10 Fakta Anak Pertama Perempuan Dalam Islam Yang Luar Biasa

Posted on

Para saudara islam yang dimulyakan oleh Alloh SWT. Islam merupakan salah satu agama yang diturunkan oleh Alloh SWT ke bumi melalui Nabi Muhammad SAW. Seperti agama yang lain, Islam mengajarkan tentang ibadah, berinteraksi, mendidik anak, bersosial dan sebagainya.

Di dalam Islam, Anak merupakan karunia yang tidak ternilai harganya yang dititpkan oleh Sang Khalik kepada kedua orang tua. Menikah dan memiliki anak merupakan sunnah Rasul Alloh SAW. Berbahagialah bagi anda yang telah diberi titipan oleh-Nya berupa buah hati anda.

Sebagai orang tua, tentunya anda menyadari dan mengetahui bahwa ada beberapa keunikan yang dimiliki sang buah hati. Keunikan dan karakteristik anak tersebut tentu tidak selalu sama dengan yang lain. Berikut akan diulas mengenai  fakta anak pertama perempuan dalam islam. Apa sajakah fakta tersebut? Tidakkah sama dengan anak tengah atau dengan anak bungsu?. Mari kita simak penjelasan berikut

Fakta Anak Pertama Perempuan Dalam Islam

1. Mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi 

Pernahkah anda sebagai orang tua menyadari bahwa anak perempuan pertama yang telah dikaruniakan Alloh kepada anda tersebut memiliki rasa tanggung jawab yang tinggi dibandingkan dengan anak kedua, ketiga dan seterusnya. Kenapa bisa demikian? Hal ini dikarenakan anak perempuan pertama memiliki jumlah usia yang tentunya lebih banyak daripada adik-adiknya. Halinilah yang menjadikan dia mempunyai rasa tanggung jawab yang tinggi. Selain itu, pelajaran dan nasehat yang pernah ia terim juga telah mengajarkannya untuk bertanggung jawab. Terlebih lagi sebagai anak perempuan dimana biasanya anak perempuan akan lebih dekat dengan ibunya dan cenderung memiliki sifat yang sama dengan ibundanya.

2. Memiliki sifat penyayang 

Setiap manusia pasti memiliki rasa sayang. Akan tetapi rasa sayang yang dimiliki oleh anak perempuan pertama ini dikategorikan sebagai kasih sayang yang besar jika dibandingkan anak tengah atau anak bungsu. Kasih sayang yang diberikan oleh orang tuanya akan mengajarkan kepada anak pertama perempuan terebut untuk bisa saling menyayangi. Terlebih lagi pengalamannya dalam merawat adik-adiknya ketika ibunya sibuk. Hal-hal kecil seperti itu mampu memberikan sifat penyayang bagi anak pertama perempuan.

3. Mempunyai sifat bijaksana 

Pengalamannya sebagai anak lebih banyak dibandingkan adik-adiknya. Lingkungan dan orang tua akan mengajarkan dia tentang nilai-nilai kehidupan. Apalagi bagi seorang anak yang terlahir dalam keluarga muslim, sering ataupun jarang dia pasti pernah mengenyam pendidikan agama. Entah itu melalui pendidikan formal seperti di sekolah ataupun melalui pendidikan non-formal seperti Taman Pendidikan Al Quran (TPA/TPQ), pondok pesantren dan lain sebagainya. Pengajaran-pengajaran tersebut akan menjadikan dia sebagai anak yang bijaksana diantara saudara-saudaranya yang lain. Ketika menghadapi suatu permasalahan, maka biasanya anak pertama akan memberikan pendapat yang baik dan bisa diterima oleh saudara-saudaranya. Maka tidak heran apabila anak pertama sering kali dimintai pendapat oleh orang tuanya terkait masalah yang ada.

4. Memiliki perhatian yang tinggi 

Terlahir sebagai anak pertama tentu menjadi anak kesayangan bagi kedua orang tuanya pada saat itu. Hal ini dikarenakan anak pertama merupakan anak yang paling diidamkan bagi pasangan pengantin baru. Kehadiran sang buah hati tentu akan menambah warna tersendiri di dalam kehidupan rumah tangga. Perhatian orang tua sepenuhnya diberikan kepada anak pertama tersebut. Belajar dari hal tersebut, anak pertama akan memiliki perhatian yang tinggi, baik terhadap saudara atau kedua orang tuanya. Anak perempuan pertama akan lebih peka terhadap lingkungan sekitar. Perhatiannya mengalahkan saudara-saudara yang lainnya.

5. Menjadi teladan bagi saudara yang lain 

Ketika anak pertama telah lahir, maka figur atau contoh yang dipandang pertama kai oleh anak tersebut ialah kedua orang tuanya. Saat orang tuanya mengajarkan suatu kebaikan maka anaknya akan mengerjakan kebaikan pula. Namun, ketika anak kedua, ketiga dan seterusnya telah lahir, maka figur bagi anak selanjutnya tersebut tidak hanya sebatas kedua orang tua saja. Kakak tertua atau anak pertama akan menjadi contoh bagi adik-adiknya. Untuk itu, seorang anak pertama perempuan akan menjaga sikap dan menjadi lebih baik agar dipandang baik oleh adik-adiknya dan menjadi teladan bagi mereka.

6. Memiliki tingkat kreatifitas tinggi 

Keunikan anak pertama memang paling menonjol dibanding dengan anak-anak yang lain. Anak pertama yang terlahir belum mempunyai saudara akan lebih banyak bermain dengan teman-teman yang lain atau bermain sendiri sehingga rasa ingin tahunya semakin tinggi. Hal ini menyebabkan kreatifitasnya ikut berkembang. Bagaimana cara dia bermain dengan teman-temannya atau ketika bermain sendiri. Mencoba hal yang baru akan lebih banyak ditunjukkan oleh si sulung ini. Terlebih lagi ketika ada tugas dari sekolah. Dia akan mencobanya sendiri tanpa bantuan orang lain. Ketika mempunyai seorang adik, dia akan membantu adiknya untuk membuat kreatifitas.

7. Berusaha untuk hidup mandiri 

Bantuan orang tua merupakan hal yang mutlak didapatkan bagi anak-anak. Akan tetapi ketika anak tersebut telah tumbuh dewasa, dia akan mencoba untuk mandiri dan tidak bergantung pada siapapun termasuk kedua orang tuanya, walaupun sebenarnya pera orang tua masih ada. Kehadiran adik-adiknya semakin menambah rasa keinginan untuk mandiri. Anak pertama akan turut membantu kedua orang tuanya dalam merawat adik-adiknya. Islam sendiri juga mengajarkan untuk bisa hidup mandiri. Hal tersebut juga ditunjukkan oleh Baginda Nabi Muhammad SAW yang telah mandiri sejak usia muda dengan ikut berdagang bersama pamannya.

8. Suka menolong 

Sebagai anak perempuan pertama tentu akan memiliki banyak ketrampilan yang dia peroleh. Bagaimana cara mencuci baju, melipat baju, mencuci piring, menyapu dan lain sebagainya. Cepat tanggap dan ringan tangan akan banyak anda jumpai pada karakter anak pertama. Dia tidak akan bisa membiarkan sekitarnya ketika membutuhkan pertolongan entah itu hanya sekedar membantu memakaikan baju pada adiknya yang masih duduk di kelompok bermain.

9. Berjiwa seorang pemimpin 

Apa sih istimewanya mempunyai sifat menjadi seorang pemimpin? Mungkin bagi sebagian orang memandang leadership tidak terlalu penting. Namun, tahukah anda, kepemimpinan itu sangat penting dalam suatu perkumpulan, termasuk kelurga. Jiwa kepemimpinan akan mudah anda jumpai pada anak pertama.

10. Keras kepala tapi peduli 

Mempunyai adik yang bandel dan sulit diberi arahan tentu tidak menjadi hal yang aneh lagi. sudah menjadi bawaan seorang adik akan sulit dinasehati. Menjadi anak pertama akan menasehati dan terlihat kasar akan tetapi semua itu merupakan kepedulian kepada adiknya.

Para saudara islam, begitulah kiranya 10 fakta anak perempuan pertama dalam islam yang telah dijelaskan diatas. Entah anak pertama atau kedua dan seterusnya, sebagai ornag tua anda akan mengajarkan hal-hal yang baik dan berharap kebaikan akan selalu menyelimuti anda dan sekeluarga. Anda masih ingat tentang kata mutiara “ibu adalah sekolah pertama bagi anak”. Bersabarlah dalam mendidik anak dengan berbagai keadaan yang ada.