10 Ciri Orang Munafik Menurut Islam Yang Wajib Diketahui

Posted on

Istilah munafik sering kali dicetuskan oleh mereka yang merasa terkhianati oleh janji dan perkataan yang dilakukan oleh orang lain. Munafik yang merupakan salah satu sifat buruk manusia menjadi salah satu sifat yang paling dibenci oleh Allah SWT. Sebagai umat Islam, kita dituntut untuk berkata jujur dan selalu menepati janji.

Ketika orang lain percaya akan ucapan yang kita lontarkan, mereka pastinya tidak akan merasa ragu akan kebenaran yang terselip di dalam perkataan tersebut.

Berbeda dengan mereka yang selalu berkata bohong dan ingkar akan janji, julukan “munafik” akan mereka dapat dari orang yang merasa terkhianati. Perasaan benci akan lahir di benak orang yang merasa terkhianati tersebut. untuk mengetahui bagaimana ciri orang munafik, simak penjelasan mengenai beberapa ciri orang munafik menurut Islam berikut ini.

Ciri Orang Munafik Menurut Islam

1. Sering berkata dusta 

Ciri pertama orang yang munafik adalah sering berkata dusta. Orang munafik akan mengatakan hal yang berbeda dengan kondisi yang sebenarnya. Seorang anak yang mengatakan bahwa orang tuanya tidak ada di rumah padahal orang tuanya tersebut sedang ada di kamar merupakan salah satu contoh orang yang munafik. Berbohong yang dilakukan sejak kecil akan memberikan kesempatan yang amat besar untuk menjadi orang yang munafik ketika dewasa. Karena itulah, Islam mengajarkan kepada umatnya untuk selalu berkata jujur di setiap kesempatan.

2. Ingkar akan janji yang dibuatnya 

Janji yang merupakan kesepakatan yang dibuat bersama orang lain harus dijalankan sesuai dengan rencana. Saat janji tersebut tidak ditepati, perasaan kecewa dan marah akan hadir di benak orang yang menerima janji. Selain berkata jujur, Islam mengajarkan kita untuk selalu menepati janji. Mereka yang ingkar akan janji yang pernah dibuatnya termasuk ciri-ciri dari orang munafik. Tidak datang ke tempat yang telah disepakati bersama teman merupakan salah satu contoh dari orang yang ingkar akan janjinya.

3. Berkhianat 

Ciri orang munafik lainnya adalah berkhianat. Jika dibandingkan dengan berbohong dan tidak berkata jujur, berkhianat merupakan perbuatan terberat yang dilakukan oleh orang-orang yang munafik. Selain tidak akan dipercaya oleh orang lain, mereka yang berkhianat akan dikucilkan di dalam pergaulan. Orang yang menyalahgunakan jabatan di kantor dengan melakukan korupsi merupakan contoh dari perbuatan khianat.

4. Tidak akan bersikap merendah terhadap kebenaran 

Orang-orang munafik yang jelas-jelas melakukan kesalahan akan selalu merasa benar terhadap perbuatannya. Segala hal yang mereka lakukan dianggap benar dan tidak menerima tanggapan dari orang lain. Mereka tidak mau merendah terhadap kebenaran yang membuatnya dibenci oleh orang lain. Sikap inilah yang menjadi pertanda bahwa orang tersebut masuk ke dalam ciri orang munafik.

5. Hati orang munafik dipenuhi dengan rasa takut dan prasangka yang buruk 

Sama halnya dengan tindakannya yang buruk, orang-orang munafik juga memiliki hati yang buruk. Mereka selalu berburuk sangka terhadap orang lain dan selalu merasa takut jika ada orang lain yang akan melakukan hal buruk kepada mereka. Setiap orang baru yang masuk ke dalam kehidupan mereka akan selalu mendapatkan nilai negative di mata orang munafik. Orang yang munafik merasa semua tindakan orang lain merupakan tindakan yang salah.

6. Mengatakan hal yang tidak pantas 

Ciri-ciri orang yang munafik menurut Islam yang lainnya adalah selalu mengatakan hal-hal yang kurang pantas. Orang munafik akan mengolok-olok akan kebenaran dan tidak percaya akan kebenaran yang diucapkan oleh orang lain. Orang munafik akan membuang muka mereka terhadap kebenaran yang terjadi di hadapannya. Mereka bahkan akan menutup mata dan telinga mereka jika mendengar tanggapan akan perbuatannya. Orang munafik tak segan untuk memberikan perkataan yang tidak pantas kepada mereka yang mengganggu kehidupannya.

7. Melakukan perbuatan dosa 

Melakukan perbuatan dosa merupakan salah satu ciri orang munafik yang terdapat di dalam 10 ciri orang munafik menurut Islam yang lainnya. Berkata bohong, ingkar akan janji yang dibuatnya dan berkhianat merupakan perbuatan negative yang menimbulkan dosa. Allah SWT bahkan tidak akan memberikan sebuah petunjuk bagi mereka yang sering melakukan perbuatan dosa. Hal tersebut dijelaskan di dalam surat Al Munafiqun ayat 6.

8. Merasa memiliki segalanya 

Ciri lain orang yang munafik adalah merasa memiliki segalanya di dunia. Orang yang munafik bahkan merasa jika semua orang membutuhkannya dan menganggap dirinya merupakan makhluk yang paling sempurna di dunia. Sikap sombong dan angkuh melengkapi orang-orang yang munafik tersebut. Sikap sombong dan angkuh yang mereka miliki membuatnya jauh dari kata baik. Rasa tidak suka yang lahir di benak orang lain akan ditujukan pada mereka yang memiliki sifat sombong dan angkuh.

9. Memandang rendah orang lain 

Orang munafik akan menganggap rendah orang lain. Orang munafik merasa bahwa dirinya merupakan orang yang paling mulia dan layak diagungkan. Mereka menganggap keberadaan orang lain hanyalah angin lalu yang tidak berharga. Orang munafik bahkan tak segan untuk menghindari orang lain yang mereka anggap rendah dan tidak sesuai dengan kasta yang dimiliki oleh orang munafik tersebut.

10. Menolak kebaikan 

Orang munafik tentunya tidak paham benar akan ajaran Islam. Orang-orang munafik secara tidak langsung telah keluar dari jalan hidayah yang diajarkan oleh agama Islam itu sendiri. Segala hal kebaikan yang diajarkan oleh Islam mereka tolak secara terang-terangan. Hal itulah yang menyebabkan hati mereka terkunci akan kebaikan dan kebenaran.

Saat kita menemukan ciri orang munafik pada diri kita sendiri, segeralah untuk memperbaiki diri dengan selalu melakukan hal baik dan menjauhi segala perbuatan yang ditentang oleh ajaran agama Islam. Penjelasan mengenai ciri-ciri orang munafik menurut Islam yang dijelaskan di atas dapat dijadikan acuan untuk diri sendiri. Jangan sampai salah satu ciri orang munafik tersebut dimiliki oleh diri kita.

Allah SWT tidak akan suka akan perbuatan tersebut dan akan memberikan ganjaran yang tepat kepada orang-orang munafik. Menilai diri sendiri merupakan salah satu cara untuk menghindari sikap munafik tersebut.Ciri-ciri orang munafik menurut Islam di atas dapat dijadikan informasi pelengkap mengenai orang-orang yang keluar dari jalan hidayah Allah SWT. Ciri-ciri orang munafik tersebut memberikan pertanda kepada kita bahwa sikap orang-orang munafik sangat dibenci oleh Allah SWT.

Tidak hanya Allah SWT, orang lain pun sangat membenci orang-orang yang munafik. Selain dibenci oleh orang lain, orang munafik akan dikucilkan dan dijauhi oleh orang lain. Kondisi tersebut sangat wajar terjadi mengingat banyak hal negative yang dapat timbul akibat perbuatan orang-orang munafik tersebut. Penjelasan mengenai orang-orang yang munafik menggambarkan bahwa tidak ada manfaatnya menjadi orang yang munafik. Hanya ada hal-hal negative yang selalu menyertai orang-orang munafik tersebut. Semoga saja kita tidak masuk ke dalam kategori orang yang munafik tersebut.