Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis Pemimpin Negeri Saba

Posted on

Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis tertera jelas di dalam Al Quran Surah An- Naml ayat 10 — 44. Surah yang menjelaskan tentang negeri Saba dengan berbagai macam karunia dari Allah berupa kemewahan dan tanah subur. Sehingga rakyat yang menempati negeri Saba bisa hidup dengan makmud dan aman.

Tempat di mana kemudian bermulanya sebuah kisah antara Raja Sulaiman yang bertemu dengan Ratu Balqis pemimpin wanita yang menguasai Negeri Saba.Nabi Sulaiman yang merupakan seorang raja hebat. Kehebatan dari Nabi Sulaiman bisa dilihat dari bala tentara yang dibawanya yakni berupa manusia, jin dan binatang-binatang. Nabi Sulaiman memang merupakan raja yang sangat taat kepada Allah. Ia merupakan raja yang begitu berwibawa sehingga dikaruniai oleh Allah berupa mukzijat.

Di mana ia mampu menundukkana ibilis dan juga memahami bahasa binatang. Tidak heran Nabi Sulaiman begitu disegani rakyat dan kaumnya. Suatu ketika Nabi Sulaiman ingin mengadakan pertemuan dengan pasukannya.Akan tetapi, ketika sudah dimulai ada salah satu binatang tidak hadir dalam pertemuan tersebut. Hud-hud, seekor burung yang ternyata didapati oleh Nabi Sulaiman mangkir dari undangannya. Burung ini merupakan burung yang mempunyai tugas penting dan sangat diinginkan kehadiranya oleh Nabi Sulaiman.

Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis Pemimpin Negeri Saba

Hud-hud bisa memberikan semua informasi dan kejadian yang diinginkan Nabi Sulaiman. Tidak hadirnya Hud-hud membuat Nabi Sulaiman menjadi jengkel. Nabi mempertanyakan kenapa Burung Hud-hud tidak hadir padahal tugas barunya untuk mencari mata air sudah menanti. Semua pasukannya hanya diam, dan tak ada jawaban sedikit pun dari mereka.

Dari sininilah kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis di mulai. Terlihat dari kejauhan burung Hud-hud datang dengan rasa lelah seperti telah melakukan perjalanan jauh, ia menghampiri dan menceritakan sesuatu kepada Nabi Sulaiman. Burung itu sambil memohon maaf, mengatakan kepada Nabi Sulaiman bahwa telah menemukan negeri dengan tanah yang begitu subur.

Namun, pemimpin dan seluruh rakyatnya menyembah kepada matahari. Karena Nabi Sulaiman tidak terlalu percaya pada apa yang dikatakan oleh Burung Hud-hud, maka ia memerintahkan untuk memberikan sepucuk surat untuk ratu yang memimpin negeri itu. Negeri yang dikenal dengan nama Negeri Saba. Di mana dipimpin oleh seorang ratu yang bernama Ratu Balqis.

Surat Nabi Sulaiman untuk Ratu Balqis

Setelah mendapatkan perintah langsung dari raja Sulaiman, Burung Hud-hud langsung membawa surat dan terbang langsung ke Negeri Saba dengan maksud memberikan surat tersebut. Dengan sengaja, Burung hud-hud menjatuhkan surat dari Raja Sulaiman tepat di kepala dari Ratu Balqi yang terlelap dalam tidurnya. Ratu Balqis lantas bangun kemudian membukan dan membaca surat yang tepat mengenai kepalanya tadi.

Surat tersebut kurang lebih berbunyi demikian, Dengan nama Allah Yang Maha Pemurah lagi Maha Penyayang. Pembukaan dari surat tersebut tergores jelas di dalam Al Quran Surah An- Naml ayat 30 — 31 yang intinya Janganlah sobong terhadapku (Allah), datang padaku sebagai orang yang berserah diri. Kemudian dilanjutkan oleh ajakan dari Raja Sulaiman untuk berhenti melakukan penyembahan terhadap matahari dan serahkan dirimu hanya pada Allah.

Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis bermula dari surat ini. Setelah membacanya, ratu Balqis kemudian mengumpulkan mentri yang ada di kerajaannya guna melakukan pembahasan mengenai isi dari surat yang diberikan oleh Nabi Sulaiman. Dari apa yang telah dirundingkan besama dengan para menterinya ini, akhirnya menuai sebuah kesepakatan. Di mana Ratu Balqis memerintahkan untuk mempersiapkan panglima terbaiknya untuk dibawa dan mengawalnya bertemu dengan Nabi Sulaiman di kerajaannya.

Tanpa mereka sadari, ternyata burung hud-hud mendengar hal tersebut kemuidan ia kembali untuk menemui Raja Sulaiman. Burung hud-hud memberitahukan kepada Nabi Sulaiman bahwa Ratu dari Negeri Saba akan datang besama dengan panglima tebaiknya dan membawa beberapa hadiah. Mendengarkan berita tersebut, Nabi Sulaiman langsung bergegas memberikan perintah pada pasukannya berupa jin dan iblis untuk menciptakan bangunan yang begitu megah sehingga mampu membuat mata utusan Ratu Bilqis menjadi silau.

Utusan dari Ratu Bilqis akhirnya datang dengan membawa hadiah yang diberikan kepada Nabi Sulaiman. Setelah disambut dengan ramah, Nabi Sulaiman kemudian menyuruh untusan Ratu Balqis kembali dan membawa hadiah itu lagi. Sekaligus membawa pesan yang intinya, Allah telah memberikan semuanya kepadaku dengan nikmat yang berlebiha, dengan kekuasaan dan mengutusku sebagai Nabi-Nya.

Maka apakah pantas kau membujukku dengan harta dan hadiah yang seperti itu? Nabi Sulaiman telah menolak berbagai macam hadiah yang di bawa berkali-kali dihadapannya. Justu Nabi Sulaiman membalasnya dengan ancaman. Untuk membawakan pasukan terkuat untuk mengalahkan negeri saba demi menyingkirkan Ratu Balqis dan kaumnya.

Kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis yang jadi pengikut Allah

Ancaman dari Nabi Sulaiman itu akhirnya membuat Ratu Balqis panik dan akan menemuhi langsung. Melihat hal tersebut akan terjadi maka Nabu sulaiman kemudian ini menunjukan bahwa kekuasaannya itu benar ada dan bukti dari adanya Allah. Kemudian ia berusaha untuk memindahkan tahta dari Ratu Balqis ke kerajaan Nabi Sulaiman.

Akan tetapi semua itu dilakukan sebelum Ratu Balqis dan juga rombongannya datang. Akhirnya Nabi Sulaiman memyuruh jin ifrit untuk melakukannya dan dengan senang hati Ifrit melakukannya untuk membawa singgasana dari ratu Balqis. Tahta berhasil dibawa dan dipindahkan kemudian Ratu Balqis datang dan di tanya oleh Raja Sulaiman, “apakah tahtamu seperti ini?”

Lalu kemudian, Nabi Sulaiman membawa kembali Ratu Balqis untuk berjalan menyusuri kerajaajnya yang begitu megah, dengan terkesima ia mengelilingi dan akhirnya Ratu Balqis takluk dan menyerahkan dirinya hanya kepada Allah. Setelah melihat beberapa besar kuasa dari Allah membuat Ratu Balqis menyatakan dirinya untuk menjadi pengikut Allah.

Ratu Balqis masuk islam dan diikuti oleh beberapa rakyatnya. Ratu Balqis akhirnya memberhentikan prakteknya menyembah matahari untuk hanya menyerahkan dirinya kepada Allah saja. Raja Suaiman akhirnya menikahi Ratu Balqis kemudian berdua mereka mempersatukan dua kerajaan yakni Negeri Saba dan ajuga Kerajaan yang dipumpin oleh Rasa Sulaiman

Itulah sepenggal kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis. Cerita yang menunjukan bagaimana kewibawaan dan juga kemampuan dari Nabi Allah. Ada banyak kisah lainnya tentang Nabi Sulaiman. Ratu Balqis hanyalah salah satu dari kisah perjalanan Nabi Sulaiman. Perjalanan Nabi Sulaiman mulai dari awal perjalanannya sebagai Nabi, sampai dia wafat menyimpan banyak sekali hikmah yang dapat dijadikan media untuk mendekatkan diri kepada Allah.

Nabi Sulaiman, seorang yang terlahir sebagai putra dari Nabi Daud dengan ketajaman pikiran dan kecerdasan otaknya serta teliti dalam pengambilan keputusan. Bahkan sampai wafatnya pun masih banyak tanda keajaiban yang menyertai Nabi Sulaiman. Sebuah bukti tentang kekuasaan dari Allah. Kisah perjalanan Nabi Sulaiman tergambar jelas dalam Al Quran Surat An Naml dan Surah Saba.