Kisah Nabi Sulaiman Wafat Yang Tidak Diketahui Oleh Siapapun

Posted on

Apakah Anda pernah mendengar kisah Nabi Sulaiman wafat? Ketika Anda mendengar nama Nabi Sulaiman AS, pastinya Anda akan langsung teingat dengan berbagai kisah dan cerita mengenai kekuasaan, kecerdasan, kekayaan, dan juga mukjizatnya yang begitu luar biasa. Akantetapi sangat jarang dari masyarakat yang mengetahui bagaimana Nabi Sulaiman AS wafat atau meninggalkan dunia ini.

Loading...

Nabi Sulaiman AS adalah seorang nabi yang memang dikaruniai banyak sekali kenikmatan oleh Allah SWT. Nabi Sulaiman AS sejak kecil tela dikaruniai oleh Allah berupa kecerdasar dan ketajaman cara berpikir. Bahkan Nabi Sulaiman AS juga dikaruniai kekayaan yang begitu melimpah dan kekuasaan yang begitu kuat. Hingga ia memiliki kerajaan yang begitu megah dengan jin dan setan yang menjadi bala tentaranya.

Kekuasaan dan kekayaan dari Nabi SulaimanAS ini memang diakui oleh banyak kalangan. Apalagi dengan banyak sekali mukjizat yang ia memiliki, salah satu yang cukup tenar ialah mukjizat dimana ia dapat berkomunikasi dengan hewan. Nabi Sulaiman AS juga diberikan kemampuan untuk bisa mengatur angin. Akan tetapi meskipun demikian Nabi Sulaiman AS sama sekali tidak memiliki kesombongan dalam dirinya. Justru apa yang ia miliki membuat Nabi Sulaiman AS semakin bertakwa dan bersyukur kepada Allah SWT.

image by http://www.yukhijrah.id

Melihat banyak sekali keagungan dalam dirinya hingga kisah hidupnya menjadi salah satu kisah hidup yang banyak diperdengarkan, akan tetapi sedikit dari masyarakat yang mengetahu bagaimana kisah Nabi Sulaiman wafat. Maka untuk menambah informasi Anda, Anda bisa menmperhatikan kronologi cerita soal wafatnya Nabi Sulaiman AS.Berita atau cerita soal wafatnya Nabi Sulaiman AS ini disebutkan oleh berbagai kalangan sahabat seperti cerita dari kalangan Abu Malik, Ibnu Abbas, Abi Shalih, Al Sadi, dan lain sebagainya.

Loading...

Ketika itu Nabi Sulaiman sedang berada di Baitul Maqdis dan ia tengah menyendiri disana. Saat itu Baitul Maqdis dibangun pada tahun keempat pada masa kekuasaannya. Menariknya ialah bahwa Nabi Sulaiman AS tidak menyendiri dalam waktu sebentar, ia menyendiri di Baitul Maqdis bahkan sampai satu atau dua tahun lamanya. Selama berada disana, Nabi SulaimanAS membawa persediaan makanan dan minuman untuk ia konsumsi.

Hingga suatu ketika saat Nabi Sulaiman AS berada di Baitul Maqdis, ia mendapati ada pohon yang tumbuh disana kemudian Nabi Sulaiman AS mendatangi pohon tersebut. Sesampainya didekat pohon, Nabi Sulaiman menanyakan siapa nama pohon tersebut dan juga apa alasan ia tumbuh, apakah sebagai obat ataukan sebagai tumbuhan. Selanjutnya pohon itu diberi nama Al Kharubah atau perusak. Tumbuhnya Al Kharubah ialah bertujuan untuk merusak masjid atau baitul maqdis.

Kisah nabi sulaiman yang tidak boleh dilewatkan:

Mendengar jawaban dari pohon tersebut, Nabi Sulaiman AS kemudian mengatakan bahwa Allah SWT tidak akan merusak masjid ini selama Nabi Sulaiman AS masih hidup di dunia ini. Nabi Sulaiman juga mengatakan bahwa pada wajah pohon bernama Al Kharubah ini menampakkan kebisanaannya dan juga kerusakan Baitul Maqdis.

Selanjutnya Nabi Sulaiman AS mencabut pohon bernama Al Kharubah tersebut dan selanjurnya ia memindahkan dan menanamkannya di rumah Nabi SulaimanAS. Setelah selesai menanamnya kembali, kemudian Nabi Sulaiman AS masuk ke dalam mihrab dan berdiri untuk melakukan sholat sambil bersandar pada tongkat yang selalu ia bawa. Pada saat seperti itulah Nabi Sulaiman AS ternyata telah meninggal dunia. Yang menarik ialah bahwa perkara meninggalnya Nabi Sulaiman AS tidak diketahui oleh bala tentaranya yang merupakan makhluk gaib baik oleh jin maupun setan. Ya, tidak ada satupun yang mengetahui mengenai kematian Nabi Sulaiman AS.

Pada saat itu bala tentara Nabi Sulaiman AS yaitu para setan sedang bekerja untuk memenuhi permintaan atau tugas dari Nabi Sulaiman As. Saat itu setan setan juga khawatir dan takut apabila Nabi Sulaiman AS akan keluar dan memberikan hukuman pada mereka apabila mereka mendekati mihrabnya. Hingga akhirnya para setan memutuskan untuk berkumpul di sekitar mihrab nabi Sulaiman AS baik dari bagian depan maupun bagian belakang mihrab karena di depan dan depan minrab terdapat dinding.

Hingga akhirnya kemudian setan memutuskan untuk masuk dari satu sisi ke sis iyang lain. Ia berjalan di mihrab dan selama ia berada disana, setan sama sekali tidak melihat ataupun mendenagr suara Nabi Sulaiman AS yang diketahui sedang berada di dalam mihrab. Justru setan yang masuk ke dalam mihrab kemudian terbakar selama berada disana kemudian kembali seperti semua dan tidak lagi terbakar setelah ia keluar dan berada di Baitul mawdis. Pada saat itulah ia kemudian melihat bahwa Nabi Sulaiman AS telah jatuh dalam kondisi meninggal dunia atua wafat.

Begitu terkejutnya setan kemudian ia keluar dengan cepat dan kemudian memberitahukan kepada yang lain mengenai kondisi Nabi Sulaiman AS yang telah meninggal dunia. Mendengar berita tersebut kemudian mereka membuka pindu dan kemudian mengeluarkan Nabi Sulaiman AS dari dalam mihrabnya. Saat itu mereka sudah mendapati rayap telah memakan tongkat Nabi Sulaiman AS akan tetapi mereka tidak mengetahui sejatinya kapan Nabi Sulaiman AS wafat.

Dan akhirnya mereka semua memperkirakanbahwa Nabi Sulaiman AS telah meninggal sejak sekitar satu tahun lalu dengan melihat tongkat beliau yang sudah semakin habis dimakan rayap.Peristiwa ini juga dituliskan dalam AlQur’an Surat Saba’ ayat 4. Bahkan Ibnu Mas’ud juga berkata bahwa setelah mencermati kondisi ini dengan sungguh-sungguh, masyarakat menjadi semakin yakin bahwa para jin telah berdusta atau berbohong.

Dari meninggal atau wafatnya Nabi Sulaiman AS ini, tentunya kita bisa memetik hikmah bahwa tidak ada yang mengetahui hal-hal yang gaib selain Allah SWT. Bahkan setan dan para jin yang merupakan makhluk gaib juga tidak akan bisa mengetahu iperkara-perkara gaib yang telah ditetapkan oleh Allah SWT. Maka jelaslah bagi Anda untuk hanya bertaqwa kepada Allah SWT saja yang memang memegang kunci atas berbagai hal yang gaib termasuk mengenai umur kita.

Demikian kisah Nabi Sulaiman wafat. Memang tidak banyak orang yang mengetahui cerita atau kisah kematian atau wafatnya Nabi Sulaiman AS. Akan tetapi dengan membwa ulasan berikut Anda bisa menambah pengetahuan Anda. Dari kondisi seperti ini, maka semakin jelas tentunya bagaimana bahwa makhluk yang gaib seperti jin dan setan pun tidak mengetahui perkara ajalnya manusia yang terbukti dari mereka yang tidak mengetahui ajalnya Nabi Sulaiman AS yang berada di hadapan mereka.

Maka tentu saja mustahil bila ada para normal atau dukun yang mengatakan bahwa mereka mengetahui prediksi masa depan Anda karena tidak ada satupun yang mengetahui nya kecuali Allah SWT. Dan semakin jelas baahwa hasil ramalan yang ada bukanlah merupakan sesuatu yang nyata dan hanyalah tipu daya saja. sehingga mari kita sama sama bertaubat dan kembali ke jalan Allah SWT.

Loading...