10 Danau Terdalam di Dunia dan Indonesia Yang Menakjubkan

Posted on

Danau merupakan cekungan besar yang terdapat di permukaan bumi serta digenangi air. Air dalam danau dapat berupa air tawar ataupun air asin. Cekungan ini juga akan dikelilingi daratan. Berdasarkan cara terbentuknya, terdapat danau tektonik, vulkanik hingga danau buatan.

Beberapa danau umumnya memiliki kedalaman antara belasan hingga puluhan meter, namun ada juga yang kedalamannya mencapai ratusan meter. Berikut adalah beberapa daftar danau terdalam di dunia serta di Indonesia.

1. Danau Great Slave

Danau Great Slave
Danau terdalam selanjutnya datang dari Kanada, yaitu Danau Great Slave atau yang memilikinama lain Lac Des Grand Esclaves. Kedalamannya mencapai 614 meter dan meliputi beberapa kot ayaitu Yellowknife, Hay River, Fort Providence serta Fort Resolusi. Danau ini juga memiliki area seluas 27.200 kilometer persegi.

2. Danau Matano

danau matano
Danau terdalam pertama berasal dari Sulawesi Selatan, Indonesia. Tepatnya danau ini berlokasi di Sorowako, Kabupaten Luwu Timur. Kedalamannya mencapai 600 meter di mana 382 meter di antaranya ada di atas permukaan laut. Danau ini terbentuk dari ribuan mata air yang membuatnya tidak dapat mengalami kekeringan serta airnya tampak jernih.

3. Danau Kawah Caldera

danau kawah caldera
Dari Oregon, Amerika Serikat, terdapat danau terdalam berikutnya. Namanya adalah Danau Kawah Caldera yang berlokasi di tengah negara bagian Oregon. Danau ini menjadi daya tarik utama dari Taman Nasional Danau Kawah dengan kedalaman mencapai 655 meter. Danau ini juga dikelilingi tebing yang ketinggiannya mencapai dua ribu kaki.

4. Danau Issyk Kul

danau Issyk Kul 2
Berikutnya ada Danau Issyk Kul yang terletak di Kirgiztan. Luasnya mencapai 6236 kilometer persegi dan kedalamannya mencapai 668 meter. Danau ini memiliki banyak sumber mata air, sementara sungai yang mengalir ke danau di antaranya adalah Sungai Tyup serta Sungai Djyrgalan.

5. Danau Malawi

danau malawi
Danau Malawi atau yang turut dikenal sebagai Danau Nyasa berlokasi di antara negara Malawi, Tanzania serta Mozambik di Afrika. Danau ini juga terkenal akan kedalamannya karena mencapai 706 meter. Luas permukaannya sendiri mencapai 29.600 kilometer persegi. Danau ini termasuk danau air tawar dan diperkirakan telah berusia 40.000 tahun.

6. Danau O’higgins San Martin

Danau O’higgins San Martin
Dari Argentina, terdapat Danau O’higgins San Martin yang berada di Chili dan Argentina. Luas permukaannya mencapai 1058 kilometer persegi dan kedalaman maksimalnya mencapai 836 meter. Danau ini sekaligus menjadi danau paling dalam di Amerika. Glasier danau ini akan mengalir ke arah timur danau, seperti Glasier Chio.

7. Danau Vostok

Danau Vostok
Salah satu dari 10 danau terdalam di dunia datang dari Antartika. Namanya adalah Danau Vostok. Danau ini sekaligus menjadi sub glasial terbesar serta terdalam di Bumi. Kedalaman maksimalnya mencapai 1000 meter. Danau ini juga diklaim sebagai danau yang paling murni di Bumi. Suhu airnya rata-rata adalah minus tiga derajat Celcius sehingga masih akan cair di bawah titik beku. Dana ini diperkirakan oleh para ilmuwan telah berusia 420.000 tahun.

8. Danau Laut Kaspia

Danau Laut Kaspia 2
Danau Laut Kaspia telah terkenal sebagai danau terbesar di dunia. Selain itu, ia juga masuk daftar danau paling dalam yang ada di dunia. Kedalamannya mencapai 1025 meter. Danau ini sangat kaya akan sumber daya energi terutama deposit gas serta minyak. Bahkan, kini cekungan minyak yang ada di Kaspia telah bernilai 120 juga dollar.

9. Danau Tanganyika

Danau Tanganyika 2
Danau satu ini berada di antara empat negara di Afrika, yaitu Republik Demokratik Kongo, Burundi, Tanzania serta Zambia. Bagian terbesar danau terletak di Republik Demokratik Kongo sebesar 45% dan Tanzania sebesar 41%. Danau ini menjadi danau air tawar terdalam yang ada di Afrika. Kedalamannya mencapai 1470 meter.

10. Danau Baikal

danau baikal 3
Danau Baikal atau yang disebut juga Mata Biru Siberia adalah danau paling dalam yang ada di dunia kini. Letaknya ada di bagian selatan dari Siberia dan dekat dengan perbatasan antara Rusia dan Mongolia. Kedalaman maksimalnya mencapai 1642 meter. Ekosistem di danau ini sangat beragam karena mencakup 1700 spesies flora serta fauna. Usia danau ini diperkirakan telah mencapai 25-30 juta tahun sehingga menjadikannya salah satu danau paling tua di dunia.