Di setiap negara pastinya memiliki gedung-gedung tinggi yang menghiasi keindahan negaranya sendiri. Di dunia yang semakin maju ini banyak sekali pembangunan gedung-gedung bertingkat di negara manapun. Mereka berbondong-bondong untuk mendirikan gedung-gedung pencakar langit, di mana gedung-gedung ini nantinya bisa menjadi landmark atau simbol di negera tersebut. Selain itu dengan adanya gedung pencakar langit, maka akan mengundang banyak pengunjung dari seluruh belahan dunia untuk dapat menyaksikan gedung tersebut, dengan begitu sektor wisata di negara yang bersangkutan akan meningkat. Pada artikel ini, akan ada pembahasan mengenai negara mana saja yang memiliki gedung bertingkat dan masuk ke dalam sepuluh gedung tertinggi di Dunia saat ini.

Semakin hari perkembangan dunia semakin menampakkan kemajuannya disegala bidang, salah satu bukti dari kemajuan dunia adalah dibangunnya gedung-gedung pencakar langit yang dapat memajukan suatu negara tersebut. Gedung-gedung yang dibangun disetiap negara memiliki fungsinya masing-masing seperti hotel, pusat perkantoran, dan untuk residen. Berikut ini adalah daftar beberapa gedung tertinggi di dunia yang belum anda ketahui

1. Burj Khalifa

Burj Khalifa


Gedung tertinggi pertama di dunia berhasil diduduki oleh Burj Khalifa. Gedung tinggi Burj Khalifa ini terletak di Dubai, Uni Arab Emirat dan difungsikan untuk pusat perkantoran. Namun, selain untuk pusat perkantoran, ternyata gedung Burj Khalifa juga digunakan untuk hotel dan sekaligus apartemen. Burj Khalifa memiliki tinggi 828 meter dan memiliki jumlah tingkat sebanyak 163 lantai. Pembangunan Gedung Burj Khalifa dicetuskan oleh Skeikh Mohammed Bin Rashid Al Maktourn dan dibangun oleh para arsitek handal yang berasal dari perusahaan arsitektur Skidmore, Merril, dan Owings. Namun sayangnya, pada saat pembangunan sempat terkendala masalah biaya. Dan untungnya pemimpin Uni Emirat Arab yaitu Khalifa bin Zayed Al Nahayan menginvestasikan dananya ke Burj Khalifa, sehingga pemabangunan gedung tertingi di dunia ini bisa berjalan dengan lancar. Dan akhirnya, Gedung yang masuk daftar 10 gedung tertinggi di dunia saat ini berhasil diresmikan pada 4 Januari 2010 silam dari yang sebelumnya bernama Burj Dubai menjadi Burj Khalifa.

2. Shanghai Tower

Shanghai Tower
Gedung tertinggi kedua di dunia setelah Burj Khalifa, Dubai, Uni Arab Emirat adalah Shanghai Tower yang terletak di Lujiazui, Pudong, Shanghai, China. Gedung Shanghai Tower ini difungsikan untuk pusat perkantoran sekaligus untuk hotel, selain untuk pusat perkantoran gedung Shanghai Tower juga berfungsi untuk tempat perbelanjaan, cafe, dan juga restaurant. Gedung ini memiliki tinggi 632 meter dan memiliki jumlah tingkat sebanyak 121 lantai dan dirancang oleh perusahaan arsitek handal asal Amerika yaitu Gensler. Ketika pembangunan gedung Shanghai Tower telah menghabiskan banyak biaya yaitu sebesar Rp31 Triliun.

3. Abraj Al-Bait Clock Tower

Abraj Al-Bait Clock Tower
Gedung tertinggi ketiga di dunia berhasil diduduki oleh Abraj Al-Bait Clock Tower. Gedung tinggi Abraj Al-Bait Clock Tower ini berada di Mekkah, Saudi Arabia yang difungsikan untuk pusat perkantoran dan hotel. Abraj Al-Bait Clock Tower memiliki tinggi 601 meter dan memiliki jumlah tingkat sebanyak 102 lantai. Pembangunan gedung Abraj Al-Bait Clock Tower dicetuskan oleh arsitek handal berasal dari Al Handasah Architects dan pembangunannya dilaksanakan oleh Saudi Binladin Group. Tujuan dibangunnya gedung pencakar langit yang satu ini sebenarnya adalah untuk menampung jamaah haji di mana setiap tahun jumlahnya semakin meningkat.

4. Ping An Finance Centre

Ping An Finance Centre
Gedung tertinggi kelima di dunia berhasil diduduki oleh Ping An Finance Centre atau Ping An IFC yang berada di Shenzhen, Guangdong, China. Gedung Ping An IFC ini difungsikan untuk pusat perkantoran, hotel, dan wilayah pemasaran dengan dibangunnya Mall. Ping An IFC memiliki tinggi 599 meter. Pembangunan gedung pencakar langit yang satu ini dicetuskan oleh arsitek handal yang berasal dari Kohn Pedersen Fox Associates yaitu perusahaan arsitektur asal Amerika. Gedung ini baru diresmikan pada tahun 2016 lalu dan menjadi gedung tertinggi keempat di dunia.

5. Goldin Finance 117

Goldin Finance 117
Gedung tertinggi kelima di dunia berhasil diduduki oleh Goldin Finance 117 yang berada di Tianjin, China. Gedung ini terkenal dengan sebutan gedung China 117 Tower. Gedung ini memiliki tinggi 597 meter dengan jumlah tingkat sebanyak 117 lantai. Namun sayangnya pembangunan Goldin Finance 117 ini harus diberhentikan dan akan diprediki rampung pada tahun 2017.

6. One Word Trade Center

One Word Trade Center
Gedung tertinggi keenam di dunia berhasil diduduki oleh One Word Trade Center yang berada di New York City, United States. Gedung pencakar langit yang satu ini dibangun dan difungsikan untuk pusat perkantoran. Gedung ini memiliki tinggi 541 meter dan dirancang oleh arsitektur handal yaitu David Childs.

7. CTF Finance Centre

CTF Finance Centre
Gedung tertinggi ketujuh di dunia berhasil diduduki oleh CTF Finance Centre yang berada di Guangzhou, China. Gedung ini memiliki tinggi 530 meter dengan jumlah tingkat sebanyak 111 tingkat. Gedung CTF Finance Centre difungsikan untuk pusat perkantoran, pusat konferensi, hotel, bahkan juga mall.

8. Taipei 101

Taipei 101
Gedung pencakar langit tertinggi kedelapan di dunia adalah Taipei 101 yang awalnya disebut dengan Taipei Word Finance Centre. Tepat pada tahun 2011 gedung ini masukd alam klasifikasi salah satu gedung tertinggi di dunia sejak tahun 2004, dan pada tahun 2011 gedung Taipei 101 berhasil meraih penghargaan tertinggi yaitu LED platinum certification. Gedung Taipei ini memiliki tinggi 59 meter dan didesain oleh arsitek handal bernama C.Y Leedan dibangun oleh KTRT Joint Venture. Pembangunan gedung ini terbilang cukup lama karena dimulai pada tahun 1999 dan selesai pada tahun 2004.

9. Shanghai Word Financial Centre

Shanghai Word Financial Centre
Gedung pencakar langit kesembilan di dunia berhasil diduduki oleh Shanghai Wrd Financial Centre yang berada di Shanghai, China. Gedung ini difungsikan untuk pusat perkantoran dan juga hotel. Gedung Shanghai Word Financial Centre ini memiliki tinggi 492 meter dengan tingkat sebanyak 101 lantai. Gedung tertinggi kesembilan di dunia ini didesain oleh Kohn Pedersen Fox.

10. International Commerce Centre

International Commerce Centre
International Commerce Centre merupakan gedung tertinggi di dunia kesepuluh yang berada di West Kowloon, Hongkong. Bagunan ini memiliki tinggi 484 meter dan pembangunannya merupakan bagian dari proyek Union Square. Gedung ini juga didesain oleh perusahaan arsitektur handal bernama Kohn pedersen Fox. Gedung international Commerce Centre ini difungsikan sebagai pusat perkantoran sekaligus hotel.

Sebenarnya masih ada banyak sekali gedung pencakar langit di dunia ini selain sepuluh daftar nama gedung di atas. Bagi anda yang penasaran dengan penampakan gedungnya secara langsung, maka anda bisa merencanakan sebuah liburan dengan mengunjungi salah satu gedung yang ada dalam daftar di atas. Pastinya anda akan dibuat tercengang dengan kemegahan yang dimiliki ke 10 gedung tertinggi di dunia tersebut.