Keris Mpu Gandring Ken Arok Yang Asli dan Misterinya

Posted on

Siapa yang tak mengenal Mpu Gandring. Namanya sering sekali disebut sebut dalam setiap menceritakan sejarah bangsa kita tertutama pada jaman kerajaan. Namanya sebagai seorang pembuat keris sangat populer terutama pada masa itu. Bahkan dengan keris buatannya, ia makin menjadi orang yang begitu dikenal dan juga begitu berpengaruh dalam pembentukan sejarah tanah air kita.

Saat kita duduk di bangku sekolah bahkan sejak pada tingkatan sekolah dasar, keris Mpu Gandring sudah menjadi cerita yang selalu diperdengarkan. Maka tak heran bila anak anak hingga orang dewasa akan langsung mengetahui begitu mendengar namanya dan juga kerisnya.

Sejarah keris mpu gandring

Keris Mpu Gandring ini begitu populer tidak hanya karena kesaktiannya yang begitu besar. Akan tetapi juga karena adanya kekuatan yang maha dahsyat yang menyertai jalannya Keris Mpu Gandring ini. Bahkan keterlibatan Keris Mpu Gandring mampu mempengaruhi cerita cerita dalam kehidupan masa kerajaan dahulu. Ceritanya yang sangat fenomenal dimana ia bersumpah bahwa keris ini akan membunuh Ken Arok beserta orang orang terdekatnya dengan menggunakan Keris Mpu Gandring ini menjadi awal mula cerita dan sejarah yang cukup panjang.

Kisah yang muncul adalah berawal dari seorang pemuda bernama Ken Arok yang memiliki ambisi yang begitu besar dalam hidupnya untuk menjadi seorang raja. Ken Arok adalah keturunan dari Dewa Bahma dan Ken Endok. Suatu ketika dia meminta Mpu Gandring untuk membuatkan sebuah keris sebagai pusakanya, akan tetapi sebelum selesainya keris yang dibuat Ken Arok sudah langsung merebutnya dari Mpu Gandring.

Padahal seperti yang telah diperingatkan sebelumnya bahwa keris tersebut masih berhawa panas dan jahat dimana keris tersebut dibuat dari sebuah meteorit yang diproses untuk dijadikan keris. Karena prosesnya yang masih belum sempurna maka Mpu Gandring menolak untuk menyerahkan keris pada Ken Arok.

Penolakan yang dilakukannya ini malah justru membawanya menuju kematian di tangan Ken Arok sendiri menggunakan keris yang masih belum seutuhnya selesai. Menurut cerita yang dipercayai bahwa keris Mpu Gandring ini akan segera kembali menjadi batu meteor setelah keris tersebut menyelesaikan tugasnya.

Keris Mpu Gandring Ken Arok Yang Asli dan Misterinya

Di tangan Ken Arok bersama dengan Keris Mpu Gandring ini dikatakan bahwa ada banyak sekali darah yang mengucur dan nyawa yang terenggut. Termasuk juga di dalamnya adalah sosok penting kerajaan termasuk juga Mpu Gandring. Mpu Gandring adalah korban pertama dari keris tersebut.

Kejadian ini berawal dari janji Mpu Gandring yang tak terpenuhi. Dimana Mpu Gandring berjanji untuk menyelesaikan keris dalam waktu satu hari. Akan tetapi karena Mpu Gandring benar benar bersunggung sungguh dalam mendesain dan menyelesaikan kerisnya ini sehingga waktu yang dibutuhkan lebih lama dari yang dijanjikan. Sedangkan Ken Arok adalah seseorang dengan ambisi besar yang sulit untuk bisa mengontrol emosinya.

Dia sudah tak sabar ingin segera memiliki keris pesanannya. Hingga akhirnya Ken Arok Ken Arok merampas keris tersebut dan membunuh Mpu Gandring. Hingga akhirnya Mpu Gandring memberikan kutukan dalam keris tersebut. Dan ternyata benar, secara bertubi tubi keris tersebut terus saja memenuhi kutukan yang melekat padanya. Keris tersebut terus saja menghujam ke orang orang yang berada dekat dengan Ken Arok hingga berhasil merenggut nyawa mereka satu persatu.

Kisah pembunuhan yang bertubi tubi dengan Keris Mpu Gandring ini benar benar diwarnai dengan balada cerita yang begitu dramatis. Semuanya berawal dari Ken Arok yang tidak sabar dan juga menghalalkan segala cara untuk bisa menjadi seorang raja. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Ken Arok adalah orang biasa meskipun dia adalah keturunan Dewa Brahma. Beberapa korban dari keris Empu gandring adalah:

  1. Empu Gandring
    Mulai dari keberaniannya tanpa pikir pajang untuk membunuh sang pembuat keris, yaitu Mpu Gadring.
  2. Tunggul Ametung
    Selanjutnya dia merancang untuk melakukan pembunuhan kepada Tunggul Ametung yang saat itu memerintah kerajaan.
  3. Kebo Ijo
    Bahkan setelah Tunggul Ametung, dia juga membunuh Kebo Ijo dengan menghunuskan kerisnya pada Kebo Ijo yang ia fitnah sebagai pembunuh Tunggul Ametung. Akhirnya Ken Arok memperistri Ken Dedes.
  4. Ken Arok dan Ki Pengalasan
    Suatu saat anak Ken Dedes bersama dengan Tunggul Ametung yang bernama Anusapati mengetahui kebenaran tentang kematian ayahnya. Hngga akhirnya tersirat untuk menuntut balas dan akhirnya benar, dia membunuh Ken Arok dengan menghubuskan Keris pada Ken Arok. Namun cerita dan kutukan Keris Mpu Gandring tak selesai disitu saja. Rencananya ini dia lakukan bersama dengan Ki Pengalasan yang diminta sebagai eksekutor. Hingga akhirnya Ken Arok terbunuh dan Anusapati juga membunuh Ki Pengalasan untuk menghilangkan jejak.
  5. Anusapati
    Akhirnya Anusapati menuduki bangku kerajaan akan tetapi hal ini tak berlangsung lama. Karena Tohjaya yang merupakan anak Ken Arok selanjutnya membunuh Anusapati untuk merebut kekuasaan.
  6. Tohjaya
    Tohjaya akhirnya menguasai Singasari. Namun kekuasaannya juga tak berlangsung lama karena banyak yang tidak puas dengan masa pemerintahannya baik kaum elit maupun dari rakyat. Hingga akhirnya tercipta peperangan antar mereka dan Tohjaya pun meninggal dalam peperangan. Pada akhirnya kekuasaan dikendalikan oleh Ranggawuni hingga mencapai masa damai di Kerajaan Singasari. Pada saat itulah, Keris Mpu Gandring sudah tak dapat ditemukan lagi.

Misteri keberadaan keris mpu gandring

Kisah Ken Arok bersama dengan keris buatan Mpu Gandring ini membuat masyarakat penasaran apakah benar bahwa keris Mpu Gandring memang benar benar ada. Seperti yang telah dijelaskan bahwa Keris Mpu Gandring dibuat dari bongkahan logam yang berasal dari meteor. Namun diketahui bahwa bongkahan logam tersbut memiliki aura yang begitu negatif, jahat, dan haus akan darah. Dabhkan diketahui bahwa keris Mpu Gandring juga telah membunuhnya.

Keris Mpu Gandring juga membunuh banyak orang orang termasuk juga Ken Arok sendiri sebagai pemiliknya. Maka dapat disimpulkan bahwa keris Mpu Gandring adalah keris yang tidak bertuan. Konon diceritakan pula bahwa pada akhirnya keris Mpu Gandring ini telah dihilangkan aura jahatnya dengan dibawa kedalam kawah Gunung Kelud sebagai tempat untuk membrangus aura jahat keris tersebut. Hal ini dilakukan oleh Raja Singosari saat itu.

Lalu apakah benar bahwa keris buatan Mpu Gandring ini memang benar benar ada? Banyak yang mengatakan bahwa keris Mpu Gandring ini hanyalah legenda belaka. Akan tetapi tak sedikit pula yang beranggapan bahwa keris Mpu Gandring memang benar benar ada. Tentu saja ini menjadi kontroversial sekali. Namun bila dirunut dari kisah yang beredar, bahka keris ini akan menjadi batu meteorit kembali apabila tugasnya sudah selesai, maka mungkin keberadaan keris ini memang sedikit disangsikan kebenarannya.

Beberapa memang mengatakan bahwa keris ini ada dan berada di kawah gunung Kelud. Akan tetapi mari kita sadar dan akui bersama bahwa hal ini hanyalah legenda dan hanya ada di cerita. Karena hingga saat ini tidak ada cerita ataupun informasi yang valid yang menyatakan bahwa keris Mpu Gandring memang benar benar ada.