10 Danau Terindah Di Pulau Jawa Yang Begitu Eksotis Mempesona

Posted on

Salah satu wisata yang menarik adalah wisata ke danau. Tidak hanya gunung dan pantai saja, wisata ke danau pun termasuk wisata terbuka dan wisata alam yang menyenangkan. Ya, Indonesia memiliki banyak sekali danau yang juga dijadikan tempat wisata. Banyak orang baik wisatawan dari dalam negeri maupun luar negeri ingin sekali mengunjungi danau-danau yang ada di Indonesia termasuk yang ada di Pulau Jawa. Untuk Anda yang berada di Pulau Jawa atau sedang merencanakan wisata di Pulau Jawa, tentunya anda akan tertarik setelah mengetahui info berikut ini.

Setelah anda ketahui beberapa danau terindah di Pulau Jawa, Anda akan dibuat kagum dan ingin segera mengunjunginya. Dari banyaknya danau atau situ di Pulau Jawa, ada sepuluh danau yang menakjubkan yang bisa dijadikan destinasi liburan anda berikutnya.

1. Kawah Ijen

kawah ijen

Danau dengan pemandangan indah di Pulau Jawa selanjutnya adalah Kawah Ijen. Namanya sudah begitu terkenal seiring makin diketahui oleh banyak orang akan keindahannya. Danau ini bahkan disebut-sebut sebagai danau asam yang paling besar di muka bumi. Dan selain keindahannya, ada pula fenomena Blue Fire yang bisa ditemukan di sini.

2. Ranu Kumbolo

ranu kumbolo

Danau yang satu ini merupakan danau yang begitu terkenal akan keindahannya. Banyak orang yang selalu memimpikan untuk sampai ke danau ini, terutama para pendaki. Ya, danau yang berada di Gunung Semeru ini begitu terkenal akan keindahannya. Danau yang begitu luas, dan berada di sebuah gunung yang megah, membuat danau ini menjadi impian destinasi wisata banyak orang. Suasana ditengah gunung, ditambah gugusan bintang yang menghiasi langit, membuat keindahan danau Ranu Kumbolo tidak bisa dilukiskan dengan kata-kata.

3. Telaga Dringo

telaga dringo

Pemandangan danau yang sangat indah ada juga di Jawa Tengah yaitu Telaga Dringo. Ya, danau yang berada dekat kawah Dieng ini begitu memikat banyak orang. Hingga saat ini, bahkan banyak orang yang menyebut telaga ini sebagai Ranu Kumbolonya Dieng. Hijaunya hamparan alam, ditambah pemandangan danau yang cukup luas, dilatarbelakangi gunung yang megah, dan juga udara Dieng yang menyejukkan pastinya membuat banyak orang sangat puas mengunjungi Telaga Dringo. Sekedar informasi, Dringo berasal tumbuhan yang tumbuh subur disekitar danau. Dan untuk mencapai ke danau alami yang satu ini, dibutuhkan tenaga ekstra karena untuk mencapainya belum tersedia fasilitas yang cukup memadai.

 

4. Telaga Warna

telaga warna

Sama seperti Telaga Dringo, telaga yang satu ini juga berada di Kawasan Dieng. Danau alami yang terbentuk akibat Gunung Prau meletus ini, begitu indah untuk dipandang. Bukan hanya panorama sekitarnya saja, namun telaga ini memiliki penampakan warna yang beragam akibat pantulan cahaya.

5. Situ Gede

situ gede

Terletak di Bogor, danau ini merupakan keindahan alam ditengah sibuknya perkotaan. Keindahan yang terlihat nampak karena perpaduan pemandangan alam berupa danau dan hutan. Serta, di danau ini juga bisa dinikmati sejumlah permainan air karena sudah dikelola menjadi obyek wisata di Bogor.

6. Situ Patenggang

Situ Patenggang

Pernahkah anda mendengar Situ Patenggang? Danau alami yang satu ini terkenal akan keindahannya dan sangat populer di kalangan warga Jawa Barat. Terletak di Bandung, danau ini menjadi daya tarik tersendiri karena memiliki panorama hijau yang indah dan juga pemandagan hutan pinus yang sangat menarik.

7. Telaga Sarangan

telaga sarangan

Berada di Lereng Gunung Lawu, Telaga Sarangan juga menjadi salah satu dari 10 danau yang paling indah di Pulau Jawa. Danau ini bahkan sudah lama dikelola menjadi obyek wisata dan salah satu objek wisata andalan di Jawa Timur. Keindahan alam dari danau yang berada di dataran tinggi sangat indah dan juga udara di sekitarnya menyejukkan.

8. Situ Cangkuang

situ cakuang

Danau yang kedelapan yang pantas dijadikan destinasi wisata adalah Situ Cangkuang. Danau ini terletak di Garut dan menjadi obyek wisata andalan di Garut. Tentu saja hal disebabkan lantaran danau dan pemandangan disekitarnya menghadirkan keindahan yang menentramkan.

9. Situ Lengkong

situ lengkong

Danau ini terletak di Ciamis. Keindahan yang ditawarkan cukup berbeda dari danau lainnya karena ada pulau di tengah danau ini.

10. Situ Gunung

situ gunung

Gunung Pangrango di Sukabumi juga memiliki sebuah danau yang indah. Danau ini memilki daya tarik berupa lukisan pemandangan alam yang begitu indah.