Kisah Nabi Ayyub Singkat dan Jelas Dalam Kisah Kesabarannya

Posted on

Meneladani kisah nabi-nabi terdahulu memang hal yang harus ditanamkan dalam diri anak-anak muda jaman sekarang ini. Khususnya bagi yang beragama islam, dimana umat muslim yang ada di jaman ini sudah banyak mengalami pergeseran mental dan juga moralitas. Terlebih anak-anak yang masih berusia di bawah umur yang mana banyak yang tergoyahkan dengan ajaran baru yang berasal dari dunia maya. Banyak sekali dunia maya yang mulai menggoyahkan nasib anak bangsa di era ini. khusus untuk agama islam saja, pergeseran nilai moral dan juga norma mulai sangat memperihatinkan.

Banyak ditemukan berbagai gaya berbusana yang kurang sesuai dalam akidah. Sehingga hal ini tentu saja akan sangat mempengaruhi kemajuan nasib anak bangsa kedepannya. Apa yang dilakukan di dunia tentu saja akan berpotensi besar di akhirat nantinya. Sehingga setiap umat diharuskan untuk berhati-hati dalam menjaga dirinya baik melalui inderanya maupun hatinya.Mulailah untuk penanaman moralitas dalam diri anak-anak muda di jaman sekarang ini. mulailah dengan memperkenalkan ajara islam yang sesungguhnya. Dimana anak yang masih usia sangat belia itu tentu saja memiliki daya serap yang tinggi untuk menerima ajaran agama yang ada. Sehingga mulailah dengan mendidik anak-anak sejak usia masih belia.

Sehingga akan mudah untuk diajarkan sesuatu yang sesuai dengan kaidah yang ada. Bisa saja Anda mulia menceritakan kepada anak didik atau anak kandung sendiri dengan menyuapi berbagai cerita islamiah terkait dengan cerita para nabi dan juga kisah-kisah sahabat nabi yang ada dan bahkah sudah dituliskan di dalam Al-Quran. Dimana sebuah cerita yang dibacakan kepada mereka dengan menggunakan bahasa yang sesuai dengan bahasanya tentu akan sangat mudah dipahami oleh anak-anak seusianya dan juga akan menjadi menarik bila disesuaikan juga dengan berbagai kisah yang ada di kehidupan anak-anak.

image by fajrifm.com

Di dalam artikel ini sebenarnya tidak hanya membahasa kisah dari nabi Ayyub yang bermanfaat untuk anak-anak saja. Melainkan dapat juga dijadikan sebagai sumber bacaan oleh orang dewasa juga khususnya bagi yang beragama Islam. Sehingga mengenal kisah nabi Ayyub singkat dan jelas dalam pengemasan kisahnya ini juga perlu didalami oleh seluruh kaum muslim baik dewasa maupun orang tua.

Pertama, Anda harus mengenal siapakah gerangan nabi Ayyub itu sendiri. Nabi Ayyub yang mana berasal dari Rum atau disebut juga dengan Romawi. Dimana beliau ini adalah seorang yang memiliki nama Ayyub bin Mush bin Razak bin Al-‘ish bin Ishaq bin Ibrahin Al-Khalil. Dimana hal ini telah disebutkan di dalam sebuah kitab yang bernama kitab Tarik Ath-Thabari. Dan juga ada seorang ulama yang dalam kisahnya itu berliau mengatakan bahwa Ayyub itu adalah Ayyub Bin Mush Bin Raghwil bin Al-‘Ish bin Ishaq bin Ya’qub. Seorang ibnu juga ada yang mengatakan bahwa Ibu dari Ayyub itu sendiri merupakan peteri dari Nabi Luth Alaihissalam. Dengan seorang istri yang bernama Layaa binti Yaqub.

Dan juga istrinya yang paling masyhur Rahmah binti Afraim bin Yusuf bin Yaqub.Pada jaman dulu, dalam sebuah kisah nabi yakni kisah nabi Ayyub singkat dan jelas ini nabi Ayyub terkenal dengan kekayaan hartanya sangat terbilang kaya raya dan juga melimpah ruah. Dimana dalam kepemilikan hartanya itu beliau memiliki banyak sekali hewan ternak yang apabila sekarang dibentuk dalam rupiah akan sangat banyak sekali totalnya. Beliau memiliki unta, memiliki kambing, sapi, memiliki hewan ternak berupa keledai dan juga kudan yang tidak ada satupun yang bisa menyainginya di dalam kepemilikan harta dalam bentuk hewan ternak itu.

Dan juga dalam kepemilikan hartanya itu beliau juga memiliki harta berupa tanah yang mana berada di luar negeri Batsniyyah dan juga termasuk ke dalam daerah huran. Hal ini dapat diliha di Al-Bidayah wa An-Nihayah 1:507 dan juga dapat dilihat di Tafsir Al-Baghawi pada 17:176.Dalam artikel yang membahas mengenai kisah nabi Ayyub ini, ternyata Allah telah memberikan karunia kepada nabi Ayyub yang begitu mulia. Mungkin bagi Anda yang kurang menyimak bagaimana sejarah keisalaman terkait dengan nabi-nabi akan sedikit bingung, karunia apa saja yang ada pada nabi Ayyub itu sendiri. Yakni berupa karunia melalui keluarga dan juga anak laki-laki serta perempuan.

Dimana nabi Ayyub itu sendiri terkenal sebagai seorang yang sangat baik dan juga memiliki ketaqwaan yang amat baik. Bahkan beliau juga terkenal akan mencintai dan menyayangi kaum-kaum miskin yang ada. Sungguh, hal ini tentu saja harus dimiliki dan juga harus ditiru oleh setiap umat muslim yang ada di seluruh penjuru. Sehingga keteladanan ini tidak hanya berhenti di beliau saja, melainkan sebagai umat beragama dan juga umat islam yang memiliki tata aturan baik hendaklah tahu mana yang harus yang ditiru dan mana yang harus untuk ditinggalkan.

Beliau, Nabi nabi Ayyub ini, gemar untuk membantuk mereka para kaum miskin yang kelaparan, menyantuni para janda yang telah ditinggalkan oleh suaminya, dan juga anak-anak yatim yang ada di sekelilingnya itu. Terlebih jika ada kaum miskin yang mana mereka adalah kaum yatim juga. Hati ayyub akan tergerak dan langsung akan merasakan apa yang mereka rasakan itu. karena nabi Ayyub ini terkenal dengan kebaikan hatinya dan juga memiliki rasa kepedulian sosial yang tinggi terhadap sesamanya. Adapun hal yang juga wajib untuk ditiru lainnya adalah, nabi Ayyub ini memiliki sebuah sikap yang pandai untuk selalu bersyukur kepada Allah SWT. Sehingga ia akan tetap merasa kecukupan dan tidak pernah merasakan kekurangan di dalam hidupnya itu.

Suatu saat, dalam kisah nabi Ayyub singkat dan jelas ini beliau pernah diuji oleh Allah dengan sebuah penyakit yang amat besar. Dimana beliau diuji dengan sebuah penyakit yang menimpa badan nabi Ayyub dan juga ditimpa sebuah musibah atas harta dan juga anaknya itu. Semua yang dimiliki oleh nabi Ayyub itu seketika menjadi sirna. Beliau yang terkenal penyakit kulit itupun seperti lemah dan tidak berdaya untuk apa-apa . Beliau terkena sebuah penyakit yang dikenal dengan nama kusta atau dikenal dengan nama lepra.

Semua raib begitu saja. Yang tertinggal hanyalah hati dan juga lisannya saja. Banyak orang yang menjauh dari nabi Ayyub, akibat penyakit dan juga keadaan yang diderita oleh nabi ayyub itu. Hingga pada akhirnya beliau mengasingkan dirinya pada sebuah wilayah untuk menyendiri. Hanya istrinya saja yang rupanya mau untuk menemani Nabi yang terkenal sabar itu. Nabi ayyub yang menderita musibah yang berlangsung 7 tahun 7 bulan 7 hari itu sampai membuat badannya kurus dan juga sangat kasihan melihatnya. Tentu saja ada hikmah di balik ini semua. Yakni sebuah kesabaran yang dimilkinya.

Loading...