Letak geografis berbagai tempat di bumi terdiri dari daratan dan lautan. Untuk menghubungkan dua daratan atau lebih, maka dibutuhkan adanya sebuah penghubung. Dalam hal ini para manusia menggunakan sebuah jembatan yang megah dan besar menjulang di atas lautan. Jembatan mempunyai banyak fungsi untuk perkembangan peradaban manusia. Sebagai contoh untuk kelancaran transportasi, memperlancar kegiatan ekspor impor dan sebagainya.

Sejak zaman dulu telah banyak dibangun jembatan di berbagai negara di dunia. Kali ini akan dibahas beberapa jembatan terpanjang di dunia di atas laut. Keberadaan laut yang sangat luas tidaklah menjadi hambatan untuk pembangunan jembatan ini. Berikut adalah nama-nama jembatan panjang yang dibangun di atas luasnya lautanyang sangat luar biasa.

1. Jembatan Jiaozhou Bay

Jembatan Jiaozhou Bay


Jembatan Jiaozhou Bay terletak di timurnya provinsi Shadong,tepatnya di kota Qingdao, China. Jembatan yang telah dibuka secara resmi sejak tanggal 30 juni tahun 2011 ini memiliki panjang jembatan 26,4 mil atau 42 km. Dengan ukuran jembatan sepanjang itu, Jiaozhou masuk dalam deretan nama jembatan terpanjang di dunia yang di bangun di atas laut. Dalam pembangunan jembatan ini telah menghabiskan dana sebesar 1,5 miliar dolar Amerika atau setara dengan Rp. 12,8 triliun. Jembatan ini diselesaikan dalam kurun waktu empat tahun. Jembatan yang setiap harinya dilalui oleh kurang lebih tiga puluh ribu ini di topang dengan tiang sebanyak lima ribu. Untuk bisa melintasi jembatan ini butuh waktu kira0kira 30 menit.

2. Jembatan Chesapeake Bay

Jembatan Chesapeake Bay
Jembatan ini dibangun di atas teluk Chesepeake, Maryland Amerika. Jembatan yang mempunyai panjang kurang lebih 24 km ini menghubungkan dua wilayah, yakni wilayah pedesaan negara yang berada di kawasan pantai timur dan perkotaan Shore barat. Pada tahun 1952 jembatan ini sudah bisa difungsikan namun hanya memiliki panjang 6,9 km. Kemudian pada tahun 1973 jembatan ini di renovasi dan di tambah ukuran panjangnya. Jembatan ini dibangun dengan struktur bangunan baja.

3. Jembatan Penang

jembatan penang
Jembatan Penang merupakan jembatan yang menghubungkan dua wilayah yaitu bayan lepas yang berada di pulau lepas dengan Sebrang prai yang berada di daratan semenanjung Malaysia. Selain itu, jembatan ini juga menghubungkan Jalan lintas Selatan-Utara di Prai dengan Jalan Tol Jelutong yang berada di Bayan Lepas. Jembatan yang telah resmi dibuka sejak tanggal 14 september 1985 mempunyai panjang 13,5 km dan masuk dalam deretan nama jembatan terpanjang di Asia Tenggara. Sebelum jembatan penang ini dibangun, orang-orang memakai jasa kapal feri yang menghubungkan antara pulau Penang dan Daratan.

Melihat volume kendaraan yang melewati jembatan ini semakin meningkat, pada tahun 2004, Jembatan yang mempunyai dua jalur ini mulai direnovasi. Jembatan yang asalnya hanya mempunyai 4 lajur kini ditambah dengan dua lajur lagi sehingga menjadi 6 lajur. Hingga pada tahun 2009, Dato’ Shezimen selaku menteri pekerjaan umum Malaysia secara resmi membuka jembatan tersebut.

4. Jembatan Danyang –Kunshan

Jembatan Danyang –Kunshan
Jembatan yang berada di Tiongkok, China ini memiliki panjang yang fantastis yakni 164,8 km. Jembatan ini memakai tipe jalan High Speed Railway Beijing – Shanghai. Jembatan ini di bangun di dataran rendah, sungai, kanal dan danau.

5. Jembatan Tianjin

Jembatan Tianjin
Ternyata China memiliki banyak jembatan panjang, salah satunya ialah jembatan Tianjin yang memiliki panjang 113,7 km. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan Kota Langfang dan Kota Qingxian yang berada di Tiongkok, China. Jembatan ini digunakan untuk jalur kereta api.

6. Jembatan Express Bang Na

Jembatan Express Bang Na
Jembatan yang mempunyai total panjang 54 km ini terletak di Jalan Bangna, Bangpakong, Thailand. Negeri seribu gajah tersebut membangun jembatan Bang Na menggunakan jasa Jean Muller internasional untuk mendesain jembatan paling panjang di dunia pada tahun 2000 hingga tahun 2008. Jembatan yang memiliki 12 jalur tol ini dibangun dengan membutuhkan 1,8 juta m3 beton . jembatan ini secara resmi bisa digunakan pada bulan maret tahun 2000 silam.

7. Jembatan Bhumibol

Jembatan Bhumibol
Jembatan yang sering disebut dengan Industrial Ring Road ini mempunyai total panjang 13 km. Jembatan ini dibangun untuk menghubungkan kawasan Bangkok Selatan dan Provinsi Samut Prakan. Jembatan indah nan menawan ini dibangun di atas sungai Chao Praya dengan dilengkapi Pylond yang berbentuk diamond dengan tinggi 164 meter dan 173 meter. Serta didukung oleh striking cable dengan panjang 582 meter dan 702 meter.

8. Jembatan Suramadu

jembatan suramadu
Jembatan yang dibangun di atas Selat Madura ini memiliki total panjang 5,438 km. Pembangunan jembatan ini sempat menuai banyak kendala sejak diresmikan untuk dibangun pada tahun 2003 oleh Presiden Megawati. Hingga pada tahun 2009, tepatnya tanggal 10 Juni 2013 berulah Jembatan yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia dibuka secara resmi oleh Presiden Susilo Bambang Y. Tujuan dengan dibangunnya jembatan suramadu ini untuk meningkatkan bidang pembangunan di Pulau Madura yang cenderung tertinggal jika dibandingkan dengan daerah lain di Jawa Timur.

Jembatan ini memiliki tiga bagian yakni causeway (jalan layang), aprroach bridge (jembatan penghubung), dan main bridge (jembatan utama). Proses pembangunan jembatan ini telah menghabiskan dana sebesar Rp 4,5 Triliun. Jembatan memiliki lebar jalan 30 meter ini menghubungkan antara kota Surabaya dan Kabupaten Bangkalan. Sebelum dibangunnya jembatan ini, aktifitas orang-orang madura jika ingin ke jawa menggunakan kapal feri dengan membayar daftar harga yang telah ditentukan. Biaya melintas di Jembatan ini sebesar Rp. 15 ribu untuk mobil dan gratis untuk motor.

9. Jembatan Grand Beijing

Jembatan Grand Beijing
China kembali menunjukkan jembatan terpanjangnya. Adalah Beijing Grand Bridge mengukuhkan namanya di sederetan jembatan terpanjang di dunia. Dengan panjang 29,9 mil atau 48,1 km ini beijing grand bridge menjadi salah satu jembatan terpanjang di dunia. Jembatan ini digunakan khusus untuk kereta berkecepatan tinggi dan resmi dibuka pada tahun 2011.

10. Jembatan Runyang

Jembatan Runyang
Daftar nama kesepuluh dalam deretan nama jembatan terpanjang di dunia. Jembatan yang memiliki total panjang 22, 16 mil atau 35,66 km ini dibangun di atas sungai Yangtze yang terletak di Provinsi Jiangsu, China. Kawasan ini memiliki dua sisi jembatan utama yang menjadi penghubung Zhenjiang yang berada di selatan sungai dengan Yangzhou yang berada di utara sungai. Jembatan ini mulai dibangun pada bulan oktober 2000. Lima tahun kemudian, tepatnya pada tanggal 30 April 2005, jembatan yang telah menghabiskan dana sebesar 5,8 Miliar mata uang Yuan ini secara resmi dibuka untuk aktifitas lalu lintas. Tanggal diselesaikannya ini lebih cepat dari yang diperkirakan.

Nah, itulah daftar jembatan terpanjang di dunia di atas laut yang bisa anda jadikan tambahan pengetahuan. Jembatan tersebut selain mempunyai fungsi sebagai sarana transportasi juga bisa dinikmati keindahanya dengan ketinggian di atas laut.