10 Danau Terluas di Dunia dan Letaknya di Berbagai Belahan Tempat

Posted on

Danau merupakan kumpulan air baik air tawar atau air asin yang membentuk satuan yang luas. Danau bisa disebabkan oleh berbagai hal, mulai dari aliran sungai atau lava yang terbendung, bisa juga disebabkan adanya mata air yang kemudian permukaan tanah berbentuk cekung dan sekelilingnya lebih tinggi, bisa juga disebabkan karena aktifitas gunung berapi, serta bisa juga disebabkan karena mencairnya gletser.

Ada banyak danau yang ada didunia, dan beberapa danau terluas di dunia dan letaknya yang perlu anda ketahui. Danau memiliki banyak manfaat, mulai dari saluran irigasi, tempat rekreasi, bahkan danau juga bisa menjadi sarana transportasi.

Danau juga dibedakan menjadi beberapa bagian, seperti danau vulkanik yang dibentuk akibat aktivitas gunung berapi, danau alami yang dibentuk sebab lembah sungai yang terbendung adanya erupsi, ada juga danau karts yang dibentuk dari larutan kapur, danau tektonik yang disebabkan penurunan muka bumi, serta ada juga sungai buatan yang dibentuk oleh manusia. Berikut ini daftar beberapa danau terluas di dunia yang bisa anda ketahui.

1. Danau Kaspia

danau kaspia
Merupakan danau paling luas yang ada didunia. danau ini dikenal juga dengan nama laut Kaspia, tetapi danau ini sama sekali tidak berhubungan dengan alut, namun air laut Kaspia asin. Luas dari danau kaspia ini 371 KM persegi, dan seperti halnya dilaut ternyata sekeliling danau Kaspia di kelilingi oleh pasir. Danau ini terletak di perbatasan Asia dan Eropa, dan dikelilingi oleh negara Azerbaijen, Kazakhstan, Rusia, Turkmenistan, dan Iran.

2. Danau Baikal

danau baikal

Adalah danau yang memiliki luas ke dua setelah danau kaspia. Danau Baikal merupakan danau air tawar dan menjadi danau tertua didunia. Danau ini memiliki luas 31.494 km persegi dengan panjang 636 km dan lebar 80 kilometer, serta kedalaman maksimal 1637 meter. Danau ini terletak di negara Rusia. Danau ini memiliki manfaat yang sangat besar, apalagi air di negara Rusia hampir 90% berasal dari danau ini.

3. Danau Balkash

danau balkash

Dunia Balkash ini terletak di negara Kazakhstan, memiliki luas 16.400 kilometer persegi, dengan maksimal kedalaman 26 meter, dengan panjang 605 meter persegi, lebar 74 kilometer. Danau ini memiliki dua jenis air, disebelah timur adalah air asin, dan disebelah barat mengandung air tawar.

4. Danau Issyk Kul

Danau Issyk Kul

Luas dari danau ini adalah 6.332 kilometer dengan kedalaman rata- rata 278,4, dan memiliki kedalaman maksimal 668 meter, lebar dari danau ini adalah 60,1 meter, dengan panjang 178 kilometer. Danau ini terletak di negara Kirzikistan, Asia.

5. Danau Urmia

danau urmia

Danau ini memiliki luas 5.200 kilometer, danau ini terletak dinegara Iran. Memiliki kedalaman hingga 16 meter, dengan panjang 140 kilometer, serta lebar 55 kilometer. Ada banyak sungai yang mengalir ke danau ini, seperti sungai Aji, sungai Alamlao, sungai Leylan, sungai Mahabad, sungai Nazlou, sungai Simineh, sungai Zola, sungai Ghaie, dan masih banyak lagi sungai lainnya.

6. Danau Taymyr

Danau Taymyr

Danau ini memiliki luas 4.560 kilometer persegi, danau ini terletak dinegara Rusia. Memiliki kedalaman hingga 26 meter, dengan panjang maksimal 2014 kilometer, dan lebar maksimal 154 kilometer. Ada banyak sungai yang mengalir ke danau ini, seperti severnaya, sungai Zapadnaya, sungai Kalamissamo, dan sungai Bikada Nguoma.

7. Danau Khanza

Danau Khanza

Memiliki luas 4.190 kilometer persegi, terletak diantara dua negara yaitu negara China dan Rusia. Memiliki kedalaman maksimal 10,6 meter, memiliki panjang 90 kilometer, serta lebar 45 kilometer.

8. Danau Qinghai

danau Qinghai

Danau ini terletak di dataran tinggi Tibet, danau ini berada di ketinggain 3.205 mdpl. Memiliki luas 4. 186 kilometer persegi.

9. Danau Tonle Sap

danau Tonle Sap
Merupakan danau air tawar yang paling besar di Asia Tenggara, tepatnya berada di negara Kamboja. Danau ini memiliki luas hingga 16.000 kilometer persegi, dengan kedalaman hingga 9 meter. Danau ini terbentuk karena akibat dari tekanan atau benturan lempeng anak benua India dengan benua Asia.

10. Danau Toba

danau toba

Merupakan danau yang terletak di negara Indonesia, danau ini memiliki luas 1. 145 km persegi, memiliki kedalaman hingga 450 meter. Danau ini berada di ketinggian 900 mdpl.