Ilmu Administrasi Negara Adalah dan Jenis Pekerjaan Nantinya

Posted on

Public Administration atau administrasi negara merupakan salah satu program studi yang diterapkan oleh sebuah perguruan tinggi agar para peserta didik memahami bagaimana cara mengelola administrasi negara dengan baik. Ilmu administrasi negara sendiri merupakan ilmu yang mempelajari proses sebuah organisasi atau perorangan dalam menerapkan hukum yang diberlakukan oleh badan eksekutif, legislatif dan peradilan.

Karena merupakan ilmu sosial yang sedikit sulit dipelajari, tidak banyak orang yang tertarik untuk mempelajari ilmu tersebut. Tak mengherankan, jumlah lulusan ilmu administrasi negara berjumlah sedikit setiap tahunnya. Meskipun begitu, ilmu administrasi negara sangat menarik untuk dipelajari dan mampu menghantarkan para lulusan menjadi orang yang berhasil di masa depan.

Keterampilan yang dapat dikuasai dengan mempelajari ilmu administrasi negara

Sesuai dengan namanya, ilmu administrasi negara akan berkutat dengan pengumpulan data. Dalam pembelajaran, ilmu administrasi negara tidak hanya berkutat pada teori saja. Ilmu administrasi negara juga mempelajari akan cara pemanfaatan kecanggihan teknologi, menganalisi masalah dan mencari solusi dari masalah implementasi tersebut. Ilmu yang nantinya didapat oleh para pelaku yang mempelajari ilmu administrasi negara tersebut nantinya membuahkan hasil yang maksimal dalam mengelola manajemen dari organisasi public.

Manajemen kinerja, akutansi sektor public, Manajamen Sumber Daya Manusia, administrasi keuangan, pembendaharaan negara dan system kepemimpinan daerah merupakan manajemen organisasi public yang dapat dikuasai oleh mereka yang mempelajari ilmu administrasi negara dengan baik.

Ilmu Administrasi Negara Adalah

Mereka yang berhasil mempelajari ilmu administrasi dengan baik mampu menguasai jalannya system administrasi negara, manajemen perkotaan, kebijakan public, administrasi pembangunan dan melakukan pengawasan terhadap keuangan negara. Kecakapan dalam mempelajari ilmu administrasi negera, mampu memberikan mereka ruang gerak dalam mengatasi sebuah masalah. Hal tersebut disebabkan oleh kompetensi dasar yang dikuasi oleh para lulusan administrasi negera, seperti:

  • Mampu mengungkapkan inti dari suatu permasalahan dan dapat memberikan gambaran mengenai solusi yang tepat.
  • Dapat menganalisa dan menuntaskan masalah yang didasari dengan landasan metodologis.
  • Memiliki daya saing akademi yang tinggi.
  • Dapat melahirkan terobosan yang berbeda akibat daya kreatifitas yang tinggi.
  • Dapat bekerja secara kelompok dan mandiri.
  • Memiliki kemampuan untuk berkomunikasi dengan para pakar demi mendapatkan informasi yang bermanfaat.
  • Dapat memnfaatkan sumber daya yang ada dengan baik.
  • Dapat membawa diri dan mampu mengikuti perkembangan administrasi negara dengan baik.
  • Berorientasi pada kepuasan warga.
  • Dapat menciptakan usaha yang berkaitan dengan administrasi negara.

Keterampilan yang nantinya dikuasai oleh mereka yang mempelajari ilmu administrasi negara merupakan dampak dari ilmu tersebut. manfaat yang besar akibat mempelajari ilmu administrasi negara mampu memberikan masa depan yang menjanjikan. Mereka yang mempelajari ilmu administrasi negara dengan baik tentunya akan merasakan dampak dari ilmu tersebut. Ilmu administrasi negara bahkan dapat membawa lulusan untuk menduduki posisi penting di suatu perusahaan, instansi atau lembaga besar. Ada banyak profesi yang dapat diraih oleh mereka yang mempelajari ilmu administrasi negara.

Jenis pekerjaan yang dapat diduduki oleh lulusan administrasi negara

Seperti yang dijelaskan sebelumnya, mereka yang mempelajari ilmu administrasi negara memiliki kesempatan yang besar untuk menduduki posisi penting di dunia kerja. Bekal akan ilmu administrasi negara inilah yang menjadi alasan mengapa para lulusan administrasi negara dapat menduduki posisi penting tersebut. Untuk mengetahui jenis pekerjaan apa saja yang dapat diduduki oleh para lulusan administrasi negera, simak penjelasannya di bawah ini:

1. Pengurus pemerintahan pusat dan daerah

Berperan di lingkungan pemerintahan merupakan salah satu pekerjaan inti yang harus dijalankan oleh para lulusan administrasi negara. Para lulusan dapat mengatur dan memastikan jalannya pemerintahan dengan sebaik mungkin.

2. Asisten peneliti

Masalah pemerintahan yang komplek membuat pemerintah membutuhkan solusi untuk menghadapi masalah tersebut. Penelitian yang dilakukan secara besar-besaran nantinya dapat melahirkan solusi yang dibutuhkan.

3. Anggota legislatif pusat dan daerah

Mempelajari strategi dalam membentuk pemerintahan yang baik telah lama dipelajari sejak perkuliahan dilakukan. Bekal inilah yang mampu membawa lulusan untuk duduk sebagai salah satu anggota legislatif pusat dan daerah.

4. Anggota parpol

Partai politik merupakan salah satu penggerak pemerintahan. Partai politik sendiri dapat digunakan sebagai tempat masyarakat untuk menyalurkan aspirasi. Terlibat langsung dalam memujudkan negara yang demokratis merupakan salah satu hal wajib yang dapat dilakukan oleh para lulusan administrasi negara.

5. Aktivis LSM

Sama halnya dengan menjadi anggota parpol, aktivis LSM kerap digunakan sebagai wadah untuk menampung aspirasi masyarakat. Selama melakukan pendidikan, para lulusan administrasi negara telah dilatih untuk menemukan solusi yang tepat dalam menangani sebuah masalah. Karena itulah, para lulusan administrasi negara memiliki kesempatan yang besar untuk menjadi salah satu aktivis LSM.

Selain kelima profesi yang dapat diduduki oleh para lulusan administrasi negara, menjadi jurnalis pemerintahan merupakan profesi lainnya yang dapat dijabat. Kecakapan akan penguasaan ilmu administrasi negara dapat membantu pemerintah untuk mengatasi masalah yang disebabkan oleh isu pemerintahan yang tidak benar. Pengetahuan seputar pemerintahan dapat membantu mereka untuk memberikan data-data yang solid kepada pemerintah. Sebagai seorang jurnalis, mereka memiliki peran dalam mendapatkan informasi mengenai jalannya pemerintahan dan isu-isu apa yang sedang berkembang di pemerintahan.

Tidak hanya itu, mereka yang paham akan ilmu administrasi negara juga dapat menjadi salah satu konsultan di pemerintahan. Mengetahui roda pemerintahan dengan baik membawa mereka mengetahui dengan baik bagaimana menyikapi permasalahan yang ada seputar masalah pemerintahan. Pengetahuan akan masalah pemerintahan inilah yang nantinya dapat membawa lulusan administrasi negara menjadi salah satu konsultan di pemerintahan. Strategi, pengetahuan akan teori dan pemikiran yang luar biasa nantinya akan melahirkan kinerja yang luar biasa.

Meskipun mempelajari ilmu administrasi negara, para lulusan tidak hanya dapat bekerja di pemerintahan saja. Mereka juga dapat merambah perusahaan swasta yang membutuhkan tenaga kerja yang mumpuni. Hal tersebut disebabkan oleh kemampuan luar biasa yang dimiliki oleh mereka yang paham akan ilmu administrasi negara. Kemampuan para lulusan dalam menganalisa masalah dan kecakapan para lulusan dalam melahirkan solusi yang tepat merupakan modal dasar bagi para lulusan untuk dapat menduduki posisi di perusahaan swasta tersebut.

Tidak hanya cakap dalam menyelesaikan masalah dengan solusi yang akurat, para lulusan yang paham akan ilmu administrasi negara juga memiliki kemampuan dalam menguasai Bahasa asing. Mereka bahkan dapat mengusai komputeralisasi dengan baik. Microsoft Word, Corel Draw, Power Point dan Microsoft Exel merupakan beberapa keahlian yang dikuasai oleh para lulusan administrasi negara. Mereka yang memiliki kemampuan tersebut tentunya sangat dibutuhkan oleh perusahaan swasta yang ingin membawa perusahaannya menjadi lebih baik.

Banyaknya jabatan-jabatan yang dapat diduduki oleh para lulusan administrasi negara telah membuktikan bahwa ilmu administrasi negara mampu membawa masa depan yang cerah. Jika diperhatikan dengan baik, hal-hal tersebut merupakan dampak dari manfaat dari ilmu administrasi negara.