Kisah Nabi Nuh As Ditelan Ikan Paus? Benar atau Tidak?

Posted on

Rukun iman bagi orang muslim harus di percaya dengan benar, rukun iman yang pertama adalah iman kepada Allah SWT, yang kedua adalah iman kepada malaikat Allah, yang ketiga iman kepada kitab Allah, yang keempat adalah iman kepada rosul Allah, dan iman yang kelima adalah iman kepada qodho dan qodar. Kelima rukun iman ini harus diyakini oleh kaum muslimin.

Untuk rukun iman yang ke empat yaitu iman kepada rosul Allah adalah dengan mengetahui siapa saja rosul dan nabi Allah.Untuk nabi tidak semuanya rosul, dan jumlah nabi sangat banyak. sedangkan rosul dipastikan nabi dan jumlahnya yang wajib kita ketahui ada 25 rosul. Selain mengetahui jumlah rosul kita juga sebaiknya mengetahui kisah tiap- tiap 25 rosul.

Salah satu kisah yang pantas kita ketahui dan melihat hikmah didalamnya adalah kisah nabi Yunus as yang tertelan masuk kedalam ikan paus, pasti selama ini banyak orang yang kurang tahu atau dan tidak memahami sejarah rosul secara mendalam, bahkan ada cerita yang salah yang menyebutkan kisah nabi Nuh as ditelan ikan paus, sumber tersebut kurang benar, karena selama ini yang kita yakini adalah rosul yang tertelan masuk kedalam perut ikan paus adalah nabi Yunus as, bukan nabi Nuh as.

Kisah Nabi Nuh As Ditelan Ikan Paus

Untuk kisah nabi Nuh as sendiri memang masih berhubungan dengan air, yaitu turunnya azab untuk orang orang yang tidak mendengarkan ajaran nabi Nuh as berupa banjir bandang yang menerjang daratan hingga perbukitan, didalam kisah tersebut nabi Nuh as menyelamatkan kaumnya dengan cara membuat kapal.

Sejarah Nabi Yunus as dan kaumnya

Nabi Yunus as merupakan nabi yang masuk kedalam perut ikan paus, kisah ini bukan kisah nabi Nuh as ditelan ikan paus, sumber tersebut kurang benar. Sebelum kita mengetahui cerita di balik peristiwa nabi Yunus as tertelan kedalam perut ikan sudah tercantum didalam ayat al quran, sehingga kita tidak mungkin menyangkalnya, apalagi membenarkan tentang kisah nabi Nuh as ditelan ikan paus.

Sebelumnya kita perlu mengenal terlebih dahulu siapa nabi Yunus as itu ?. Nabi Yunus as merupakan putra dari Matta keturunan dari Benyamin bin Ya’qub bin Ishaq bin Ibrahim, memiliki nama lain yaitu Yunan. Nabi Yunus as merupakan nabi yang diutus oleh Allah SWT di negara Minawa atau dikenal juga dengan sebutan kaum Minawa, dekat dengan Mosul, Irak.

Sebenarnya tidak dijelaskan secara rinci didalam Al quran tempat nabi Yunus as menyebarkan ajaran Allah, namun didalam Al quran disebutkan bahwa negeri tersebut dekat dengan laut. Anda bisa melihat kisah dari nabi Yunus as di dalam al quran surat Annisaa’ ayat 163, surat Al- An’aam ayat 86, surat Yunus ayat 98, surat Al- Anbiyaa’ ayat 87 hingga 88, dan surat Alshaafaat ayat 139 hingga 148.

Selain disebutkan dalam al quran juga disebutkan dalam kitab kitab lainnya seperti di Athlas Tarikh al- anbiya’ ; wa al- rosul, disebutkan bahwa negeri tersebut terletak di selatan kota Irak, merupakan negeri yang kaya dan besar dimasanya. Namun kekayaan yang dimiliki oleh negara ini malah membuat buta masyarakat didalamnya, banyak orang orang yang berbuat maksiat dan jauh dari jalan Allah, bahkan mereka menyembah berhala- berhala yang dibuatnya sendiri. Oleh sebab itu Allah SWT mengutus nabi Yunus as untuk menyampaikan ajaran yang dibawanya.

Kisah dakwah Nabi Yunus As kepada kaumnya

Dalam jangka waktu yang lama hingga bertahun- tahun nabi Yunus mengajak kaumnya untuk beriman kepada Allah SWT, namun mereka mendustakan nabi Yunus as, hingga mengancam nabi Yunus as. Karena tidak ada kaumnya yang mengikuti ajaran nabi Yunus as, maka ketika azab akan turun nabi Yunus as meninggalkan kaumnya.

Tanda- tanda azab akan segera turun berupa langit terlihat menghitam, awan hitam datang, dan akhirnya hujan lebatpun turun, setelah tanda tanda azab tersebut muncul maka mereka mulai mempercayai apa yang diajarkan oleh nabi Yunus as. Namun berimannya kaum nabi Yunus as tidak disaksikan secara langsung oleh nabi Yunus as, beliau pergi dan menumpang sebuah kapal untuk berlayar.

Kisah Nabi Yunus As ditelan ikan paus

Selama ini banyak orang yang salah mengetahui informasi sejarah atau kisah para rosul, salah satunya adalah banyak yang menyebutkan kisah nabi Nuh as ditelan ikan paus, sebenarnya kisah tersebut merupakan kisah yang dialami oleh nabi Yunus as. Nabi Yunus as ditelan oleh ikan paus setelah meningglkan kaumnya yang akan terkena azab akibat tidak mau mendengarkan aajaran yang disampaikan oleh nabi Yunus as.

Ajaran yang disampaikan oleh nabi As merupakan ajaran baru, apalagi nabi Yunus bukan asli keturunan penduduk MInawa, sehingga ajaran yang disampaikan oleh nabi Yunus tidak diterima, hingga akhirnya nabi Yunus pergi setelah melihat tanda tanda munculnya azab, namun setelah tanda tanda munculnya azab datang kaum Minawa sadar dan mereka bertobat.

Kaum tersebut lari dan mencari nabi Yunus, mereka meminta ampunan kepada Allah SWT, hingga keadaan menjadi kembali seperti sedia kala. Kaum nabi Yunus as tetap mencari nabi Yunus untuk mengajari ajaran yang telah dibawa nabi Yunus as. Sedangkan di tempat lain nabi Yunus berputus asa dan naik kapal, namun ditengah perjalanan di laut, datang badai dan orang orang sepakat untuk mengurangi beban didalam kapal, undian kapal jatuh kepada nabi Yunus as hingga undian yang ke tiga. Hingga akhirnya nabi Yunus sadar bahwa ini adalah kehendak Allah SWT.

Selanjutnya nabi Yunus menjatuhkan diri kedalam laut, Allah memberi wahyu kepada ikan Nun atau ikan yang selama ini kita kenal sebagai ikan paus untuk menelan nabi Yunus as. Didalam ikan tersebut nabi Yunus as bertobat dan memohon ampunan kepada Allah SWT selama 40 hari didalam perut ikan paus, atas doa doa dan ampunan dari nabi Yunus as,

Akhirnya Allah memerintahkan ikan paus untuk menepi di pinggir laut dan mengeluarkan nabi Yunus as, kemudian Allah menumbuhkan pohon labu dan nabi Yunuas as yang lapar dan lemah akhirnya bisa bertenaga kembali, kemudian Allah memerintahkan kepada nabi Yunus as untuk kembali lagi kepada kaumnya. sekembalinya nabi Yunus as beliau sangat terkejut.

Kaumnya telah beriman kepada Allah SWT, nabi Yunus mengajari untuk menyempurnakan iman kepada penduduk Minawi. Kisah nabi Yunus as yang masuk kedalam perut ikan paus ini wajib kita ambil hikmahnya, Allah tetap akan menghukum orang orang walaupun itu Nabi atau Rosulnya. Dengan adanya kisah diatas maka mulai saat ini kita perlu memperbaiki tentang kisah nabi Nuh as ditelan ikan paus, sekarang kita sudah tahu kisah yang benar adalah kisah nabi Yunus as yang tertelan didalam ikan, apalagi kisah ini tertulis didalam al- quran.