Suatu negara dengan segala kondisi didalamnya pasti akan membutuhkan kerjasama demi kesejahteraan warga dan juga untuk eksistensinya di dunia. Kerjasama antar negara ini bisa dilakukan baik dengan salah satu negara atau dengan banyak negara. Hal ini tergantung dari tujuan yang ingin dicapai oleh masing masing negara.

Termasuk juga Indonesia. Indonesia adalah negara yang kaya akan segala sumber daya alam atau SDA. Meskipun demikian, Indonesia tetap tidak bisa jika harus hidup tanpa melakukan kerjasama dengan negara lain. bagaimanapun relasi akan tetap sangat dibutuhkan terutama untuk membangun hubungan yang baik, mempertahankan negara, dan lain sebagainya.

Pengertian kerjasama bilateral dan tujuannya

Kerjasama yang dilakukan bisa dalam berbagai bentuk. Hubungan kerjasama yang dilakukan antara dua negara dalam berbagai aspek baik di aspek ekonomi, politik, maupun budaya disebut sebagai hubungan bilateral. Umumnya kerjasama bilateral ini adalah jenis perjanjian yang dilakukan oleh berbagai negara di dunia.

Kerjasama Bilateral Adalah, Tujuan, dan Contoh Kerjasamanya

Dengan adanya kerjasama ini, antar negara bisa memberikan dampak yang baik dan juga menerima timbal balik dari masing masing negara. Sama saja konsepnya seperti kerjasama bisnis antar perusahaan. Dimana nantinya tiap tiap perusahaan akan menerima timbal balik dari hasil kerjasama yang dilakukan. Dan tentu saja hal tersebut dilakukan agar masing masing mendapatkan keuntungan yang diharapkan.

Tujuan adanya kerjasama bilateral

Umumnya tujuan diadakannya kerjasama bilateral antar negara ini ialah sebagai berikut:

  • Mengadakan kerjasama untuk saling membantu terutama dalam rangka memenuhi kebutuhan yang belum mampu dipenuhi oleh suatu negara
  • Dalam urusan perekonomian, antar negara mampu untuk mencukupi kebutuhannya terutama untuk berbagai barang yang tidak mampu diproduksi pada masing masing negara.
  • Dalam urusan politik, antar negara biasanya bekerjasama untuk saling membantu dalam urusan pertahanan, dan juga bekerja sama untuk saling menghargai batas wilayah. Dengan kata lain ialah menegaskan kedaulatan dari batas batas wilayah di negara tersebut.
  • Menjadi bentuk usaha untuk mewujudkan perdamaian dan juga ketertiban antar negara
  • Dalam urusan budaya, antar negara bisa saling mengenalkan budayanya masing masing sehingga bisa lebih dikenal, dan masih banyak lagi tujuan lainnnya

Sejak Indonesia merdeka, Indonesia terus berusaha untuk membangun negeri tercinta ini dengan segala usaha. salah satunya ialah dengan melakukan pembangunan. Akan tetapi pembangunan yang dilakukan akan lebih mudah dan lebih cepat bila segala yang dibutuhkan terpenuhi. Sehingga untuk memenuhi segala kebutuhan yang tidak ada di tanah air, maka Indonesia membuat kerjasama dengan negara lain untuk memenuhi kebutuhan.

Selain itu dengan melakukan kerjasama bilateral, Indonesia juga akan terus mampu mengenalkan namanya di mata dunia. Dengan begitu Indonesia bisa eksis dan diakui di mata dunia. Karena dengan adanya pengakuan dari negara lain, tentu saja hal ini lebih memudahkan bagi Indonesia untuk menjalankan aktivitas dan memenuhi kesejahteraan rakyatnya. Bahkan kerjasama bilateral ini juga dilakukan hingga saat ini. Untuk melakukan kerjasama bilateral ini, biasanya akan dilakukan penandatanganan persetujuan atau agreement yang menjadi saksi atau bukti dari terbentuknya kerjasama bilateral yang dilakukan.

Contoh kerjasama bilateral Indonesia

Kerjasama bilateral ini bisa dilakukan dengan cara diplomatik. Cara ini dilakuakn dengan mempertemukan Kementerian Luar Negeri yang berada di ibu kota negara dan juga perwakilan diplomatik negara atau Kedutaan Besar yang ada di ibu kota negara. Sehingga nantinya mampu terjalin hubungan bilateral. Untuk itulah dibentuk Kedutaan Besar yang memiliki tugas diplomasi sepperti perwakilan negara, perundingan, pelaporan, termasuk juga sebagai agen perlindungan bagi warga negara yang berada di negara lain.

Sudah ada begitu banyak kejasama bilateral yang dilakukan Negara Indonesia dengan berbagai negara lain. sebagai contoh saja, berikut ini ada beberapa contoh bentuk kerja sama yang pernah dan masih dilakukan oleh Negara Kesatuan Republik Indonesia.

1. Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Brunei Darussalam

Kejasama yang terjadi antara Indonesia dengan Brunei Darussalam adalah dalam perdagangan ekspor impor. Dimana Indonesia mengekspor berbagai hasil pertaniannya seperti sayuran, buah buahan, fashion, dan juga kendaraan ke brunei Darussalam. Indonesia juga mengirimkan tenaga kerja ahli ke brunei Darussalam. Sebagai timbal baliknya, Brunei Darussalam akan mengekspor minyak buminya ke tanah air.

2. Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Malaysia

Kerjasama Indonesia dengan Malaysia dilakukan dalam bidang investasi secara garis besar. Hal ini terlihat dari banyaknya investor asal Malaysia yang menanamkan modalnya dalam industri perkebunan kelapa sawit. Tentu saja dengan adanya investasi ini pada akhirnya tidak hanya memberikan keuntungan bagi Malaysia saja akan tetapi juga bagi indonesia karena telah mendapatkan suntikan dana sehingga operasional dapat berjalan dengan lancar. Sedangkan dari Indonesia mengirimkan tenaga kerjanya ke luar negeri terutama mengirimkan pada ahli.

3. Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Singapura

Kerjasama Indonesia dengan Singapura dilakukan dalam berbagai sektor. Untuk kerjasama ini, Indonesia melakukan ekspor minyak mentah, gas alam, sayur sayuran, kayu lapis, dan berbagai bahan lain. Sedangkan Singapura memberikan imbal balik berupa keikutsertaannya yang konsisten dalam menjadi investor asing di tanah air. Bahkan tercatat vahwa Singapura menjadi salah satu investaor asing terbesar di tanah air.

4. Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Turki

Kerjasama Indonesia dengan Turki telah berlangsung cukup lama baik dalam aspek politik, ekonomi, perdagangan, maupun aspek lain. Bahkan dalam urusan medis Indonesia dan juga Turki menjalin hubungan baik. Dalam aspek pendidikan Turki juga banyak berperan penting dalam memberikan beasiswa. Hal ini memperlihatkan bahwa hubungan antara kedua Negara berjalan dengan baik

5. Kerjasama Bilateral Indonesia dengan Jepang

Kerja sama Indonesia dengan Jepang juga berlangsung dengan baik dari berbagai bidang. Dalam bidang perekonomian, bahkan tercatat bahwa Jepang merupakan salah satu mitra ekspor impor terbesar untuk tanah air kita. Kerjasama ekspor impor ini dilakukan untuk memperdagangkan hasil tambang, batu barang, gas alam, porduk trkstil, perlengkapan listrik, mesin, dan masih banyak lagi. Sedagkan barang barang yang diekspor dari Jepang ialah berupa mesin, suku cadang, kendaraan, produk plastik, perlengkapa listrik, dan lain lain.

Untuk kerjasama dengan Jepang ini tentu Anda bahkan bisa merasakan dan menemukan dengan mudah dalam kehidupan sehari hari, bukan? Hal inimenunjukkan bahwa kerja sama diantara keduanya begitu sukses. Di bidang investasi, Indonesia dan Jepang juga mengalami kerjasama yang baik. Bahkan investasi ini berlangsung sejaktahun 1967 hingga tahun 2007. Bahkan saat itu juga pernah terbentuk sebuah forum investasi yang terdiri dari pemerintah dan swasta baik dari jepang dan juga dari Indonesia.

Dengan mengadakan berbagai hubungan bilateral ini, Indonesia bisa memenuhi kebutuhannya terutama kebutuhan yang tidak bisa dipenuhi sendiri oleh negeri ini. Selain itu, kerjasama bilateral juga memberikan peluang bagi Indonesia untuk meningkatkan eksistensinya di mata dunia. Dengan begitu Indonesia bisa mengenalkan potensi yang dimiliki kepada negara negara lain.