Kisah Nabi Ayyub dan Mukjizatnya Yang Begitu Luar Biasa Diteladani

Posted on

Kisah nabi-nabi yang terdahulu tidak boleh tertinggal begitu saja. Tidak boleh terbuang dan juga dilupakan begitu saja. Bagi Anda yang sudah banyak mendengar cerita yang bersumber dari kakek dan nenek Anda tentu saja tidak boleh menyampingkan begitu saja sekarang ini. Ada sebuah PR dan tugas bagi Anda untuk mengajarkan kepada anak cucu dan sahabat bahkan rekan yang lainnya yang sesama muslim untuk mendalami kisah nabi terdahulu. Mengapa harus dipelajari dan tidak boleh dilupakan? Kisah nabi syarat akan pembelajaran mental dan spiritual yang hebat.

Dimana kaya akan segala macam bentuk suri tauladan yang bermanfaat untuk diterpkan di dalam pergaulan dan juga mendidik anak-anak kecil dan anak-anak di sekitar Anda.Di dalam artikel ini akan dibahas mengenai berbagai kisah nabi ayyub dan mukjizatnya yang bisa dijadikan sebagai suri tauladan bagi Anda semuanya. Dan juga akan disediakan sebuah tips dan juga trik bagaimana agar Anak menjadi doyan menyerap ilmu agama khususnya adalah agama islam. Memang, saat ini mempelajari ilmu agama seperti terkesampingkan oleh banyak hal dan juga faktornya. Baik itu karena dirinya sendiri, maupun berbagai faktor yang mana disebabkan oleh media eksternal yang justru merusak perlahan-lahan moral anak bangsa.

Negara yang saat ini sudah berupaya semaksimal mungkin agar anak-anak terbatas dalam penggunaan gadjet rupanya masih belum berhasil untuk dituntaskan. Mengapa demikian, sebab segala sesuatu yang sudah terlanjur menjadi booming akanlebih baik jika yang ditumpaskan itu adalah akarnya. Namun, bila Anda tidak bisa menumpas akarnya maka akan lebih baik bila Anda membatasi dan juga membentengi diri Anda dengan berbagai hal yang bisa membuat diri Anda semakin kuat dan kebal terhadap pengaruh buruk yang akan terjadi pada diri Anda.

image by https://www.dream.co.id

Mulai bentengi diri Anda dan juga keluarga Anda dengan menyuguhkan segala sesuatu yang berbau keagamaan dan juga berbagai hal yang berkaitan dengan dunia moralitas agama dan etika berperilaku.Di sini akan membahas tentang kisah nabi Ayyub dan mukjizatnya ini tentu saja harus dimulai dengan mengenal siapa sih nabi Ayyub itu sendiri. Nabi Ayyub itu sendiri adalah seorang nabi yang merupakan seorang anak atau keturunan dari nabi Yusuf. Dimana nabi yusuf itu sendiri adalah seorang anak dari nabi Yaqub. Nabi Ayyub ini dahulu diutus oleh Allah SWT untuk memperbaiki akhlak para kaum romawi.

Agar mereka dapat mengikuti dan berbalik menuju ajaran Allah sebagaimana knabi Ayyub sendiri berbakti dan taat untuk beribadah kepada Allah. Betapa baiknya nabi Ayyub dahulu dimana beliau itu dipercaya oleh Allah sehingga beliau dititipi kelebihan di dalamnya berupa harta benda dan juga anak. Namun, atas segalanya yang dimiliki oleh nabi Ayyub, beliau yang kaya raya itu tidak pernah merasa sombong atau bahkan merasa mebanggakan atas apa yang dimilikinya itu. Nah hal inilah yang menjadi sebuah tanggung jawab besar dan juga menjadi sebuah sikap yang harus ditiru di jaman sekarang ini.

Dan bahkan Nabi Ayyub pada jaman itu terkenal sekali dengan berbagai kebaikan yang dimilikinya sehingga ia terkenal dalam membuat orang lain menjadi bangga atau bahasasekarang bisa dikatakan salut terhadap apa yang dilakukan oleh nabi Ayyub tersebut. Sehingga banyak sekali memunculkan berbagai kebanggaan dan juga banyak sekali merka yang telah ditolong oleh nabi Ayyub kemudian menjadi sangat menyayangi beliau sehingga beliau memiliki banyak dikenal oleh masyarakat.

Adapun kebaikan beliau dalam kisahnya yakni kisah nabi Ayyub dan mukjizatnya itu beliau yang tidak ada rasa sombong setitik pun dalam memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitarnya, misalnya saja dengan kekayaan yang tidak ada yang menandingin di jaman itu Nabi Ayyub tidak memiliki rasa sombong dan merasa riya atas apa yang dimilikinya. Beliau tetap memberi apapun yang ia miliki dan juga tetap selalu bersyukur atas apa yang dimilikiya. Sehingga pada suatu waktu beliau itu dikenal sebagai salah seorang yang memiliki tingkat kerajinan yang tinggi atas rasa syukurnya terhadap Allah SWT. Dimana beliau selalu saja bersyukur atas hal apa yang dimilikinya. Sehingga nabi Ayyub tidak pernah merasakan kekurangan di dalam hidupnya itu.

Banyak sekali harta yang dimiliki oleh nabi Ayyub. Seperti sapi, kambing, sejumlah unta, dan juga ada keledai, memiliki ternak kuda dan masih ada yang lainnya lagi. Memang, nabi Ayyub ini terkenal dengan kebaikan yang ada pada dirinya namun tidak pernah merasakan kesombongan dan meningginkan dirinya dihadapan orang lain. Serta tidak pernah meninggikan derajatnya di mata orang sekitarya. Sungguh hal ini sangat cocok sekali untuk diterpakan oleh anak bangsa yang ada di negara Indonesia.

Kemudian, saking baiknya dan sikap sabar yang dimiliki oleh nabi Ayyub itu beliau sampai diuji oleh Allah dengan sebuah musibah yang amat besar. Dimana beliau diberikan sebuah musibah berupa sakit yang menyerang kulitnya. Penyakit itu amat menjijikkan, sehingga banyak orang di sekitarnya yang enggan untu k mendekati nabi Ayyub. Dimana para istrinya juga melarikan diri dan menjauh dari karena tidak mau mendekatinya. Beliau juga diuji dengan harta benda yang dimilikinya yang terbilang kaya raya itu perlahan-lahan mulai ludes dan berkurang sedikit demi sedikit.

Allah memberikan sebuah cobaan dimana semua yang dimilikinya itu menjauh dari dirinya. Melalui sebuah penyakit yang terbilang menjijikkan itu, dimana kulit dari nabi Ayyub itu dipenuhi dengan belatung atau ulat yang perlahan-lahan mengahbisi dagingnya. Dan juga banyak orang yang enggan untuk berdekatan dengan beliau. Kemudian, beliau pergi untuk mengurungkan diriya. Menjauh dari masyarakat dan berada di tempat yang jauh dari pemukiman orang. Dia hanya ditemani  stau istrinya yang begitu sayang dengan dirinya itu.

Dimana istrinya itu sangat setia untuk merawat sampai keadaan nabi Ayyub bisa membaik. Kemudian, sakit yang diderita nabi Ayyub sampai berlangsung 7 tahun, 7 bulan 7 hari lamanya. Tak terasa memang, samapai kulit dan juga daging nabi Ayyub itu kecil atau badannya terlihat kurus dan sangat merasa belas kasihan sekali bila orang lain melihatnya.Hingga suatu ketika, Allah kemudian memberhentikan ujian dengan memberikan sebuah keajaiban kepada nabi Ayyub melalui para malikatnya. Dimana penyakit dari nabi Ayyub kemudian diangkat dan seketika ia menjadi sembuh seperti sedia kala.

Atas kesabaran yang menjadikannya sebuah mukjizat itu datang kepadanya menjadi sebuah suri tauladan. Atas kesabarannya itulah kemudian nabi Ayyub didekati kemabali oleh para istrinya yang dahulu menjauh. Dan juga hartanya yang tidak pernah ia sombongkan itu kembali padanya. Pembelajaran dari kisah nabi Ayyub dan mukjizatnya ini adalah mengenai kesabaran yang tiada habisnya.  Dan juga rasa syukur dan tidak pernah menyombongkan diri.

Loading...