Kisah Ramayana Singkat Yang Penuh Akan Kisah Cinta

Posted on

Berbicara mengenai kisah sejarah, Ramayana menjadi cerita yang menarik untuk diketahui. Ramayana sendiri merupakan Bahasa yang berasal dari Bahasa sansekerta yang memiliki arti perjalanan Rama. Kisah Ramayana sendiri terbagi menjadi 7 kitab, yakni Balakanda, Uttarakanda, Ayodhyakanda, Yuddhakanda, Sundarakanda, Aranyakanda dan Kiskindhakanda. Ketujuh kitab tersebut merupakan kitab yang menceritakan kisah Ramayana singkat dan penuh dengan adegan cinta. Kisah Ramayana merupakan kisah mengenai seorang Rama yang menguasai kerajaan Kosala.

Kisah mula dari kisah Ramayana tersebut berawal dari Prabu Dasarata dengan ketiga permaisurinya, Kosalya, Sumitra dan Kekaty. Rama merupakan seorang putera yang dilahirkan oleh permaisuri Kosalya. Permaisuri Kekayi melahirkan Bharata sedangkan permaisuri Sumitra melahirkan sepasang bayi kembar yang dikenal dengan nama Lakshmana dan Satrugna. Keempat pangeran milik kerajaan Kosala tersebut merupakan sosok yang gagah dan memiliki kemampuan dalam menguasai senjata. Pada suatu ketika, sang resi bernama Wiswamitra meminta bantuan kepada Rama untuk melakukan perlindungan akan tempat pertapaan yang berada di tengah hutan.

Tempat pertapaan tersebut menjadi lokasi dimana raksana kerap kali muncul untuk melakukan perlawanan dan kehancuran. Rama dan sang ayah melakukan perundingan yang cukup pelik dan membuat Rama beserta denga Lakshmana memutuskan untuk melindungi tempat tersebut. Untuk melindungi tempat tersebut, baik Rama dan Lakshmana diberikan ilmu rohani yang diberikan oleh sang resi. Dengan kekuatan tersebut, Rama dan Lakshmana mampu melakukan serangan terhadap para raksasa yang mencoba mengganggu ketentraman para resi dalam melakukan ritualnya.

image by http://tarietradisionaljawa.blogspot.co.id

Kisah Ramayana singkat dilanjutkan dengan keikutsertaan Rama dalam melaksanakan sayembara yang berasal dari Prabu Janaka. Di dalam sayembara tersebut, setiap pemenang memiliki hal untuk menikah dengan Dewi Sinta yang merupakan puteri dari Prabu Janaka. Setelah memenangkan sayembara tersebut, Rama dan Lakshmana membawa Sinta menuju Ayodhya. Di usia Prabu Dasarata yang semakin tua, ia memiliki keinginan untuk memberikan tahta kepada Rama. Sayangnya, niat tersebut tidak dapat ia lakukan dan membuatnya harus memberikan tahta tersebut kepada Bharata atas desakan dari permaisuri Kekayi.

Akibat keputusan tersebut, Rama diharuskan meninggalkan kerajaan untuk 14 tahun lamanya. Bharata yang ingin memberikan tahta tersebut kepada Rama tidak dapat memaksa Rama untuk menerima tahta. Rama, Lakshmana dan Sinta lebih memilih hidup di hutan. Kisah Ramayana singkat tersebut pada akhirnya dimulai ketika Rama hidup di hutan bersama dengan saudara dan istrinya. Selama tinggal di hutan, ada banyak raksasa yang harus mereka hadapi untuk bertahan hidup. Surpanaka yang merupakan salah satu raksasa yang hidup di dalam hutan memiliki nafsu terhadap Rama dan saudaranya. Perkelahian tak dapat terhindarkan dan membuat Surpanaka harus menderita cidera pada hidungnya. Kekalahan yang ia derita membuatnya mengadu kepada Rawana dan membuat Rawana marah sekaligus berusaha untuk melakukan aksi balas dendam.

Loading...

Dengan tipuan yang Rawana lakukan, ia berhasil menculik sang dewi Sinta. Kisah cinta dari pasangan Rama dan Sinta dimulai dari sini. Untuk menyelamatkan sang isteri, Rama menuju kerajaan Alengka untuk menemukan isterinya. Di perjalanan, Rama bertemu dengan Sugriwa dan memberikan bantuan kepada Sugriwa untuk merebut kerajaan milik kakaknya. Dari kerja sama yang mereka lakukan, Rama dan Sugriwa saling membantu dalam menemukan Sinta dan melakukan perlawanan terhadap Alengka. Rawana dan Indrajit yang merupakan puteranya melakukan perlawanan dalam menghadapi Rama.

Wibisana yang merupakan adik Rawana memutuskan untuk bersatu dengan Rama akibat pengusiran yang ia alami. Indrajit pada awalnya dapat memperoleh kemenangan, sayangnya kemenangan tersebut tidak berlangsung lama akibat sepak terjang Lakshmana. Karena kekalahan yang diderita sang putera, Rawana dengan senjata andalannya berusaha melakukan perlawanan kepada Rama. Sayangnya Rawana gugur dan membuat Rama berhasil menyelamatkan sang isteri dari tangan raksasa tersebut. Kemenangan yang Rama terima membuatnya harus kembali pada kerajaan Ayodhya. Ketika Rama kembali, Bharata menyerahkan tahta kerajaan kepada Rama.

Kisah cinta keduanya tidak berhenti di situ saja, menilik kisah Ramayana singkat tersebut, kisah keduanya harus terkendala dengan opini public mengenai kesucian Sinta. Rama pada akhirnya mengusir Sinta ketika Sinta sedang hamil. Seiring dengan berjalannya waktu, Sinta melahirkan anak kembar yang bernama Kusa dan Lawa. Rama mengadakan sebuah upacara yang mana kedua anaknya menghadiri upacara tersebut. Di dalam upacara tersebut, Lawa dan Kusa menyanyikan sebuah syair dimana syair tersebut mengisahkan mengenai perjalanan yang pernah dilakukan oleh Rama.

Di depan banyak orang, Sinta bersumpah bahwa ketika ia menikah dengan Rama ia merupakan orang yang suci. Ia bahkan bersumpah bahwa bumi akan menelannya jika ia terbukti masih suci. Sinta pun pada akhirnya tertelan oleh bumi dan membuat Rama menyesal dengan tindakan yang pernah ia lakukan terhadap Sinta. Pada akhirnya, Rama menanggalkan tubuhnya dan berubah menjadi Wisnu. Kisah cinta Ramayana yang singkat tersebut membuktikan kuatnya rasa cinta yang dirasakan Rama terhadap Sinta meskipun timbul banyak kesalahpahaman yang membuat mereka berpisah dengan cara yang kejam. Kisah Ramayana singkat tersebut sering dijadikan bahan opera dan menjadi salah satu tema dalam sebuah film.

Dari kisah yang penuh akan cinta tersebut, kita dapat mengetahui bahwa kesalahpahaman yang berkepanjangan dalam membuahkan hasil yang tidak diinginkan. Kisah tersebut mengajarkan kepada kita bahwa ketika menjalin hubungan, kepercayaan masing-masing pihak sangatlah penting. Kepercayaan tersebut merupakan modal kita untuk membangun pondasi sebuah hubungan agar tidak mudah goyah diterpa isu yang tidak diharapkan. Jangan sampai penyesalan yang dialami oleh Rama dirasakan juga oleh kita. Sangat aneh rasanya jika hanya berdasarkan dengan asumsi semata, hubungan yang terjalin dengan susah payah harus kandas begitu saja. Kisah Ramayana tersebut juga dapat kita lihat pada bagian tubuh candi.

Ada beberapa bagian candi yang menggambarkan kisah Ramayana tersebut. Kita juga dapat menemukan kisah tersebut yang dikemas dalam serial televisi. Dari sekian banyak seriap TV yang membahas mengenai kisah Rama, TV India merupakan pihak yang paling sering membahas akan kisah Ramayana tersebut. Kisah Ramayana tersebut dapat kita jadikan pedoman dalam menjalin hubungan dengan pasangan. Jangan karena kesalahpahaman semata membuat hubungan yang berhasil kita jalin harus hancur begitu saja. Kita harus menempatkan kepercayaan secara penuh dengan pasangan agar tidak menyesal seperti Rama.

Kisah Ramayana dapat pula dikenalkan kepada anak-anak untuk mengenalkan sosok Rama dan Sinta. Banyak anak-anak yang mengidolakan sosok Sinta akibat penggambaran tokoh Sinta yang cantik. Sosok Rama pun tak kalah dengan sosok Sinta. Sebagai salah satu putera seorang prabu ternama, Rama memiliki kekuatan yang amat besar dalam menghadapi lawannya. Kekuatan yang dimiliki oleh seorang Rama yang membuat sosok Rama juga diidolakan oleh para penikmat. Semoga dengan kisah Ramayana yang singkat tersebut, kita dapat lebih menyakinkan diri untuk memberikan kepercayaan kepada pasangan.

Loading...