10 Danau Air Tawar Terbesar di Dunia Yang Begitu Mempesona

Posted on

Danau merupakan genangan air tawar ataupun asin yang sangat luas serta dikelilingi oleh daratan. Proses terjadinya danau beragam, mulai dari karena aktivitas gunung berapi atau danau vulkanik, pencairan es atau danau glasial, serta bendungan air sungai oleh aliran lava saat terjadinya erupsi atau danau bendungan alami. Ada pula danau yang terjadi karena penurunan muka bumi atau danau tektonik serta danau buatan yang sengaja dibuat oleh manusia.

Danau terbesar sekaligus danau air asin terbesar yang ada di dunia adalah Danau Laut Kaspia. Namun yang akan dibahas di bawah ini adalah danau air tawar terbesar di dunia. Semuanya berlokasi di luar negeri dan beberapa menjadi destinasi wisata menarik serta ikonik dari negara tersebut. Hal ini tentu tidak lepas dari keindahan alam yang ditawarkannya, di samping kemegahannya sebagai danau terbesar dan terluas yang ada di dunia. Berikut adalah sepuluh danau air tawar terbesar di dunia. Semuanya memiliki air tawar dan bukan air asin.

1. Danau Superior

danau superior
Danau air tawar terbesar di dunia saat ini adalah Danau Superior. Danau ini membatasi Minnesota, Michidan dan Wisconsin di Amerika Serikat serta Ontario di Kanada. Luasnya sekitar 82.414 kilometer persegi dan panjangnya mencapai 616 kilometer. Kedalaman maksimalnya mencapai 406 meter.

2. Danau Victoria

danau victoria
Danau air tawar terbesar selanjutnya ada di Tanzania, Uganda. Namanya adalah Danau Victoria. Luasnya mencapai 69.485 kilometer persegi, panjang mencapai 322 kilometer dan kedalaman maksimalnya 82 meter. Danau ini dikenal juga dengan nama Ukerewe serta menjadi danau paling besar di Afrika, di samping danau tropis paling besar di dunia.

3. Danau Huron

danau huron

Berikutnya ada Danau Huron di Kanada. Danau ini turut dimiliki bersama oleh Kanada serta Amerika Serikat. Luasnya mencapai 59.596 kilometer persegi, panjang 397 kilometer dan kedalaman maksimal 229 meter.

4. Danau Michigan

Danau Michigan

Danau Michigan turut membatasi beberapa negara bagian di Amerika Serikat, yaitu Illinois, Indiana, Michigan, Chicago serta Wisconsin. Danau ini sekaligus menjadi danau terbesar di Michigan. Luasnya mencapai 58.016 kilometer persegi, penjang 517 kilometer dan kedalaman 281 meter.

5. Danau Aral

danau aral

Danau air tawar yang paling besar berikutnya datang dari Kazakhstan, yaitu Danau Aral. Danau ini tepatnya berlokasi di antara Kazakhstan utara dan Uzbekistan selatan.

6. Danau Tanganyika

Danau Tanganyika

Danau air tawar paling besar selanjutnya adalah Danau Tanganyika yang ada di Kongo. Danau ini termasuk salah satu dari 10 danau air tawar terbesar di dunia dengan luas 32.893 kilometer persegi, panjang 676 kilometer serta kedalaman maksimal 1.435 meter. Danau ini juga menjadi ngarai paling besar dan paling dalam di Afrika serta terdalam kedua di dunia. Danau ini juga menjadi cadangan air tawar terbesar di Great Rift Valley. Danau ini berada di 4 kawasan negara yaitu Republik Demokratik Kongo, Tanzania, Burundi serta Zambia.

7. Danau Baikal

danau baikal

Danau air tawar yang juga menjadi salah satu danau paling besar di dunia adalah Danau Baikal di Rusia. Luasnya mencapai 31.500 kilometer persegi, panjang 636 kilometer dan kedalaman maksimal 1741 meter. Danau Baikal juga tercatat sebagai danau paling dalam di dunia. Danau ini menyimpan 20% air tawar di dunia dan 90% air tawar di Rusia. Nama lain dari Danau Baikal adalah Mata Biru Siberia. Ada juga yang menyebutnya sebagai Laut Suci.

8. Danau Great Bear

danau great bear

Danau terbesar berikutnya adalah Great Bear di Kanada. Luas danau ini mencapai 31.080 kilometer persegi, panjang 373 kilometer dan kedalaman maksimalnya mencapai 82 meter.

9. Danau Nyasa

Danau Nyasa

Danau di Afrika kembali masuk daftar danau terbesar di dunia. Kali ini Danau Nyasa yang berlokasi di tiga negara Afrika, yaitu Malawi, Mozambik serta Tanzania. Luasnya mencapai 30.044 kilometer persegi, panjang 579 kilometer dan kedalaman maksimalnya mencapai 706 meter.

10. Danau Great Slave

Danau Great Slave

Danau terbesar berikutnya kembali datang dari Kanada, Amerika Utara. Danau Great Slave ini memiliki luas 28.930 kilometer persegi, panjang 480 kilometer dan kedalaman maksimalnya hingga 614 meter.