Keindahan danau alami Indonesia memang luar biasa. Tersematnya pujian keindahan bak berada di surga pun sudah sering didengar. Ya, Indonesia memang memiliki sejumlah tempat yang begitu menarik untuk dikunjungi termasuk danaunya. Bahkan, keindahannya sudah begitu meluas hingga ke pelosok dunia. Saat berbicara soal keindahan alam yang begitu indah, danau menyajikan pemandangan yang seringkali membuat pengunjungnya berimajinasi serasa di surga.

Hijaunya pemandangan, melimpahnya air yang terlihat segar, dan ditambah udara yang menenangkan, menjadi siapapun ingin terus berlama-lama menikmati keindahan danau di Indonesia. Namun dari banyaknya danau yang ada, ketahuilah beberapa danau terindah di dunia seperti surga di Indonesia.

1. Danau Toba

danau toba

Siapa yang tidak mengenal Danau Toba? Jika belum pernah mengunjunginya, paling tidak banyak orang yang sudah pernah mendengar nama danau di Pulau Sumatera ini. Danau Toba terbentuk akibat letusan gunung yang maha dahsyat pada zaman dahulu. Akibatnya, terdapat lubang kawah yang menganga dan kemudian terisi air dan akhirnya menghasilkan danau yang begitu indah ini. Tersohornya Danau Toba begitu mendunia. Pemandangan alam yang indah, air danau yang biru dan sangat luas, ditambah adanya Pulau Samosir di tengahnya menjadikan Danau Toba disebut sebagai danau terindah di Indonesia.

2. Danau Tondano

danau tondano

Jika Anda berada di Sulawesi Utara, jangan lewatkan Danau Tondano. Danau ini juga akan membawa Anda serasa di surga dengan pemandangan alamnya yang luar biasa. Danau ini dikelilingi oleh beberapa gunung sehingga menjadikan danau ini sebagai lukisan alam yang sangat indah.

3. Danau Singkarak

danau singkarak

Danau Singkarak yang merupakan danau terbesar di Sumatera Barat ini juga begitu populer. Keindahan danau terbesar kedua ini begitu jelas lantaran diapit oleh bukit barisan yang sangat indah. Banyak orang yang menjadikan danau ini sebagai tempat rekreasi karena memang sangat menenangkan.

4. Danau Poso

danau poso

Sulawesi Tengah juga memiliki danau yang begitu besar tepatnya danau terbesar ketiga di Indonesia. Keindahan dari danau ini sudah tidak diragukan lagi. Keindahannya terasa jelas karena danau ini seolah dua warna air yang jernih dan berbeda yaitu warna biru di tengah danaunya dan warna hijau ditepiannya.

5. Danau Tiga Warna

danau tiga warna

Danau yang terletak di NTT ini juga menyajikan pemandangan yang indah. Menjadi salah satu dari 10 danau terindah di dunia seperti surga tidak lain lantaran danau ini memiliki keindahan berupa warna yang seolah bisa berubah akibat kandungan gas. Di sini juga hidup berbagai burung langka yang berterbangan bebas dan membuat danau ini seperti di surga.

6. Danau Maninjau

danau maninjau

Kembali ke Pulau Sumatera, ada lagi danau yang sangat indah bernama Danau Maninjau. Danau ini juga menyajikan pemandangan alam yang indah dengan berderetnya perbukitan hijau di sekelilingnya.

7. Danau Towuti

danau towuti

Danau Towuti terletak di Luwu, Sulawesi Selatan. Danau ini menjadi salah satu danau terindah karena memang memiliki bentangan alam yang luar biasa. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang hijau yang seolah menjadikan danau ini sebagai sumber air di surga yang begitu menenangkan.

8. Danau Sentani

danau sentani

Papua pun memiliki danau yang bisa membawa pengunjungnya serasa di surga. Danau ini terletak lereng pegunungan sehingga sudah pasti hamparan alam disekitarnya begitu indah. Dan yang menjadi daya tarik, terdapat pula pulau-pulau kecil di dana ini yang semakin menambah keindahannya.

9. Danau Labuan Cermin

danau labuan cermin

Danau yang berada di Kalimantan Timur ini juga sangat dikenal baik oleh masyarakat luas. Danau ini sesuai dengan namanya memiliki air yang begitu jernih sehingga terlihat seperti cermin. Para pengunjung pun bisa menyelam di danau yang indah ini dan berimajinasi berada di surga.

10. Ranu Kumbolo

ranu kumbolo 2

Jika Anda sudah pernah mendaki Gunung Semeru atau pernah menonton film 5 Cm, pastinya mengenal danau Ranu Kumbolo. Danau ini memiliki keindahan yang begitu luas biasa yang berada di gunung Mahameru. Keindahan yang ditawarkan di sini berupa pemandangan sekitar gunung yang begitu hijau dan asri serta keindahan lain berupa pemandangan saat matahari terbit.