Danau adalah cekungan di permukaan Bumi dengan ukuran sangat besar serta digenangi air. Air dalam danau dapat berupa air asin ataupun air tawar. Jenis danau sangat beragam tergantung dari cara pembentukannya. Ada danau tektonik, vulkanik hingga danau buatan. Danau juga menjadi salah satu sumber air serta objek wisata untuk kita nikmati keindahannya.

Asia sebagai benua paling luas di Bumi memiliki beragam danau terluas. Termasuk di antaranya adalah danau yang berlokasi di Indonesia. Berikut adalah daftar danau terbesar di benua Asia berdasarkan luas permukaan dan kedalaman maksimalnya.

1. Danau Toba

danau toba


Daftar ini dibuka dari danau asal Indonesia, yaitu Danau Toba. Danau ini sekaligus menjadi objek wisata populer di Sumatera Utara. Luasnya mencapai 1130 kilometer persegi dan kedalaman maksimalnya mencapai 529 meter. Danau Toba termasuk danau vulkanik yang terbentuk dari letusan gunung berapi.

2. Danau Towuti

danau towuti
Danau terbesar berikutnya di Indonesia selain Danau Toba adalah Danau Towuti. Danau ini berlokasi di Sulawesi Selatan. Luasnya 561 kilometer persegi dan kedalaman maksimalnya mencapai 203 meter. Danau ini termasuk danau tektonik.

3. Danau Qinghai

Danau Qinghai

Beralih ke dataran tinggi Tibet, terdapat danau Qinghai dengan luas 4186 kilometer persegi. Danau ini sendiri terletak di ketinggian 3205 mdpl serta pernah mengalami penyusutan luas di abad ke-20 namun ukurannya diketahui membesar kembali di tahun 2004. Kadar garam di danau ini cukup tinggi dan menjadi tempat tinggal aneka jenis ikan.

4. Danau Khanka

Danau Khanka

Danau paling besar di Asia berikutnya adalah Danau Khanka yang letaknya ada di antara dua negara, yaitu China dan Rusia. Panjangnya 90 kilometer, lebar 45 kilometer dan kedalaman maksimalnya 10 meter. Volume air yang tertampung di danau ini mencapai 18 kilometer kubik. Sungai utama sebagai pintu keluar dari danau ini adalah Sungai Songacha. Keunikan Danau Khanka ialah airnya akan membeku di musim dingin, sekitar bulan Desember hingga Maret.

5. Danau Taymyr

Danau Taymyr

Danau Taymyr di Rusia memiliki luas 4560 kilometer persegi. Kedalaman rata-ratanya mencapai 2.8 meter dan maksimal 26 meter. Panjangnya mencapai 204 kilometer serta lebar 154 kiloemter. Volume air yang dapat tertampung mencapai 12.8 kilometer kubik.

Ketahui juga beberapa danau menarik di dunia ini

6. Danau Urmia

Danau urmia

Danau ini terletak di Iran dan termasuk dalam salah satu dari 10 danau terbesar di benua Asia. Luasnya mencapai 5200 kilometer persegi dan kedalaman maksimal 16 meter. Panjang maksimal 140 kilometer dan lebar maksimal 55 kilometer. Di bagian tengah danau terdapat beberapa pulau kecil dan salah satunya adalah pulau Shahi.

7. Danau Issyk Kul

Danau Issyk Kul

Danau vulkanik ini luasnya mencapai 6332 kilometer persegi. Danau Issyk Kul berada di Kirgistan dan kedalaman rata-ratanya 278 meter. Panjangnya 178 kilometer dan lebar 60 kilometer. Volume air yang bisa ditampung mencapai 1738 kilometer kubik. Sungai utama yang mengaliri danau adalah Sungai Glaciers, sementara pintu keluar danau ialah sungai Evaporation.

8. Danau Balkash

Danau Balkash

Danau Balkash terletak di Kazakhstan dan luasnya 16.400 kilometer persegi. Kedalaman maksimalnya 26 meter, panjang 605 kilometer dan lebar 74 kilometer. Uniknya, danau ini terdiri dari dua jenis air, yaitu air asin di bagian timur dan air tawar di bagian barat.

9. Danau Baikal

danau baikal 2

Danau Baikal memegang rekor sebagai danau terluas nomor dua di Asia. Danau ini juga menjadi salah satu danau paling tua yang ada di dunia. Danau Baikal turut dijadikan situs warisan dunia mengingat usianya yang sudah sangat tua. Letaknya ada di Rusia dan luasnya 31.494 kilometer persegi. Sekitar 20% air tawar dunia ada di Danau Baikal.

10. Danau / Laut Kaspia

danau laut kaspia

Inilah danau terbesar dan terluas yang ada di Asia serta di dunia. Danau Laut Kaspia memiliki luas hingga 371.000 kilometer persegi dan sekelilingnya diliputi pasir seperti tepian pantai. Danau ini terletak di antara dua benua, Eropa dan Asia serta meliputi lima negara, yaitu Iran, Azerbaijan, Kazakhstan, Rusia serta Turkmenistan. Kedalaman maksimal Danau Kaspia mencapai 1025 meter, panjang maksimal 1030 kilometer dan lebar maksimal 435 kilometer.