4 Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya Dari Dalam Masyarakat

Posted on

Tentunya banyak yang cukup puas dalam hidupnya dan memilih untuk tidak mau bangkit dan tetap pada posisi nyamannya tersebut. Namun banyak juga masyarakat yang memilih untuk bisa maju dan lebih dari apa yang dimiliki saat ini.

Sselain dari itu juga alasan seseorang yang ingin mengalami perubahan sosial tersebut dikarenakan adanya rasa ingin tahu, ingin hidup lebih mapan dan juga ingin lebih mudah yang tentunya hal ini berkaitan dengan keuntungan yang didapatkan dari adanya perubahan sosial tersebut.

Dan pembahasan yang dijelaskan yaitu seputar mengenai apa saja faktor dari perubahan sosial budaya, yang mana dengan kata lain yaitu apa saja yang perlu dilakukan oleh masyarakat dalam membuat suatu perubahan sosial.

Faktor Penyebab Perubahan Sosial Budaya Dari Dalam Masyarakat

Bisa dirunut, perubahan sosial budaya disebbakan adanya faktor yang diantaranya yaitu faktor dalam dan faktor dalam. Dan menurut pakar sosial budaya, adapun beberapa faktor tersebut yaitu karena ada beberapa hal sebagai berikut :

  • Semakin bertambah atau berkurangnya suatu penduduk daerajh
  • Terdapat suatu penemuan yang terbaru
  • Terjadinya suatu pertentangan atau suatu ketegangan dalam lapisan masyarakat
  • Terjadi pemberontak didalam masyarakat.

Faktor terjadinya perubahan sosial budaya

Ada beberapa faktor yang menjadikan suatu perubahan sosial budaya dari dalam masyarakat maupun yang berasal dari luar masyarakat, dan berikut ini beberapa penjelasannya :

Faktor internal

Faktor internal adalah faktor penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari dalam masyarakat itu sendiri, dan beberapa diantaranya adalah sebagai berikut ini.

● Jumlah Penduduk

Hal yang cukup wajar jika perubahan sosial terjadi akibat dari jumlah penduduk suatu daerah. Apalagi jika hal ini dilihat dari segi kebutuhan seseorang baik itu ajsa, barang serta anggota dalam suatu masyarakat yang menyebabkan suatu kebutuhan pokok menjadi meningkat. Dan dalam mengatasi hal, karenanya perlu untuk menjaga keseimbangan yang mana paling penting yang perlu dibutuhkan dan juga penting untuk menjaga kelestarian agar produksi bisa bertambah.

Seperti contohnya yaitu, didalam suatu wilayah perkebunan memiliki penghasilan kebun yang melimpah ruah, namun adanya kebutuhan jasa dan juga barang pada masyarakat, maka pada akhirnya lahan perkebunan menjadi tergantikan oleh adanya pabrik dan juga perumahan yang dibangun.Tentunya hal ini mengakibatkan kurangnya penghasilan perkebunan, banyaknya pekerja yang dari petani menjadi buruh pabrik, serta banyaknya perumahan yang dibangun seperti kota, sehingga hal ini menjadikan kepadatan penduduk.

● Adanya Penemuan Yang Baru

Terjadinya suatu perubahan sosial budaya juga diakibatkan adanya penemuan yang baru dan canggih didalam masyarakat. Dan jika hal ini dilakukan secara terus meneru maka akan mengakibatkan rendahnya kesadaran masyarakat untuk bisa berkumpul bersama dengan teman-teman atau suatu kelompok yang tentunya hal ini menjadikan kurangnya rasa sosial terhadap lingkungan masyarakat.

Memang kecanggihan teknologi menjadi suatu hal yang cukup menggembirakan bagi banyak orang, namun tak sedikit yang menganggap bahwa kemajuan tren ini malah menjadi berkurangnya rasa sosial. Karenanya, pentin untuk membatasi adanya penggunaan atau menyeimbangkan kebutuhan dan kesenggangan.

● Terjadinya suatu Konflik Dalam Masyarakat

Dalam bukunya Karl Max mengatakan konflik masyarakat menjadi faktor dari terjadinya perubahan sosial budaya, seperti contohnya yaitu terjadinya suatu perubahan Orde dalam era kepemerintahan beberapa waktu silam. Selain itu contoh yang nyata seperti saat terjadinya perubahan dari pejuang pemerintah yang ingin mendapatkan kemerdekaan karena adanya rakyat Indonesia yang bosan selalu ditindas. Dan hal ini yang pada akhirnya menyebabkan terjadinya perubahan sosial budaya.

● Terjadinya Revolusi

Dalam hal ini tentunya banyak yang tahu bahwa adanya pemberontakan atau revolusi tentunya menyebabkan terjadinya suatu perubahan sosial.

Faktor eksternal

Berikut adalah beberapa faktor penyebab perubahan sosial budaya yang berasal dari luar yang juga bisa anda ketahui selengkapnya :

● Suatu Kondisi Lingkungan Alam

Dalam hal ini tentu dapat mengakibatkan suatu perubahan sosial budaya. Banyak contoh yang bisa menggambarkan penyebab dari perubahan sosial budaya dari segi eksternal. Seperti beberapa kisah yang terjadi mengenai jaman Tuhan yang mana dalam kisahnya di ceritakan bahwa kapal Nabi Nuh dapat mengangkut banyak tempat, namun masyarakat yang tak taat ditenggelamkan

atau bisa dengan contoh lain sebuah bencana alam di Aceh yang mana terjadi suatu Tsunami yang menenggelamkan banyak orang dan munculnya banyak perubahan sosial yang terjadi seperti munculnya hak untuk mengasuh anak, yang mungkin awalnya hidup sendiri dalam rumah sekarang harus tinggal bersama dengan banyak orang lainnya di tempat pengungsian serta banyak hal lainnya yang menjadi akibat dari Tsunami aceh pada perubahan sosial budaya.

● Terjadinya Perang

Untuk kondisi satu ini cukup membuat banyak orang miris karenanya. Hal ini karena terjadinya suatu perang yang bisa kita lihat saat ini sudah banyak perang dimana-mana, adanya militan teroris yang mengancam banyak nyawa yang tentunya hal ini mengakibatkan suatu perubahan sosial bagi masyarakat sekitar yang menjadi korban dalam perang tersebut.

● Pengaruh Dari Kebudayaan Luar

Kecanggihan teknologi saat ini sudah tak perlu dipertanyakan lagi. Banyak teknologi canggi saat ini yang telah hadir dimasyarakat dan beberapa contoh diantaranya yaitu seperti Handphone, TV, Laptop dan beberapa teknologi canggih lainnya yang saat ini sudah hadir ditengah masyarakat.

Dan dengan adanya kecanggihan teknologi yang makin berkembang dan tak pernah pudar, menjadikan perubahan sosial bagi masyarakat yang pada akhirnya kurangnya sosial, kurangnya pergaulan, rasa empati dan masih banyak lainnya yang diakibatkan dari adanya kecanggihan teknologi.

Selain dari Faktor Perubahan Sosial Budaya, ada juga beberapa hal yang menghambat suatu perubahan sosial budaya seperti berikut ini :

  • Kurang pergaulan dengan masyarakat sekitar. Dalam hal ini biasanya disebbakan oleh masyarakat yang tinggal dalam lingkungan kumuh dan terpencil.
  • Adanya perkembangan ilmu yang sedikit terlambat, dan dalam hal ini bisa disebabkan oleh adanya masyarakat yang tinggal di lingkungan yang miskin.
  • Adanya sikap masyarakat yang cukup berbeda dengan zaman modern. Dan hal ini disebabkan oleh adanya masyarakat yang masih tertinggal dan masih menganut adat istidat setempat yang sudah secara turun temurun dilakukan, sehingga tak dapat diubah sampai kapanpun.
  • Adanya adat istiadat yang menjadi salah satu penyebab dari suatu penghambat dari adanya perubahan sosial budaya. Dengan adanya kepercayaan atau kebiasaan daerah setempat yang tidak sejalan dengan adanya norma maka hal ini tentunya memberikan suatu dampak yang negatif, sehingga dalam hal ini perlu untuk membina suatu kebiasaan yang tak sesuai dengan hal yang positif.

Tentunya dengan adanya beberapa faktor dari perubahan sosial budaya tersebut membuat kita untuk beripikir ulang dan memberikan beberapa hal yang positif dan negatifnya. Namun untuk menjaga kebudayaan sosial maka ada baiknya untuk tetap menjaga persatuan dan kesatuan untuk saling membantu bekerja sama dalam melakukan upaya penolakan perubahan yang membawa dampak negatif. Namun untuk perubahan sosial budaya yang possitif, tentunya hal yang dapat diambil yaitu dari segi persatuannya yang mana dalam melakukan perubahan yang menguntungkan bagi masyarakat, maka diperlukan kerjasama untuk membawa perubahan yang lebih baik.