Kisah Nabi Sulaiman dan Mukjizatnya Yang Sangat Mengagumkan

Posted on

Kisah para nabi merupakan hal yang perlu diketahui oleh setiap kaum muslim. Karena di dalam ajaran agama islam sendiri harus mempercayai kepada nabi dan rasul. Hal ini juga termasuk dalam rukun iman yang ke-empat. Pada ajaran agama islam terdapat 25 nabi yang wajib untuk diimani dan juga diketahui oleh seluruh kaum muslim. Sebenarnya jumlah dari nabi sepanjang kehidupan dari umat manusia kurang lebih ada 124.000 orang. Namun di dalam aqidah yang wajib untuk diketahui hanya 25 nabi saja.

Loading...

Dari semua nabi yang berjumlah 25 orang tersebut memiliki kisah masing-masing dan berbeda dalam memperjuangkan agama islam serta melawan kaum kafir yang tidak percaya terhadap Allah. Selain itu, setiap nabi diberikan oleh Allah mukjizat masing-masing. Mukjizat sendiri merupakan suatu kejadian atau kelebihan yang diberikan oleh Allah kepada para nabi dan rasul. Kejadian tersebut berada di luar akal dari manusi serta tidak dimiliki oleh siapapun juga. Hal ini diberikan oleh Allah untuk dapat membuktikan kebenaran kenabian serta keabsahan dari risalahnya.

Diantara 25 nabi yang wajib diimani, salah satunya ada Nabi Sulaiman as. Nabi Sulaiman merupakan anak kandung dari Nabi Daud as. Setelah ayah dari Nabi Sulaiman meninggal, beliau kemudian mewarisi kerajaan yang dimiliki oleh ayahnya. Allah memberikan banyak anugerah dan kenikmatan kepada Nabi Sulaiman. Sehingga membuat Nabi Sulaiman menjadi nabi dan juga raja terkaya dengan memiliki berbagai kekayaan yang melimpah. Kekayaan yang dimiliki tersebut seperti permata dan logam yang semuanya mahal. Nabi Sulaiman terkenal sangat bijaksana, cerdas karena ilmu yang dimiliki dan juga adil. Berbeda dari sang ayah, Nabi Sulaiman bukan hanya menjadi raja bagi manusia tetapi juga menjadi raja bagi jin dan juga binatang.

image by https://www.walisembilan.com

Kerajaan yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman merupakan hasil gotong royong manusia, binatang dan juga jin. Dinding dari kerajaan tersebut berasal dari batu pualam. Sedangkan untuk pintu dan tiangnya terbuat dari tembaga dan juga emas. Ukiran dan hiasan berasal dari intan dan juga mutiara. Dan atapnya terbuat dari perak. Selain kekayaan yang dimiliki tersebut, kisah Nabi Sulaiman dan mukjizatnya juga harus diketahui untuk mendapatkan hikmah yang sangat bermanfaat.

Loading...

Nabi Sulaiman as diberikan oleh Allah karunia berupa mukjizat yang sangat banyak. Inilah mengapa kisah Nabi Sulaiman dan mukjizatnya sangat menarik sekali untuk disimak dengan seksama. Berikut ini akan disajikan beberapa mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman as.

1. Nabi Sulaiman mampu memerintahkan hewan dan juga bangsa jin

Nabi Sulaiman mampu untuk memerintahkan seluruh bangsa hewan dan juga bangsa jin sesuai dengan kemauannya. Bahkan hewan dan juga jin tersebut menjadi prajuritnya pada saat Nabi Sulaiman as sedang berperang. Selain itu, hewan dan bangsa jin ikut membantu Nabi Sulaiman dalam membangun istananya serta membantu juga dalam hal yang lain.

2. Nabi Sulaiman mempunyai kerajaan serta kekayaan yang tidak ada bandingannya

Nabi Sulaiman memiliki istana dengan keindahan yang sangat luar bisa dan juga sangat megah. Istana tersebut dibangun dengan cara gotong royong dari manusia, jin, serta binatang. Dinding dari istana terbuat dari bahan batu pualam. Pintu dan tiang istana terbuat dari emas dan juga tembaga. Atap dari istana terbuat dari perak. Ukiran dan hiasan istana terbuat dari mutiara, intan, berlian dan juga zamrud. Pasir yang ada di taman diberikan taburan mutiara. Lantai dari istana merupakan percampuran dari bahan kaca murni dengan kualitas tinggi serta mutiara.

3. Nabi Sulaiman as dapat berbicara dengan hewan

Nabi Sulaiman diberikan mukjizat yang luar biasa oleh Allag untuk bisa melakukan interaksi dan berbicara dengan hewan. Beliau mampu memahami dan juga berbicara bahasa hewan sehingga semua hewan tersebut mampu mengikuti semua kehendak dari Nabi Sulaiman. Bahkan dalam kisahnya ada pasukan burung yang menaungi Nabi Sulaiman beserta para prajuritnya dengan sayap-sayap burung dalam satu waktu. Ini membuat Nabi Sulaiman dan juga para prajuritnya tidak terkena sinar matahari.

4. Nabi Sulaiman as bisa mengatur arah angin

Nabi Sulaiman diberikan Allah mukjizat untuk bisa mengatur serta memerintahkan angin bergerak sesuai dengan kehendaknya. Atas kehendak dari Allah, Nabi Sulaiman mampu menundukkan angin yang saat itu bertiup sangat kencang.

5. Nabi Sulaiman as dikaruniai oleh Allah berupa kebijaksanaan yang sangat luar biasa

Nabi Sulaiman mempunyai kebijaksanaan yang sangat tinggi. Bahkan beliau sangat adil sekali pada saat memberikan keputusan terhadap suatu perkara. Inilah mengapa Nabi Sulaiman sangat dikenal cerdas karena ilmu yang dimiliki, bijaksana dan juga adil.

Kisah nabi sulaiman yang tidak boleh dilewatkan:

6. Nabi Sulaiman bisa melihat hal-hal yang ghaib

Allah memberikan mukjizat kepada Nabi Sulaiman untuk bisa melihat hal-hal yang ghaib. Hal tersebut bisa dilihat oleh Nabi Sulaiman menggunakan panca indranya, meskipun beliau tidak melihatnya secara langsung dengan kasat mata.

7. Nabi Sulaiman as mampu mendengar suara yang lirih dengan jarak yang jauh

Nabi Sulaiman diberikan karunia oleh Allah untuk bisa mendengar suara dari jarak yang lumayan jauh. Suara tersebut dapat didengar oleh Nabi Sulaiman meskipun terdengar sangat pelan sekali.

8. Nabi Sulaiman as memiliki kecerdasan yang tinggi

Sejak kecil Nabi Sulaiman AS telah menunjukkan kecerdasan dan ketajaman pikirannya.

9. Memiliki cincin yang mempunyai empat sisi dan dikatakan berasal dari langit

Cincin yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman terdapat cahaya yang bersinar. Apabila cincin tersebut dipakai, maka akan berkumpulan para manusia, bangsa jin, setan, awan, angina dan juga burung.

10. Cairan tembaga untuk membangun istana

Cairan tembaga yang selalu keluar dari dalam perut bumi dipergunakan oleh Nabi Sulaiman as untuk pembangunan istana. Selain itu digunakan juga untuk membangun benteng-benteng, gedgung-gedung, membuatn piring-piring yang memiliki ukuran sebesar kolam air. dibuat juga untuk membuat periuk-periuk dan tungku-tungku yang biasanya dipergunakan untuk memberi makan kepada umatnya.

Selain mukjizat yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman tersebut, juga terdapat berbagai kisah yang patut diketahui. Mulai dari kisah nabi sulaiman dengan jin, kisah Nabi Sulaiman dan seorang pemuda yang tinggal di dasar laut, kisah meninggalnya Nabi Sulaiman, kisah Nabi Sulaiman dan burung hud-hud, kisah Nabi Sulaiman dan Ratu Balqis dan masih banyak lagi kisah yang lain. Melalui kisah tersebut akan mengetahui betapa luar biasanya karunia yang diberikan oleh Allah SWT kepada Nabi Sulaiman as.

Keagungan dari karunia tersebut menunjukkan bahwa Nabi Sulaiman as merupakan orang yang sholeh sama seperti dengan ayahnya. Beliau tidak pernah melakukan sesuatu hal apapun selaun melakukan kebaikan yang memang sudah sesuai tuntutan dari risalah serta menyerukan kepada manusia untuk senantiasa menyembah dan bersyukur hanya pada Allah SWT. Tentu kisah Nabi Sulaiman dan mukjizatnya ini bisa diambil hikmah yang sangat luar biasa untuk dijadikan sebagai pelajaran hidup. Selain itu juga meneladani sikap terpuji yang dimiliki oleh Nabi Sulaiman as.

Loading...