Kisah Nabi Nuh As Lengkap Dan Penuh Makna Dalam

Posted on

Bagi orang muslim wajib percaya terhadap adanya nabi dan rosul didunia ini. Tidak semua nabi adalah rosul, namun setiap rosul adalah nabi, ada banyak jumlah nabi didunia ini, namun kita hanya wajib mengetahui nabi dan rosul yang berjumlah 25 orang.

Nabi dan rosul tersebut antara lain nabi Adam as, nabi Idris as, nabi Nuh as, nabi Hud as, nabi Shalih as, nabi Ibrahim as, nabi Luth as, nabi Ismail as, nabi Ishak as, nabi Ya’qub as, nabi Yusuf as, nabi Ayyub as, nabi Syuaib as, nabi Musa as, nabi Harun as, nabi Dzulkifli as, nabi Daud as, nabi Sulaiman as, nabi Ilyas as, nabi Ilyasa as, nabi Yunus as, nabi Zakaria as, nabi Yahya as, nabi Isa as, dan nabi Muhamamad saw.

Selain mengetahui nama nama nabi dan rosul yang berjumlah 25 tahun juga diharapkan umat muslim mengetahui kisah setiap nabi dan rosul didalamnya, salah satu kisah nabi dan rosul yang sangat menyentuh dan baik untuk kita ketahui salah satunya adalah kisah nabi Nuh as Lengkap yang menceritakan tentang perjuangannya dalam menyampaikan ajaran dari Allah kepada umatnya, juga kisah tentang mukjiat yang diberikan oleh Allah kepada nabi Isa.

Kisah Nabi Nuh As Lengkap Dan Penuh Makna Dalam

Silsilah Nabi Nuh As dan sejarah umat Nabi Nuh As

Nabi Nus as merupakan nabi yang ke tiga yang ada di bumi setelah nabi Adam dan nabi Idris, ayah nabi Adam as adalah Lamik bin Metualih bin Idris, beliau merupakan keturunan Sembilan dari nabi Adam. Setelah nabi Adam wafat kehidupan umat yang ada di bumi semakin berubah, seperti halnya nabi Adam dan Hawa hidup enak disurga hingga akhirnya melakukan kelalaian yang mengakibatkan diturunkannya nabi Adam dan Hawa ke bumi, begitu juga setelah wafatnya nabi Adam as umat manusia semakin berubah dan semakin lalai, apalagi setelah wafatnya lima tokoh orang orang saleh yaitu Wadd, Yaghuts, Ya’uq, Nasr, dan Suwa’.

Setelah kelima tokoh tersebut meninggal orang orang malah membuat patung yang menyerupai mereka, hal tersebut terjadi dengan tujuan awal sebagai penghormatan terhadap lima orang shaleh tersebut, seiring zaman berjalan, bergantinya waktu dan lahir anak- anak mereka, cucu-cucu mereka maka persepsi terhadap lima patung tersebut berubah.

Yang awalnya sebagai bentuk penghormatan berubah menjadi patung yang memiliki khusus hingga disembah- sembah. Dengan adanya keadaan tersebut maka Allah menurunkan nabi, Allah SWT mengutus nabi Adam untuk menyeru umat yang ada didunia untuk segera kembali kejalan yang benar. Kisah nabi Nuh as lengkap ini wajib untuk kita ketahui agar jita tahu bahwa perjuangan para nabi untuk mengajarkan ajaran yang benar butuh pengorbanan yang sangat besar.

Dakwah Nabi Nuh AS kepada umatnya

Nabi Nuh as merupakan orang yang lahir didunia ini yang telah dipilih oleh Allah untuk menyeru orang orang tersesat di zamannya. Nabi Nuh as menyeru bahwa saatnya orang orang tidak lagi tertipu terhadap dunia ini yang menyesatkan. Beliau menjelaskan bahwa tiada Tuhan selain Allah, dan patung patung yang mereka sembuh merupakan kesesatan belaka.

Allah sebagai tuhan telah menciptakan mereka dan memuliakan mereka, hal ini dibuktikan dengan adanya rezeki yang selalu mengalir pada setiap manusia, akal sehat untuk manusia, tubuh yang sehat. Beliau menyeru kepada umatnya untuk melihat adanya langit dan alam semesta ini, siapa lagi yang mampu menciptakan kecuali Allag SWT.

Adanya Allah benar benar nyata, dibanding dengan berhala dan patung yang selama ini dibuat dan diciptakan sendiri oleh manusia. Nabi Nuh as juga menjelaskan bahwasanya besok ada ganjaran dan imbalan yang setimpal atas segala perbuatan yang dilakukan oleh manusia dimuka bumi ini, syurga akan menanti untuk orang orang yang berbuat aman shaleh, dan neraka akan menanti untuk orang orang yang berbuat pelanggaran terhadap perintah agama.

Nabi Nuh as menyeru dengan kesabaran, dengan penuh kelembutan bagi manusia yang hidup di masanya, namun nabi Nuh juga tegas menyiarkan ajaran kebenaran kepada orang orang yang enggan menerima seruan nabi Nuh.

Dalam kisah nabi Nuh lengkap ini Nabi menyeru orang orang dengan penuh kegigihan, akan tetapi walaupun nabi Nuh sudah menyeru kepada umatnya dengan gigih tetapi tidak mudah untuk meluruskan ajaran mereka, pengikut nabi Nuh hanya sedikit, bahkan orang- orang yang mengikuti nabi Nuh as merupakan orang- orang miskin yang tidak memiliki kedudukan sosial tinggi. orang- orang kaya yang memiliki kedudukan tinggi dan lebih berkuasa tetap membangkang dan tidak mengikuti ajaran nabi Nuh as.

Mereka masih percaya bahwa berhala- berhala yang mereka sembuh merupakan tuhan mereka, bahkan mereka melakukan persekongkolan dan menolak secara terang- terangan nabi NUh as, mereka berucap kepada nabi Nuh bahwa seandainya Tuhan mengutus seseorang untuk menjadi nabi maka Tuhan pasti akan mengutus orang yang menyerupai malaikat, bukan orang seperti nabi NUh, dan orang- orang yang mengikuti ajaran nabi Nuh as merupakan orang- orang rendah yang tidak memiliki akal, mereka beranggapan bahwa mereka lebih pandai dan pintar dibanding dengan nabi Nuh as.

Mendengar ejekan dari kaum tersebut maka nabi Nuh as menjawab bahwasanya kaum tersebut tetap akan tersesat karena telah dibutakan oleh kedudukan dan harta benda, dan nabi Nuh as berkata bahwa dirinya hanyalah manusia yang diutus oleh Allah SWT untuk menyampaikan amanah dan risalahnya, hanya Allah lah yang akan memberikan hidayah kepada mereka, dan hanya Allahlah yang mampu memberi siksa kepada mereka.

Kisah nabi Nuh as lengkap ini juga di tulis dalam al quran, kemudian kaum tersesat mengajukan permohonan atau kesepakatan untuk mengikuti nabi Nuh jika nabi mengusir orang orang miskin dan papa yang mengikutinya, namun kesepakatan ini ditolak oleh nabi Nuh as.

Azab dari Allah dan kapal Nabi Nuh As

Kisah nabi Nuh lengkap ini telah tertulis didalam al quran, bahkan kisah nabi Nuh ini telah berlangsung hingga Sembilan ratus lima puluh tahun, beliau berdakwah tanpa mengenal keputus asaan, namun akhirnya nabi Nuh as berputus asa karena Allah SWT berfirman bahwasanya tidak ada kaumnya yang akan mengikuti dan mendengarkan nabi Nuh as.

Kemudian nabi Nuh as meminta Allah untuk menurunkan adab atau siksaan kepada umatnya. Nabi Nuh as beserta pengikutnya mulai membuat kapal di tempat yang jauh dari keramaian, nabi Nuh as membuat kapal untuk menyelamatkan kaumnya dari adab yang akan muncul berupa banjir bandang.

Ditengah pembuatan kapal orang orang yang tersesat masih mengolok- olok nabi Nuh as. Kemudian Allah berfirman bahwasanya adab akan segera datang, nabi Nuh beserta pengikutnya dan binatang binatang peliharaan lainnya dimasukkan kedalam kapal,

ketika nabi Nuh melihat orang orang kafir tenggelam ia melihat putranya Kan’an yang sedang lari menuju bukit untuk menyelamatkan diri, namun Kan’an tidak mau bertobat dan naik kedalam kapal hingga akhirnya tenggelam. Kisah nabi Nuh lengkap ini wajib kita ketahui, untuk mengetahui bahwa Allah SWT benar – benar akan memberikan azab atau balasan bagi orang- orang yang tidak mengikuti ajarannya.