondong sangat dianjurkan untuk dijadikan solusi mempercepat penyembuhan luka bakar karena mengandung zat besi, vitamin A, B dan C serta protein.

3. Buah mengkudu

Buah yang satu ini bahkan sudah lama dikenal dan digunakan sebagai makanan yang bisa menyembuhkan luka bakar. Hal ini disebabkan lantaran buah ini mengandung zat terpenoid yang sangat baik untuk menyembuhkan kulit yang terbakar. Kulit yang rusak saat terbakar akan teregenerasi dengan sangat baik saat orang yang mengalami luka bakar mengkonsumsi jus buah mengkudu dan juga menggunakan buah ini sebagai obat oles. Banyak orang yang telah membuktikan khasiat dari buah mengkudu ini. Walau rasanya tidak enak, namun jika rutin mengkonsumsi jusnya dan juga rutin mengoleskan buah mengkudu pada luka bakar maka kesembuhan akan segera didapat.

4. Pepaya muda

Lagi-lagi, buah juga menjadi makanan yang sangat baik untuk mempercepat luka bakar. Buah yang keempat adalah papaya muda. Namun untuk mempercepat penyembuhan luka bakar, yang dianjurkan adalah mengoleskan getah papaya muda. Getah papaya muda yang didapat dari kulit ini perlu dioleskan secara rutin pada kulit yang terbakar sehingga akan cepat sembuh dan tidak menimbulkan bekas luka. Untuk papaya yang matang, cukuplah dikonsumsi. Papaya juga baik untuk dikonsumsi sebagai penyembuh luka bakar karena mengandung vitamin C yang begitu tinggi.

5. Brokoli

Mengkonsumsi brokoli juga dapat mempercepat penyembuhan luka bakar. Hal ini disebabkan lantaran brokoli mengandung vitamin C yang cukup tinggi dan juga kandungan flavonoid yang kedua mengandung jaringan ikat dan sangat baik untuk bisa meregenerasi kulit yang terluka termasuk luka bakar.

6. Parprika

Sama halnya dengan brokoli, paprika pun mengandung vitamin C dan juga flavonoid yang sangat baik untuk menyembuhkan luka bakar. Namun perlu diingat, pemilihan paprika yang berkualitas dan masih segar harus diutamakan.

7. Almond

Makanan yang lezat ini ternyata juga bisa menolong untuk mendapatkan kesembuhan luka bakar yang cepat. Ya, almond kaya akan vitamin E yang sangat dibutuhkan. Kandungan vitamin E pada kacang almond akan membuat penyembuhan luka di kulit menjadi lebih cepat. Vitamin E juga bisa mencegah adanya bekas luka yang sulit dihilangkan. Selain itu, kandungan antioksidan pada almond juga mengurangi peradangan pada kulit. Dan juga, antioksidan ini bisa juga membuat membran sel menjadi lebih stabil. Banyaknya manfaat almond ini menjadikan makanan ini menjadi makanan yang wajib dikonsumsi untuk mendapatkan kesembuhan luka bakar. Namun perlu diingat, almond yang dimaksud adalah almond asli bukan hanya rasa pada produk makanan.

8. Kacang-kacangan dan biji-bijian

Jika sulit mendapatkan almond, makanan jenis kacang-kacangan dan biji-bijian lainnya juga bisa menyembuhkan luka bakar. Contohnya ada kacang tanah, hazelnut, gandum atau biji bunga matahari.