8 Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia Saat Ini

Posted on

Negara Indonesia sangat dikenal sebagai negara yang memiliki sumber daya alam yang melimpah ruah, mulai dari rempah-rempah, aneka macam tumbuhan, pertambangan hingga perikanan yang mana semua itu tidak hanya dikonsumsi oleh negara sendiri, tetapi juga diekspor ke negara lain.

Dan salah satu sumber daya alam yang merupakan diva atau banyak dicari yaitu minya bumi. Terdapat di 7 provinsi di Indonesia yang merupakan provinsi dimana menghasilkan minyak bumi yang cukup besar dan juga menjadikan negara Indonesia menjadi negara dengan produksi minyak bumi tertinggi di Asia Tenggara.

Hal tersebut menjadikan minyak bumi Indonesia mengalami peningkatan permintaan setiap tahunnya dan bisa diperkirakan bahwa jumlah yang dibutuhkan untuk produksi minyak bumi sangatlah besar.

Daerah Penghasil Minyak Bumi Terbesar di Indonesia

Provinsi penghasil minyak bumi terbesar Indonesia

Berikut ini beberapa propinsi yang menghasilkan minyak bumi paling besar di Indonesia :

1. Riau

Salah satu kota di Sumatera ini mampu menghasilkan minyak bumi dengan jumlah yang cukup besar. Adapun jumlahnya yaitu sebesar 359.777 barrel dan itu hanya untuk minyak mentahnya saja dan masih ada banyak hasil minyak bumi lainnya yang sanggup di terima oleh Riau. Terdapat 6 blok tempat di Riau yaitu Mountain front, Siak Blok, Selat Panjang, Rokan, Pekanbaru, Kuantan dan terakhir coastal.

Dan semua daerah itu di operasikan oleh beberapa perusahaan minyak seperti Siak Pusako, Chevron, Petroselat dan Pertamina. Tak hanya menghasilkan minyak bumi saja, tetapi juga Riau mampu untuk menghasilkan gas bumi. Bisa dikatakan bahwa Riau memiliki ladang minyak yang cukup besar yang dinamakan blok Rokan.

Lebih tepatnya tempat dimana menghasilkan minyak bumi ini yaitu di Duri . Chevron sendiri mengoperasikan minyak bumi yaitu di minans yang mana minyak minas merupakan minyak yang memiliki kualitas minyak paling baik di Indonesia. Hal ini dikarenakan minyak minan memiliki sifat viskositas yang cukup baik atau bisa dikatakan minyak minas memiliki tekstur yang kental, namun minyak ini sangat sulit untuk diproduksi atau bisa dikatakan sangat sulit untuk diangkat ke permukaan.

2. Kalimantan timur (Kaltim)

Kaltim memiliki hasil minyak yang cukup besar dan itu dilihat dari peringkat Kaltim sebagai penghasil migas terbesar di Indonesia setelah Riau. Kota yang merupakan kota terluas setelah Irian Jaya ini setiap tahunnya mengalami peningkatan kebutuhan migas.

Dengan wilayah yang dua kali pulau Jawa dan juga Madura ini menurut perhitungan yang dilakukan memiliki luas wilayah 245.237.80 km2. Wilayah Kaltim juga sangat dekat dengan wilayah Malaysia dan perusahaan yang mengoperasikan minyak bumi di Kaltim yaitu Medco, Chevron, Total dan Vico.

Sedangkan untuk blok yang dioperasikan dinamakan Mahakam Mamburungan Sanga-sanga dan juga Kutai. Bisa diperkiakan untuk hasil minyak bumi yang mampu diproduksi oleh beberapa perusahaan tersebut mencapai 134.626 barrel setiap harinya, dan ini yang menjadikan Kaltim dikatakan sebagai penghasil migas terbesar di Indonesia.

3. Daerah laut jawa

Daerah selanjutnya yang merupakan kota penghasil migas terbesar di Indonesia yaitu Laut Jawa. Daerah ini terbentang dari kota Sumatera hingga ke daerah Jawa Barat, sehingga blok terbagi antara pulau Jawa dengan Pulau Sumatera.

Dengan penghasilan minyak bumi sebesar 65.154 barrel setiap harinya tentunya sangat wajar apabila Laut Jawa ini dikatakan sebagai penghasil migas tertinggi di Indonesia. Untuk perusahaan yang mengoperasikan migas tersebut antara lain Pertamina, Petroleum dan Cnooc ses.

4. Daerah kepulauan riau

Jika tadi berada di Riau, lain halnya dengan Kepulauan Riau yang mana merupakan daerah penghasil migas terbesar di Indonesia nomor 4 yang itu artinya Riau masih menduduki peringkat pertama sebagai penghasil migas terbesar di Indonesia namun Kepulauan Riau juga mampu untuk menghasilkan migas dengan jumlah banyak.

Dan untuk perusahaan yang mengopearasikan minyak bumi dari Kepulauan Riau yaitu seperti Star Energy, Premier Oil dan juga Conoco Philips yang setiap harinya mampu untuk menghasilkan minyak bumi sebesar 59.210 minyak mentah dan juga tambahan kondesat sebesar 2.365 barrel

Yang itu artiya dengan total produksi 61.575 barrel setiap harinya sangat wajar jika Kepulauan Riau di sebut provinsi yang mampu menghasilkan migas terbesar di Indonesia. Kepri juga memiliki cadangan gas bumi yang besar di Indonesia. Tentunya provinsi ini sangat hebat dan maju.

5. Jawa timur

Negara dengan beribu tempat wisata dan kuliner khas ini nyatanya juga dikatakan sebagai negara penghasil migas terbesar di Indonesia. Nama blok yang mungkin biasa kita dengar yaitu Cepu dan juga blok brantas yang mana blok brantas ini melupakan keamanan operasi yang dimiliki oleh perusahaan Bakri sehingga menyebabkan lumpur Lapindo.

Untuk penghasilan minyak yang diterima setiap harinya yaitu sebesar 52.616 barrel. Dan beberapa perusahaan yang mengoperasikan minyak bumi antara lain Total, Pertamina, Kodeco Energy, Lapindo, Pethrocina, hess dan juga Kangenan Energy yang merupakan perusahaan yang mampu memproduksi minyak bumi dengan beberapa blok yang kuasai oleh perusahaan tersebut.

6. Jambi

Kota yang masuk dalam kota di Sumatera ini merupakan daerah yang mampu menghasilakan minyak bumi dengan jumlah besar. Provinsi dari 3 provinsi yang memiliki nama sama dengan ibukotanya ini memiliki penduduk dengan suku mayoritas Melayu.

Kota ini setiap harinya mampu untuk menghasilkan minyak bumi sebesar 19.506 barrel yang mana total tersebut terdiri dari kondesat dan juga minyak mentah. Perusahaan yang mengoperasikan ladang minyak ini yaitu Conoco, Pethrochina, Philips dan juga Pearl oil yang tentunya ladang tersebut mampu menghasilkan minyak dengan jemlah yang besar.

7. Sumatera selatan (Sumsel)

Provinsi Sumatera lainnya yang mampu untuk menghasilkan minyak bumi dengan jumlah besar lainnya yaitu Sumatera Selatan atau yang disingkat Sumsel. Provinsi ini merukan kota yang berbatasan langsung dengan Jambi. Adapun blok yang terdapat di Sumatera Selatan ini antara lain ogan komering, lematang, corridor dan juga raja blok. Dan ladang minyak tersebut dioperasikan oleh beberapa perusahaan minyak antara lain Conoco, medco, golden spike, pertamina dan talisman. Untuk total minyak dihasilkan yaitu sebesar 41.057 setiap harinya.

8. Irian jaya

Untuk provinsi yang mampu untuk menghasilkan minyak bumi dengan jumlah besar yang terakhir yaitu Irian Jaya Barat. Dengan total penghasilan minyak bumi sebesar 14.811 barrel setiap harinya yang mana tital tersebut merupakan hasil dari kondesat dan juga minyak mentah.

Maka sangat tepat jika Irian Jaya dikatakan sebagai provinsi yang mampu untuk menghasilkan minyak bumi dengan jumlah besar. Adapun untuk perusahan yang mengoperasikan minyak bumi ini antara lain petrochina, pertamina dan juga british petroleum. Dan ketiga perusahaan ini memiliki blok masing-masing untuk memperoleh minyak tersebut.

Itulah beberapa provinsi yang mampu untuk menghasilkan minyak bumi dengan jumlah yang besar. Tentunya provinsi tersebut maka sangat membantu untuk penduduk Indonesia untuk mendapatkan minyak bumi dengan mudah yang dapat digunakan untuk sehari-hari.