Kelebihan Nabi Yusuf Serta Mukjizatnya Dalam Sejarah Islam

Posted on

Nabi Yusuf merupakan seorang putra ke tujuh dari ke dua belas putra dan putrinya Nabi Ya’qub. Ia bersama dengan adiknya yang bernama Benyamin memiliki Rahil yaitu saudara sepupu dari Nabi Ya’qub. Dan Ia dikaruniakan oleh Allah dengan beberapa kelebihan yang mana kelebihan Nabi Yusuf yaitu wajah yang rupawan serta tubuh yang tegap yang hal ini menjadikan Nabi Yusuf menjadi idaman para wanita. Ia merupakan seorang anak yang sangat dimanja oleh ayahnya dan lebih disayang serta dicintai dibandingkan dengan saudara-saudaranya yang lain.

Dan setelah ibu kandungnya wafat saat beliau berusia 12 tahun.. Adapun perlakuan dari Nabi Ya’qub pada anak-anaknya menimbulkan rasa dengki di antara saudara-saudaranya yang lain yang merasakan bahwa mereka telah dianggap anak tiri oleh ayahnya yang tak adil kepada anaknya dan memanjakan Yusuf dibandingkan anak lainnya. Perasaan kesal anak-anak lainnya terhadap ayahnya menimbulkan iri hati pada Yusuf membuat rasa setia kawan di antara saudara- saudara Nabi Yusuf.

image by http://muslimgen.blogspot.co.id

Dan terdapat satu kisah Nabi Yusuf dalam satu surah penuh yang bernama surah Yusuf yang menyebutkan bahwa turunnya surah Yusuf tersebut karena orang Yahudi memintar kepada Rasullah Saw untuk menceritakan sejarah kisah Nabi Yusuf. Yang mana kisah Nabi Yusuf ini telah mengalami perubahan pada sebagian ceritanya dan terjadi penambahan pada sebagiannya. Kemudian Allah s.w.t menurunkan satu surah penuh yang diberikan secara lengkap yang menceritakan tentang Nabi Yusuf serta kelebihan Nabi Yusuf yang menjadi suatu sejarah penting dalam agama Islam.

Nabi Yusuf mendapatkan banyak cobaan dalam hidupnya. Ia menghadapi persengkokolan yang datang dari orang terdekatnya yaitu saudara-saudaranya. Para saudaranya merancang sebuah niat jahat dimana mereka ingin membunuhnya. Dan rencana tersebut dibuat ketika Yusuf masih kecil. Dan pada akhirnya Yusuf dijual ke Mesir yang lalu dibeli oleh seseorang yang membelinya dengan harga yang sangat murah. Selain itu juga Yusuf menghadapi rayuan maut dari istri seorang pejabat penting di kala itu. Dan pada saat Yusuf menolak rayuan dari wanita tersebut, Yusuf dimasukkan ke dalam penjara.

Banyaknya kesengsaraan Nabi Yusuf yang pelik dan menyedihkan, namun Yusuf tetap tabah dan akhirnya menjabat sebagai pemimpin di Mesir. Meskipun beliau menjadi seorang menteri serta raja pertama di pemerintahan Mesir, namun Ia tak pernah lupa akan keyakinannya dan memulai dakwah di jalan yang di ridhoi oleh Allah s.w.t. Jika merunut pada kelebihan Nabi Yusuf melalui Mukjizat yang dihadirkannya seperti berikut ini :

Pidato Nabi yusuf sangat manis sampai merasuk ke hati bagi siapa yang mendengarkannya. Ada banyak orang yang menjadi beriman karena mendengar kata-kata manis yang keluar dari Nabi Yusuf dan akhlak beliau.

  • Wajah yang tampan dari nabi Yusuf seperti cahaya matahari yang membuat siapapun yang melihatnya akan terasa dipaksa untuk terus melihatnya.
  • Doa dari Nabi Yusuf yang memiliki keutamaan dan menjadi satu doa penting sehingga doa-doanya tersebut d
    ikabulkan oleh Allah s.w.t.
  • Nabi Yusuf dikatakan sebagai ahli tafsir mimpi karena di antara mukjizat yang dimiliki oleh beliau, namun mukjizat ini yang menarik banyak orang yang mana Nabi Yusuf pandai menafsirkan mimpi. Dan tafisrannya tersebut selalu memiliki makna yang mendalam. Adapun kelebihan dari Nabi Yusuf ini yang membuat banyak orang tertarik padanya.

Demikianlah kisah dan kelebihan Nabi Yusuf yang telah dibahas secara ringkas. Tentunya dengan adanya kisah dari Nabi Yusuf serta mukjizat yang dimiliki oleh beliau menjadi suatu pembelajaran dan menambah wawasan Anda mengenai kisah sejarah para Nabi yang tentunya hal ini bisa menambah kepercayaan dan ketakwaan Anda akan agama Islam dan menjadikan Anda sebagai seorang yang memiliki akhlak seperti layaknya Nabi Yusuf yang meskipun mendapatkan banyak hinaan serta penderitaan dari saudara-saudaranya, namun hal ini tidak menyurutkan imannya akan agama serta selalu berpegang teguh kepada Allah s.w.t.