8 Fakta Anak Pertama dan Terakhir Perempuan Yang Harus Diketahui

Posted on

Anak pertama seringkali diidentikkan dengan sifat tegar, mandiri serta berjiwa pemimpin. Begitu pula apabila anak pertama tersebut adalah perempuan. Walau jiwa pemimpin lebih sering ditujukan untuk laki-laki, akan tetapi tidak jarang juga perempuan yang memiliki jiwa tegar seperti ini. Daripada percaya pada anggapan serta mitos-mitos belaka, berikut adalah beberapa fakta anak pertama dan terakhir perempuan yang harus diketahui.

Pundaknya harus kuat. Menjadi anak pertama bukanlah pilihan, sehingga bisa jadi prosesnya akan berat. Tidak jarang, anak pertama akan turut berperan sebagai tulang punggung keluarga. Tak akan ada tempat baginya untuk bermanja-manja seperti seorang adik pada kakaknya. Tidak ada juga yang bisa menolong kecuali dirinya serta harapan besar pada Tuhan.

image by https://miignon.com

1. Anak pertama perempuan akan lebih ambisius dibanding anak pertama laki-laki

Fakta ini terungkap berkat penelitian The University of Essex seperti dikutip dari dailymail.co.uk. Dalam penelitian tersebut, anak pertama perempuan terbukti lebih ambisius hingga 13 persen dibanding anak pertama laki-laki. Beberapa tokoh besar di dunia terbukti adalah anak pertama perempuan dalam keluarga, seperti Hillary Clinton, J.K. Rowling, Oprah Winfrey hingga Beyonce.

2. Anak pertama perempuan ternyata akan lebih gemuk dibanding saudara perempuan lainnya

Fakta ini mungkin sekilas tampak lucu, namun itulah fakta yang diungkap pada laman today.com. Studi pada 26.000 perempuan Swedia mengungkap bahwa anak pertama perempuan akan lebih gemuk antara 30 hingga 40 persen dibanding saudara perempuannya yang lain.

2. Anak pertama perempuan lebih siap untuk selalu mengalah dari adik adiknya

Anak pertama perempuan harus siap-siap apabila barang-barangnya diambil oleh adik perempuannya. Fakta unik ini memang bisa dengan mudah kita lihat dalam kehidupan sehari-hari, di mana adik perempuan seringkali harus merelakan berbagi barang-barangnya dengan adik-adiknya. Hal ini tak lepas karena anak pertama perempuan akan jadi contoh bagi adik-adiknya.

3. Lebih peduli seputar pendidikan dan juga lingkungan dibanding adik-adiknya

Mereka akan memotivasi adik-adiknya serta memiliki keinginan lebih besar untuk membantu orangtua. Penelitian British Household Panel Survey and Understanding Society mengungkap hubungan antara anak pertama perempuan dengan kesuksesan. Hasilnya, anak sulung perempuan memang akan lebih memperhatikan pendidikan daripada adik-adiknya. Misalnya, anak sulung perempuan akan lebih memilih untuk meneruskan kuliah di kampus yang berkualitas walau jaraknya jauh dari rumah.

4. Paling mudah paham akan perjuangan dari orang tua

Bukan rahasia lagi bahwa anak sulung, baik laki-laki maupun perempuan, adalah yang paling paham tentang jatuh bangunnya orang tua. Mereka tahu banyak seputar proses pahit yang dijalani dalam keluarga. Bagi anak pertama perempuan, kesusahan orangtua juga adalah beban pikiran bagi mereka. Inilah yang menjadikan anak pertama perempuan tidak manja dan lebih dewasa.

5. Diberikan sebuah harapan yang besar pada dirinya

Harapan orangtua akan berada di pundak anak pertama perempuan, sehingga kehadirannya paling dinanti serta dipersiapkan orangtua. Sangat normal apabila orangtua memiliki harapan serta doa bagi anak-anaknya, dan tak ada yang lebih memahami hal ini selain anak pertama.

ketahui fakta menarik lainnya:

6. Menjadi jembatan komunikasi antara orangtua dengan saudaranya yang lain

Jika orangtua tengah membicarakan sesuatu, maka besar kemungkinan pendapat anak pertama perempuan akan turut didengar. Orangtua juga akan menanamkan pemahaman terlebih dahulu pada anak pertama perempuan. Selanjutnya, diharapkan anak pertama akan melanjutkan informasi itu pada adik-adiknya dengan bahasa yang lebih bisa dipahami.

7. Anak pertama perempuan akan terbiasa mengalah serta melindungi

Ini karena tugas mereka adalah menjaga adik-adiknya. Naluri anak pertama perempuan adalah pendamai serta lembut bagi adik-adiknya.Anak pertama perempuan akan cenderung lebih disayangi oleh orangtuanya. Ini karena mereka memiliki peran besar, sehingga tidak heran apabila kasih sayang orangtua padanya juga akan lebih besar pula.

Berapa poin dari fakta-fakta di atas yang benar adanya? Boleh percaya boleh tidak, namun itulah beberapa fakta yang sering ditemukan di sekitar kita. Anak pertama perempuan memang seringkali akan memiliki sifat yang berbeda dari anak kedua ataupun anak bungsu, baik laki-laki maupun perempuan. Seringkali sifat ini juga akan mempengaruhi keberuntungan mereka.

Loading...