Setiap negara memiliki rencana pembangunan infrastruktur negara berbeda-beda. Hal tersebut berkaitan dengan kemampun anggaran dana yang dimiliki setiap negara. Semakin bagus dan masuk dalam kategori terbaik dalam pembangunan infrastruktur negara. Salah satu infrastruktur negara yaitu jembatan. Setiap kepulauan seperti Indonesia membutuhkan pembangunan jembatan yang lebih modern sebagai penghubung dari suatu derah ke daerah lain terutama daerah yang dipisahkan oleh laut maupun selat.

Salah satu negara yang telah berhasil membangun jembatan dengan ketinggian yang tidak biasa melebihi 300 meter. Jembatan yang memiliki ketinggian yang tidak umum dapat masuk dalam kategori jembatan tertinggi di dunia. Negara yang mampu membangun jembatan yang msuk dalam kategori tertinggi di dunia pastinya memiliki kebanggan tersendiri. Karena tidak setiap negara mampu mencetak prestasi luar biasa dalam pembangunan infrastrukturnya seperti jembatan. Berikut beberapa jembatan tertinggi di dunia yang begitu menakjubkan.

1. Jembatan Beipanjiang Duge

Jembatan Beipanjiang Duge


Jembatan tertinggi di dunia yang pertama yaitu Beipanjiang yang terletak di China tepatnya di Dugexiang, Guizhou. Jembatan ini dibangun di atas laut dengan tinggi jembatan sekitar 565 m. Jembatan ini memiliki panjang sekitar 720 meter. Anda dapat bayangkan tinggi jembatan 500 meter di atas permukaan laut tentunya membuat Anda sedikit takut dan terkesan ekstrem. Akan tetapi Anda tidak perlu khawatir tentunya jembatan tersebut sudah dibangun dengan sangat kokoh serta memperhatikan berbagai kemungkinan yang akan terjadi. Anda dapat menikmati pemdangan di atas laut yang sangat indah dan memukau.

2. Jembatan Siduhe

Jembatan Siduhe
Jembatan tertinggi di dunia selanjutnya yaitu Siduhe. Dimanakah letak jembatan Siduhe? Mari, simak info lengkapnya. Jembatan tertinggi di dunia kedua ternyata masih berada di negara China tepatnya di Yesanguanzhen, Hubei. Jemabatan ini selesai di bangun dan diresmikan pada tahun 2009. Jembatan Siduhe lebih panjang dibandingkan dengan jembatan Beipanjiang yaitu sekitar 900 m. Jembatan Siduhe sebagai ejmabtan tertinggi kedua memiliki ketinggian berkisar 496 m.

3. Jembatan Puli Xiang

Jembatan Puli Xiang
Jembatan tertinggi di dunia ketiga masih berada di negara China yaitu jembatan Puli. Jembatan Puli xiang terletak di Yunnan negara tirai bamboo, China. Jembatan ini memiliki ketinggian sekitar 485 meter. Anda dapat membayangkan betapa tinggi jembatan dengan ketinggian di atas 400 meter. Panjang jembatan Puli xiang yaitu 628 m. Jika membandingkan dua jemabtan sebelumnya jembatan ini lebih pendek dibandingkan jembatan sebelumnya yang terdapat di negara China. Berdasarkan sumber bahwa jembatan Puli xiang belum lama selesai dibangun yaitu pada tahun 2015.

4. Jembatan Yachi

Jembatan Yachi
Jembatan Yachi masih terletak di negara China tepatnya di Daguanzhen, Guizhou. Jembatan Yachi merupakan jembatan tertinggi selanjutnya di dunia. Ketinggian jembatan Yachi yaitu 434 m. Jembatan tertinggi di dunia ini memiliki panjang sekitar 800 m. Sungguh luar biasa bukan negara China memiliki banyak jembatan dengan ketinggian spektakuler.

5. Jembatan Qingshuihe

Jembatan Qingshuihe
Jembatan Qingshuihe berlokasi di Weng’an, Guizhou, negara China . Jembatan tertinggi kelima di dunia yang ada di China belum lama dibangun yaitu selesai pada tahun 2016. Jembatan ini memiliki panjang yang luar basa dibandingkan 4 jembatan sebelumnya yang terdapat di China yaitu 1.130 meter. Kemudian, ketinggian jembatan Qingshuihe yaitu 406.

6. Jembatan Hegigio Gorge Pipeline

Jembatan Hegigio Gorge Pipeline
Jembatan tertinggi keenam selanjutnya bernama Hegigio Gorge Pipeline yang berada di Papua Nugini yaitu Otoma. Jembatan ini memiliki ketinggian sekitar 393 m. Jembatan yang terletak di Papua Nugini mempunyai panjang 470 meter. Jembatan Hegigio Gorge Pipeline sudah termasuk lama dibangun sejak tahun 2005. Apakah Anda penasaran dengan jembatan tertinggi selanjutnya? Jangan berhenti membaca sebelum Anda mendapatkan 10 jembatan tertinggi di dunia.

7. Jembatan Baluarta

Jembatan Baluarta
Jembatan Baluarta merupakan jembatan yang tercatat tertinggi di dunia ke tujuh. Jembatan Baluarta berlokasi di El Palmito, daerah Sinaloa, negara Meksiko. Jembatan ini memiliki ketinggian sekitar 390 m. Panjang jembatan Baluarta yaitu 520 m.

8. Jembatan Liuguanghe

Jembatan Liuguanghe
Jembatan tertinggi kedelapan di dunia terletak di China. China merupakan negara yang memiliki perkembangan perekonomian yang tinggi sehingga tidak heran bila sarana insfrastruktur dibangun dengan sangat lengkap dan terbaik seperti jembatan-jembatan yang terdapat di China. Lokasi tepat jembatan Liuguanghe yaitu Liutongxiang, Guizhou, negara China. Jembatan Liuguanghe memiliki tinggi 375 m dan panjang sekitar 580 m.

9. Jembatan Balinghe

Jembatan Balinghe
Jembatan tertinggi kesembilan di dunia yaitu Balinghe di Guanling, Guizhou, China. Negara Chuan sudah tidak dapat diragukan lagi percepatan perkembangan di bidang ekonomi dan infrastruktur. Selain infrastruktur, dapat kita lihat berbagai macam produk yang telah di uat China mulai dari peralatan elektronik, gadget, smartphone, kain , baju, dan lain-lain. Sungguh luar biasa semangat negara China dalam memajukan bisnisnya. Jembatan Balinghe memiliki ketinggian 370 meter. Panjang jembatan Balinghe yaitu sekitar 1.088 meter. Anda dapat melihat gambar jembatan yang terdapat di China melalui internet. Negara kita patut mencontoh semangat masyarakat China dalam membangun negaranya.

10. Jembatan Beipanjiang Guanxing

Jembatan Beipanjiang Guanxing
Jembatan Beipanjiang Guanxing merupakan jembatan tertinggi kesepuluh di dunia. Lagi-lagi jembatan tertinggi kesepuluh ini berada di negara Tirai Bambu. Jembatan yang dibangun di China tergolong dalam jembatan yang tertinggi di dunia. Anda dapat bayangkan sendiri anggaran pembangunan jembatan dengan ketinggian yang luar biasa dengan ketinggian di atas 300 meter. Jembatan ini termasuk jembatan yang sudah lama dibangun yaitu tahun 2003. Jembatan ini terletak di Xingbeizhen, Guizhou. Jembatan ini memiliki tinggi berkisar 366 meter. Kemudian, panjang jembatan Beipanjiang Guanxiang yaitu 388 meter. Begitu banyak jembatan yang telah dibangun di China, jika Anda bepergian ke China dapat berkeliling melalui jembatan yang tertinggi di dunia.

Anda dapat melihat negara yang mampu membangun jembatan tertinggi pasti memiliki kekuatan ekonomi yang tinggi. Berdasarkan penjelasan di atas negara yang memiliki jembatan tertinggi terbanyak yaitu negara China. Negara China sudah diakui negara di dunia yang memiliki pembangunan perekonomian yang bagus dan tinggi. Oleh karena itu, wajar bila China mampu membangun infrastruktur yang luar biasa seperti jembatan tertinggi di dunia. Semangat pembangunan ekonomi negara China patut di tiru oleh negara lain sehingga pembangunan infrastruktur negara lancar. Semoga info yang dijelaskan bermanfaat untuk Anda semua.