7 Faktor Internal Penyebab Pelanggaran HAM dan Penjelasannya

Posted on

Semua manusia di dunia tentunya memiliki hak asasinya sendiri, yang dalam hal tersebut tentunya memang perlu dijaga dan harus dihormati. Namun seringkali hak seseorang dibatasi oleh orang lain, yang hal itu tentunya seseorang tak mersa dihargai dan tidak memiliki haknya sendiri. Dan inilah yang harus diketahui, bahwa tak ada seorang pun yang bisa melanggar dan hak seseorang karena ini merupakan pantas untuk didapatkan.

Ada banyak hal yang menyebabkan terjadinya suatu pelanggaran HAM yang dalam hal ini dibagi dalam dua jenis, yaitu dari segi internal dan dari segi eksternal. Namun untuk fakto yang dibahas kali ini yaitu dari segi faktor internal yang mana merupakan salah satu hal yang sering dilakukan oleh masyarakat saat ini dan menyebabkan suatu pelanggaran HAM, yang pastinya hal ini menimbulkan kekacauan di dunia.

Faktor Internal Penyebab Pelanggaran HAM dan Penjelasannya

Faktor penyebab terjadinya pelanggaran HAM

Untuk pelanggaran HAM, berikut ini merupakan faktor yang menyebabkan terjadinya pelanggaran HAM dari segi internal :

Rendahnya rasa menghormati

Saat ini banyak orang yang tidak menghargai seseorang karena rendahnya moral dan sikap untuk menghormati seseorang yang mana dalam hal ini umumnya dikarenakan adanya rasa kedudukan yang tinggi, pengetahuan yang luas dan kurangnya penerapan ilmu tata krama yang baik dan juga ilmu ideolagi yang belum dapat dipahami, sehingga hal ini menyebabkan rendahnya moral seseorang dan sikap menghormati yang tidak terapkan dalam kehidupan seseorang.

Akibat dari sikap tidak saling menghormati dan juga tidak menghargai seseorang ini mengakibatkan kekacauanyang terjadi dalam kehidupan bermasyarakat. Dan ini yang diakibatkan dari rendahnya kesadaran masyarakat untuk menghormati hak orang lain. Banyak masyarakat saat ini yang belum mengerti apa artinya hidup berdampingan bersama orang lain dan hidup rukun. Dan dalam hal ini maka wajar apabila banyak yang tidak menghargai dan tidak menghormati hak orang lain, dan membuat seseorang berbuat seenaknya yang mereka inginkan.

Tak memiliki rasa tanggung jawab

Terjadinya pelanggaran HAM juga terjadi akibat dari rasa memiliki tanggung jawab yang kurang. Banyak masyarakat saat ini yang ltak memiliki rasa tanggung jawab dan mengikuti hati dan kemauan sendiri tanpa memikirkan resiko. Dan ketika hal itu terjadi, maka banyak orang yang merasa diatas angin dan berbuat sesenaknya pada orang yang memiliki jabatan lebih rendah atau pengetahuan yang lebih sedikit dan mudah menganggap remeh orang lain.

● Usia

Jangan salah, adanya faktor terjadinya pelanggaran HAM juga bisa disebabkan karena usia yang belum matang dan pada akhirnya memepngaruhi tingkah laku seseorang. Biasanya untuk orang yang sudah berusia matang atau dewasa, maka ia lebih berpikir untuk rasional dan mudah untuk mengendalikan emosinya dibandingkan dengan yang masih anak-anak yang cenderung cuek. Namun bukan berarti harus dibiarkan, tapi ada baiknya untuk lebih diarahkan kepada hal yang positif agar tidak menjadi kebiasaan seseorang.

● Pemikiran

Semua orang didunia memiliki pemikirannya sendiri-sendiri yang mana akibat dari pemikiran yang berbeda, maka dapat mempengaruhi norma yang dimiliki. Pada orang yang memiliki pemikiran yang tinggi biasanya tak mengalami kesulitan dalam bergaul dan juga belajar. Namun untuk orang yang memiliki pemikiran yang rendah, maka umumnya akan memiliki kesulitan untuk bisa menyerap ilmu yang ada. Dan akibat dari pemikiran yang rendah tersebut menjadikan adanya suatu pelanggaran HAM.

● Kurang pemahaman mengenai HAM

Orang yang belum mengenal HAM atau belum memahami apa itu HAM, biasanya akan bertindak sesuka hati tanpa memperdulikan perasaan seseorang. Dan inilah yang membuat miris, karena dengan adanya sikap seperti ini secara terus menerus tanpa tindakan apapun, maka akan banyak hal yang dilakukan bersinggungan dengan sikap menghormati HAM.

● Memiliki ego yang tinggi

Sudah bukan hal baru jika seseorang memiliki sikap yang egois. Adapun sikap yang egois yaitu seperti tidak mau mengalah, tidak mau menghormati, mementingkan diri sendiri, mengambil apa yang bukan menjadi milikinya dan masih banyak sifat egois dalam diri seseorang yang tentunya hal ini merupakan suatu pelanggaran HAM dan perlu untuk dibina, sehingga tak merugikan orang lain.

● Tak memiliki sikap toleransi

Intoleran atau sikap tidak toleransi menyebabkan timbulnya suatu ras untuk tidak menghargai dan menghormati orang lain. Menganggap dirinya lebih tinggi dan seseorang lebih rendah merupakan salah satu sikap intoleran yang terjadi dalam masyarakat saat ini. Dan akibat dari hal ini bisa membuat seseorang untuk melakukan tindakan semena-mena dan juga diskriminasi yang akhirnya memimbulkan ketegangan.

Saat ini tentunya kita sangat memahami pentingnya sebuah HAM atau hak asasi manusia yang bisa dijadikan pegangan seseorang dalam melakukan sikap, berpendapat dan menerima hal yang seharusnya didapatkan. Selain itu juga dengan adanya HAM tentu kehidupan seseorang akan lebih terjaga, tidak rendah, dapat dihormati orang lain dan tentunya terlindungi secara hukum. Namun dalam menjaga HAM bukan hanya dari diri sendiri saja, namun juga dari diri seseorang yang mengrtahui mana yang kewajiban dan mana yang hak.

Sehingga dengan adanya sikap tersebut, rasa dihargai dan dihormati ada dan tidak menimbulakan suatu ketegangan sosial. Tak hanya itu, saja, pentingnya peran pemerintah untuk melindungi HAM yang mana setiap masyarakat berhak untuk berpendapat, berhak untuk menerima bantuan pemerintah dan berhak untuk menuntut ketika menerima ketidakadilan seperti ketika terjadinya korupsi, bencana alam, pembangunan jalan yang rusak dan lainnya yang menjadi urusan pemerintah untuk memnuhi rasa tanggung jawab pemerintah terhadap masyarakat.

Kesimpulan

Faktor dari pelanggaran HAM sebenarnya lebih kepada rasa tanggung jawab yang begitu tipis. Banyak saat ini masyarakat yang tidak mau bertanggung jawab atas apa yang dilakukan dan menganggap apa yang dilakukan adalah benar. Selain itu juga, banyak masyarakat yang menganggap sepele tanggung jawab yang dimiliki namun selalu meminta untuk menuruti apa yang menjadi kehendaknya, sehingga hal ini menjadikan pelanggaran HAM.

Dan hal ini terbukti dengan banyak pelanggaran HAM yang dilakukan oleh pejabat pemerinta yang dengan mudahnya melakukan korupsi pajak meskipun masyarakat sudah taat bayar pajak, dan akibat dari pajak yang disalahgunakan yaitu kurangnya dana dalam melakukan proyek pemerintah, banyak masyarakat miskin yang tidak terbantu, bencana kelaparan dan bantuan dana sosial sekolah menjadi tersendat, sehingga hal ini merugikan banyak pihak yang seharusnya mendapatkan haknya tersebut.

Lalu pertanyaannya adakah kesadaran pemerintah saat itu? dalam hal ini tidak bisa menyalahkan satu pihak saja, tetapi juga beberapa oknum yang tidak bertanggung jawab dan memiliki faktor yang telah disebutkan diatas. Dan untuk usia memang tidak bisa dijadikan bahwa orang tersebut bersikap secara dewasa, karena bisa saja hal tersebut karena kurangnya kesadaran dan kurangnya rasa tanggung jawab dalam diri seseorang. Karenanya, pahami HAM dan lakukan tanggung jawab serta lindungi hak masing-masing dari adanya pelanggaran HAM.