10 Hobby Yang Bisa Menjadi Ladang Bisnis Pundi Pundi Uang

Posted on

Pada hakekatnya, hobi adalah suatu kegiatan yang dilakukan pada waktu luang dan bisa menenangkan pikiran. Dan setiap manusia pastinya mempunyai hobi bukan? Dan biasanya kita akan rela mengeluarkan uang berapapun untuk menyalurkan hobi kita tersebut. Pada jaman sekarang ini , banyak orang yang menganut asas “hobi adalah ladang duit “apakah anda salah satu diantaranya? Sebab tidak dipungkiri semakin berkembangangnya jaman yang terkait dengan teknologi, maka produk apapun dari hobi apapun bisa anda pasarkan juga dalam internet secara online, sehingga penghasilan tambahan dan pundi pundi uang pun dapat anda dapatkan. Berikut beberapa hobi yang bisa anda jadikan ladang duit atau peluang bisnis yang menjanjikan , walaupun hobi itu bermacam-macam.

Hobby Yang Bisa Menjadi Ladang Bisnis Pundi Pundi Uang
1. Olahraga

Anda pecinta sepak bola? Atau apakah anda pecinta olah raga basket? Itu sekelumit contoh bagian dari hobi berolahraga. Dari sini anda bisa menciptakan landing uang dengan menjual peralatan olahraga mungkin.. atau bisa saja anda membuka pre order dari luar negeri untuk membeli sebuah sepatu? Kenapa tidak..

Ada beberapa contoh teman saya waktu masih bekerja di sebuah perusahaan, dia sangat senang sekali bermain futsal. Sampai kegiatan rutin mingguan untuk futsal bersama tidak dia tinggalkan sama sekali. Sekarang teman saya itu mencoba bisnis kecil-kecilan dengan menjual kaos kesebelasan sepakbola dan akhirnya mempunyai toko kecil di daerah Karanganyar, Solo. Bisa menjadi motifasi bukan?

2. Photography

Sekarang ini makin banyak penjual kamera DSLR dengan harga yang terjagkau, bahkan banyak anak muda yang gengsi kalau belum mempunyai kamera DSLR. Tapi bagi pehobi kegiatan ini, mempunyai kamera adalah suatu keharusan. Setelah itu akan dikemanakan hasil jepretan yang mungkin hasilnya ratusan atau ribuan di hardisk computer anda? Apakah hanya dikoleksi? Atau anda menunggu file tersebut corrupt? Sayang bukan? Anda bisa menjual hasil jepretan tersebut ke beberapa Stock Photography yang banyak dijumpai di media online, lumayan bukan?atau kalau anda pecinta kamera lawas, anda bisa jual beli kamera lawas tersebut. Atau bisa saja buka jasa cuci film/klis foto? Sangat menggiurkan bukan..silahkan dicoba.

3. Memasak

Ini pengalaman Pribadi saya, istri dirumah sangat gemar memasak. Setiap semingu sekali pasti dia mencoba resep-resep dari google, group FB bahkan resep Pribadi dia sendiri.

Awalnya agak berat juga sih karena dia meminta untuk dibelikan mixer baru ( karena mixer dari ibunya sudah rusak ) dan minta dibelikan oven gas yang lebar, ga tanggung-tanggung lebarnya 1 meter yang cukup menguras tempat di dapur kita yang kecil. Tapi bisa diambil contoh, istri saya yang notabennya adalah seorang  ibu rumah tangga .. bisa mendapatkan penghasilan mingguan dengan berjualan kue secara online. Mau kepoin?bisa cek IG : @amoralicious_solo

4. Menjahit

Ini juga saya ambil contoh dari teman istri saya, beliau seorang ibu rumah tangga yang hobby nya menjahit.. iya, menjahit dan membuat hijab. Berawal dari sebuh mesin jahit dan membuat seri-seri hijab yang masih terbatas ,karena terkendala dana . beliau tekun memposting produknya di facebook ( karena waktu itu yang terkenal ya facebook ) semakin bertambahnya orderan.. sang suami yang rela resign dari perusahaannya untuk membantu sang istri berbisnis hijab ( ceritanya jadi admin menerima orderan ) . sekarang mereka bisa membuat website sendiri dan memiliki toko offline di daerah kartosuro , Sukoharjo. Dan langganan mereka ada beberapa yang dari kalangan artis ibukota. Menarik sekali bukan? Atau anda mahir menjahit baju ? atau gamis? Bisa dicoba contoh diatas.. semoga hal tersebut menjadi ladang rizki anda.

5. Menggambar/melukis

Mungkin anda salah satu diantaranya, uang habis buat membeli satu set drawing pen dan buku gambar. atau computer anda penuh dengan hasil scan hasil dari latiahan mengambar? Hmm.. sayang kalau anda tidak bisa memanfaatkannya..

Saat ini kalau anda rajin melihat group di facebookk ( cari saja kalimat “art work” ) silahkan join di group tersebut. Banyak sekali yang menjual artwork dengan harga yang fatastis, lumayan kalau anda masih anak kuliahan atau masih sekolah. Pelanggannya pun tidak sedikit, ada dari beberapa distro yang berlangganan beberapa hasil gambar tersebut untuk dibuat produk kaos.

6. Bermain game ( ngegame )

Pernah lihat di youtube orang bermain game trus di rekam kemudian diupload di youtube? Kalau anda hitung ada berapa? Banyak bukan? Mereka berawal dari hobi bermain game bisa menghasilkan uang ratusan juta tiap bulannya dengan cara tersebut. Atau saya ambil contoh teman saya juga, dari SMP dia itu bisa menghabiskan waktu berjam-jam untuk bermain game online, sekarang dia berhasil diterima di perusahaan game yang berada di Jogja. Atau anda mempunyai banyak koleksi CD game? Silahkan disewakan saja.. lumayan bukan untuk pemasukan harian..

7. Elektronika

Ini pelajaran kita dapat biasanya waktu SMP ya? Kita diajari untuk merakit sebuah rangkaian yang bisa menjadi sebuah bel rumah atau pernah juga merakit sebuat mini radio. Karena saking asyiknya, mungkin ini bisa turun jadi hobi anda..

Anda bisa membuka jasa servis televisi , atau anda bisa membuat mechanical mod vapour yang sekarang ini menjadi tren di masyarakat. Bisa juga anda dibantu dengan beberapa promosi kecil kecilan meallui media sosial untum membantu melebarkan sayap dari jasa servis anda di kalayak banyak. Yah.. silahkan dicoba ya..

8. Travelling/ adventure

Siapa yang ga suka jalan-jalan? Pasti hampir mayoritas pembaca disini suka untuk travelling..

Pernah baca sebuah blog mengenai perjalan mereka di setiap kota di Indonesia? Atau bahkan di dunia? Mungkin anda bisa mencontohnya. Atau anda suka mendai gunung, dan anda mempunyai banyak peralatan untuk mendaki? Tenda, tas ransel, jacket, jas hujan.. bisa anda rentalkan..

9. Menulis

Yahh.. seperti yang saya lakukan sekarang.. saya menulis untuk membuat sebuah artikel. Apakah saya mendapatkan penghasilan dari hobi saya menulis artikel-artikel ini? Ya tentu saja .. lumayan kok buat beli jajan anak-anak dirumah. Bisa saja anda membuat suatu artikel berisi informasi, hobi, atau apapun yang kemudian bisa anda terbitkan dalam sebuah blog,

Atau anda adalah seorang yang jago membuat tulisan yang sangat menarik, dengan berbgai topik dengan gaya bahasa anda sendiri yang bisa dikatakan tidak kalah dengan para jurnalisme atau penulis website yang terkenal? Maka anda bisa membuka jasa penulis konten yang bisa anda share ke facebook dan biarkan orang lain yang menggunakan jasa anda sembari anda dapat menyaluskan hobby terpendam anda.

10. Desain grafis

Sekarang ini banyak bermunculan perusahaan- perusahaan besar dan mereka biasanya membutuhkan jasa untuk membuat logo perusahaan, coba sekali-skali anda membuat portofolio di media social.. mungkin saja salah satu perusahaan tersebut membutuhkan jasa anda untuk membuatkan logo perusahaan ( bisa lumyan lho omsetnya ) tanpa mengganggu pekerjaan utama anda tentunya. Atau banyak juga publisher yang membutuhkan jasa pembuat banner, tawarkan saja keahlian atau hobi anda itu. Banyak pastinya yang tertarik, bikin desain semenarik mungkin ya.

Itu semua hal-hal yang bisa anda lakukan tanpa harus menyita waktu dari perusahaan utama anda, jadikan hobi anda lading uang yang terus mengalir. Pasti sayang juga kalau hobi anda hanya membuang-buang uang tanpa ada profit didalamnya. Dan hobi tidak terbatas yang saya tulis diatas ya? Masih banyak hobi – hobi yang menghasilkan tapi belum sempat saya tuliskan. Enjoy your hobby ya !